Pengaruh Model Pembelajaran Self-Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar Ekonomi

Authors

  • Cahyana Nursidiq Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12784

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Self-Regulated Learning terhadap

prestasi belajar ekonomi, sebagai pembanding digunakan kelas kontrol model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Desember 2010 sampai dengan Juli 2011. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Hadi Sukoharjo. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, sebesar 30 orang siswa pada kelas VIII C untuk diberikan treatment model Self-Regulated Learning dan 30 orang siswa pada kelas VIII D untuk diberikan treatment cooperative learning metode STAD. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: Terdapat perbedaan pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran self-regulated learning dan cooperative learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa (nilai uji statistik F sebesar 5,858 dengan nilai p sebesar 0,019) pada taraf signifikansi 5%.

 

Kata kunci:     self-regulated learning, cooperative learning tipe STAD, prestasi belajar ekonomi.

Downloads

Published

2015-06-07

Issue

Section

Articles