Kepuasan Pengguna E-Banking oleh Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha sebagai Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Singaraja

Authors

  • Ni Putu Rita Arini Indiawati Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) layanan e-Banking yang sering digunakan, (2) kendala yang sering dialami, (3) kepuasan pengguna e-Banking oleh nasabah BNI, dan (4) layanan e-Banking yang harus ditingkatkan oleh  PT.  Bank  Negara Indonesia Kantor Cabang Singaraja.  Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 200 orang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha angkatan tahun 2012 dan 2013 yang menggunakan e-Banking, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kepuasan nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, yang selanjutnya dianalisis menggunakan   teknik   analisis   data   deskriptif   dengan   pendekatan kuantitatif.                                       Hasil   penelitian menunjukkan bahwa (1) layanan e-Banking yang sering digunakan oleh nasabah adalah penarikan tunai, (2)  kendala yang sering  dialami oleh nasabah dalam  melakukan transaksi e-Banking adalah tidak mendapatkan print out  laporan/resi, (3) kepuasan pengguna e-Banking berada pada kategori puas dengan skor 25.309 yang berada pada rentang skor 21.171-26.880, dan (4) layanan e-Banking yang harus ditingkatkan oleh PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Singaraja adalah penarikan tunai.

 

Kata kunci: kepuasan nasabah, e-Banking

Downloads

Published

2015-06-07

Issue

Section

Articles