Persepsi Lingkungan Belajar dan Keinginan untuk Meningkatkan Pengetahuan Terhadap Niat Memilih Karier Akuntansi

Penulis

  • Saarce Elsye Hatane Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra
  • Fannie Felita Setiawan Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.17986

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi lingkungan belajar (PLB) terhadap niat dalam memilih karier akuntansi (MKA), dengan variabel mediasi keinginan untuk meningkatkan pengetahuan saat ini (KMP). Pendekatan penelitian survei online diadopsi untuk menguji variabel dalam penelitian ini. Data yang digunakan adalah hasil survei pada 503 mahasiswa jurusan akuntansi di wilayah Jawa. Data tersebut kemudian dianalisis dan hipotesis diuji menggunakan partial least squares structural equation modelling techniques. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan saat ini ditemukan memiliki kemampuan untuk memediasi hubungan antara persepsi lingkungan belajar dengan keinginan untuk memilih karier akuntansi. Perbedaan generasi dapat membuat perbedaan persepsi dan orientasi dalam memilih karier akuntansi. Maka dari itu penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan cakupan yang lebih luas dan objek yang lebih terbaru. Penelitian ini menggabungkan variabel learning environment, current knowledge enhancement dan career choice ke dalam satu model penelitian dimana dalam penelitian sebelumnya variabel-variabel ini belum pernah dihubungkan menjadi satu.

Diterbitkan

2019-12-16

Terbitan

Bagian

Articles