Efektivitas Implementasi Regrouping Sekolah Dasar di SD No. 2 Banjar Tegal Kecamatan Buleleng

Penulis

  • Luh Indrayani Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v1i1.12763

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) manajemen sekolah, (2) iklim sekolah, (3) kualitas pembelajaran, dan (4) kendala-kendala yang dialami kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan kegiatan sekolah setelah regrouping di SD No. 2 Banjar Tegal Kecamatan Buleleng. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: (1) manajemen sekolah secara umum berjalan efektif. Efektivitas juga terjadi pada manajemen pembelajaran, manajemen kesiswaan, manajemen kepegawaian, manajemen sarana/prasarana, manajemen keuangan, manajemen humas, dan manajemen layanan khusus, (2) setelah terjadi regrouping sekolah menunjukkan iklim sekolah yang baik, meliputi lingkungan yang kondusif dan fasilitas belajar yang menyenangkan, (3) kualitas pembelajaran menunjukkan kategori baik, hal ini dapat dilihat dari apersepsi, eksplorasi, konsolidasi pembelajaran, pembentukan kompetensi, sikap dan perilaku, penilaian formatif, dan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran yang terdiri dari rencana pembelajaran dan proses pembelajaran, dan (4) setelah terjadi regrouping kepala sekolah dan guru-guru tidak mengalami kendala yang berarti.

 

Kata-kata Kunci: Efektivitas, Implementasi, Regrouping, Sekolah Dasar.

Diterbitkan

2013-12-07

Terbitan

Bagian

Articles