UPAYA MENGOPTIMALKAN PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI PENGELOLAAN YANG PROFESIONAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/ap.v6i1.22181Abstrak
UPAYA MENGOPTIMALKAN PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI PENGELOLAAN YANG PROFESIONAL
I Ketut Artana
Pustakawan Utama Universitas Pendidikan Ganesha
Email:Bagasartana@gmail.com
Abstrak
Perpustakaan sekolah memiliki peran yang penting dan strategis dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Perpustakaan sekolah memiliki tujuan untuk menunjang pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran di sekolah.Perpustakaan sekolah harus dikelola secara profesional oleh para petugasnya sehingga keberadaannya dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pemustaka.Dalam pengelolaannya mengalami berbagai hambatan, diantaranya terbatasnya ruang untuk perpustakaan termasuk letaknya kurang strategis, keterbatasan bahan pustaka, terbatasnya jumlah tenaga dan kurangnya promosi perpustakaan.Namun demikian, perpustakaan sekolah harus dioptimalkan pengelolaanya. Untuk itu, komitmen dari pihak perpustakaan dan pihak lain terkait bersatu padu memajukan perpustakaan sekolah, perlunya layanan perpustakaan berbasis TIK, pemeliharaan fasiltas dan manajemen perpustakaan, penyediaan tenaga perpustakaan yang memadai dan perencanaan pengembangan perpustakaan sekolah yang cermat, sistematis dan teratur. Adapun pengelolaan perpustakaan yang profesional dilaksanakan pada bidang koleksi, layanan, sarana dan prasarana dan sumber daya manusia. Melalui pengelolaan perpustakaan sekolah pada bidang-bidang tersebut maka perpustakaan akan dapat dioptimalkan pemanfaatannya oleh para pemustaka.
Kata-kata kunci: perpustakaan sekolah, pengelolaan profesional
EFFORTS TO OPTIMIZE THE ROLE OF SCHOOL LIBRARY THROUGH PROFESSIONAL MANAGEMENT
I Ketut Artana
Main Librarian of Ganesha University of Education
Email: Bagasartana@gmail.com
Abstract
School libraries have an important and strategic role in supporting the learning process in schools. School libraries have the aim to support the implementation of education and teaching programs in schools. School libraries must be professionally managed by their officers so that their existence can be optimally utilized by the user. library, limited number of personnel and lack of library promotion. However, school libraries must be optimized in their management. For this reason, commitments from the library and other related parties have come together to advance the school library, the need for ICT-based library services, maintenance of library facilities and management, the provision of adequate library staff and careful, systematic and orderly school library development planning. The professional library management is carried out in the fields of collection, services, facilities and infrastructure and human resources. Through the management of school libraries in these fields, libraries will be optimized for use by users.
Key words: school library, professional management