Pengembangan Platform Metaversity Berbasis Digital Game-Based Learning Studi Kasus: Pembelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.23887/insert.v4i2.68289Keywords:
Metaversity, Digital Game-Based Learning, Game Goal TyplologyAbstract
Pembelajaran bahasa merupakan proses yang melibatkan empat keterampilan bahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran bahasa adalah kecemasan berbahasa yang mengacu kepada perasaan tegang saat harus berkomunikasi baik lisan dan tulisan menggunakan bahasa lain. Pendekatan simulasi dengan penerapan konsep Game-based learning (GBL) dapat menjadi salah satu solusi untuk membangun kepercayaan diri seseorang dalam berbahasa asing sebelum menggunakannya di dunia nyata. Penelitian ini mencoba memberikan kontribusi pada pengetahuan dengan membangun sebuah prototipe platform digital Metaversity yang menggabungkan pilar ekosistem Metaverse dan Digital Game-Based Learning (DGBL) dengan studi kasus pembelajaran bahasa inggris. Platform yang dikembangkan menggunakan kombinasi dari Avatar System berbasis Ready Player Me, Unity Game Engine, dan Speech Recognition. Hasil pengujian prototipe Metaversity menggunakan System Usability Scale (SUS) mendapatkan nilai 64,7 dari 42 responden. Hasil ini menunjukkan tingkat kecenderungan pengguna untuk menggunakan platform ini dalam mempelajari bahasa inggris relatif cukup dan nilai akhir prototipe masuk ke dalam klasifikasi Adjective Rating Ok.
References
Anastasiadis, T., Lampropoulos, G., & Siakas, K. (2018). Digital Game-based Learning and Serious Games in Education. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering (IJASRE), 4(12), 139.
Chaeruman, U. A., “Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran”. (2015). Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Darancık, Y. (2018). Students’ Views on Language Skills in Foreign Language Teaching. International Education Studies, 11(7), 166.
Debus, M. S., Zagal, J. P., & Cardona-Rivera, R. E. (2020). A Typology of Imperative Game Goals. The International Journal of Computer Game Research, 20(3)
Lee, L. H., Braud, T., Zhou, P., Wang, L., Xu, D., Lin, Z., (2021). All One Needs to Know about Metaverse: A Complete Survey on Technological Singularity, Virtual Ecosystem, and Research Agenda.
Hellerstedt, A., & Mozelius, P. (2019). Game-based Learning – A Long History. Irish Conference on Game-based Learning 2019
Namba, N., "Everyday Conversations: Learning American English.". (2021). Office of English Language Programs, Bureau of Educational and Cultural Affairs, United States Department of State, Washington, DC.
Ofgang, E. (2022, October 06). What Is a Metaversity? What You Need to Know. Tech Learning. URL: https://www.techlearning.com/how-to/what-is-a-metaversity-what-you-need-to-know
Oteir, I. N., & Al-Otaibi, A. N. (2019). Foreign Language Anxiety: A Systematic Review. Arab World English Journal (AWEJ), 10(3), 309-317.
Papastergiou, M. (2019). Digital Game-Based Learning in High School Computer Science Education: Impact on Educational Effectiveness and Student Motivation. Computers and Education, 52(1), 1-12.
Putra, P. M. (2023). Pengembangan Website Bilingual Desa Sidetapa Sebagai Media Promosi Pariwisata Desa Baliaga. Information System and Emerging Technology Journal, Volume 4(1), Juni 2023.
Roedavan, R., et al. (2021). Adaptation Atomic Design Method for Rapid Game Development Model. IJAIT (International Journal of Applied Information Technology), 4, 93-102
Roedavan, R., Pudjoatmodjo, B., Siradj, Y., Salam, S., & Hardianti, B. Q. D. (2021). Serious Game Development Model Based on the Game-Based Learning Foundation. Journal ICT Research and Application Journal, 15(3), 291-305
Roedavan, R., Siradj, Y., & Stefany, S. (2023). Educational Game Scenario Model Based On Imperative Game Goal Typology. Journal of Games, Game Arts and Gamification, 8(1), 18-23
Roedavan, R. (2023). Metaversity Framework: Seamless Learning Integration in Virtual Environment. ResearchGate. URL: https://www.researchgate.net/publication/370962775_metaversity_ framework_seamless_learning_integration_in_virtual_environment
Trueswell, J. C. (2023). Language acquisition and language processing: Finding new connections. Language Acquisition, 30(3-4), 205-210.
Viano, A. (2023). What Is a Metaversity, and Should You Create One on Your Campus? EdTech: Focus on Higher Education. URL: https://edtechmagazine.com/higher/what-is-a-metaversity-perfcon
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rickman Roedavan, Bambang Pudjoatmodjo Pudjoatmodjo, Yahdi Siradj
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INSERT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.