Menguji Konsep Diri Dibidang Akademik Sebagai Variabel Mediator dari Pengaruh Persepsi Atas Keterlibatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN Se Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i2.12793Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi atas keterlibatan orangtua terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa SMA, dan untuk menguji apakah konsep diri dibidang akademik berfungsi secara signifikan sebagai variabel mediator pengaruh persepsi keterlibatan orangtua terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research). Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional, dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu tertentu (data are gathered just once). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS Tahun Pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri di Kota Malang. Penetapan jumlah sampel untuk menjadi responden dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan kriteria bahwa sampel memiliki katakteristik estimator yang baik (characteristics of good estimator) dan bermanfaat sebagai penaksir yang baik terhadap populasi Pengambilan sampel sekolah juga memperhatikan sebaran semua SMA Negeri di tiap kecamatan di Kota Malang, yaitu 5 sekolah (50%) berada di Kec. Klojen, 3 sekolah (30%) berada di Kec. Lowokwaru, dan 2 sekolah (20%) berada di Kec. Kedungkandang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu terdapat pengaruh positif signifikan persepsi atas keterlibatan terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa SMAN se Kota Malang, demikain halnya variabel konsep diri dibidang akademik berfungsi secara signifikan sebagaiĀ variabel mediator dari pengaruh persepsi keterlibatan orangtua terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa SMA. Namun peran variabel konsep diri dibidang akademik dalam model penelitian ini merupakan partial mediation variable atau merupakan variabel yang memediasi sebagian dari pengaruh persepsi atas keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar sehingga ada variable lain yang juga turut memediasi hubungan kausal tersebut yang tidak diteliti dalam model ini
Kata Kunci : Konsep diri, keterlibatan orang tua, hasil belajar,