POTRET PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA PADA SMAN UNGGULAN DI PROVINSI BALI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membedah pengelolaan pembelajaran kimia pada SMAN unggulan di provinsi Bali, yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan pembelajaran. Teori yang digunakan untuk mengkaji masalah tersebut adalah teori belajar kognitif, dan standar proses dalam standar nasional pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Cara pengambilan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar proses dalam pembelajaran kimia belum berjalan optimal pada semua aspek. Proses perencanaan pembelajaran berjalan dengan baik yang diawali dengan sosialisasi program oleh kepala sekolah, workshop, bimbingan teknis, diskusi antar guru mata pelajaran, dan penyusunan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran belum berjalan optimal, ada guru yang mengajar tidak berdasarkan RPP, tetapi menggunakan buku teks. Pembelajaran menekankan pada latihan soal dan minim dalam pelaksanaan praktikum. Penilaian hasil belajar lebih mengutamakan ranah kognitif daripada afektif, dan psikomotorik. Pengawasan pembelajaran belum berjalan optimal, pengawasan internal berjalan cukup baik, namun sebaliknya pengawasan eksternal belum optimal
Downloads
Published
2013-12-15
Issue
Section
Seminar Nasional MIPA