Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Bukan Penentu Prestasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Kadek Rai Suwena Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v5i2.12749

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang diterima melalui jalur SNMPTN Undangan, (2) Prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang diterima melalui jalur SBMPTN, (3) Prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang diterima melalui Jalur Mandiri, dan (4) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi ditinjau dari jalur penerimaan mahasiswa baru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui Jalur SNMPTN mengalami peningkatan, (2) prestasi belajar mahasiswa diterima melalui Jalur SBMPTN Tulis mengalami peningkatan, (3) prestasi belajar mahasiswa diterima jalur Mandiri mengalami peningkatan, dan (4) ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha ditinjau dari Jalur Penerimaan SNMPTN Undangan dengan perolehan  Mean sebesar 2,8895, Jalur SBMPTN dengan Mean 2,9800, dan Jalur mandiri dengan perolehan  Mean 2,8268 dengan tingkat signifikansi 0,001%.

Kata kunci: Perbedaan Prestasi Belajar, Jalur Penerimaan Mahasiswa

Downloads

Published

2017-12-06

Issue

Section

Articles