Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Strategi Please

Penulis

  • Kiuk, Y. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha
  • Suputra, I.G.W
  • Adnyani L. D. S.

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39207

Kata Kunci:

Menulis, Strategi Pembelajaran, Strategi PLEASE

Abstrak

Penelitian berjudul: “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Strategi PLEASE bagi Siswa” Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis, khususnya menulis recount text. Penyebabnya adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam menuliskan ide, mengorganisasikan ide dan juga masih rendahnya pemahaman tense. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII A-3 SMP Negeri 1 Singaraja dalam menulis recount text dengan penerapan strategi PLEASE. Meteode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kualitatif. Deskrptif kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan data berupa hasil nilai peserta didik sedangkan descriptive kualitatif digunakan untuk menjelaskan respon siswa terhadap penggunaan strategi PLEASE yang diterapkan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A-3 SMP Negeri 1 Singaraja karena setelah tahap pengamatan dan pretest menunjukan bahwa kemampuan menulis peserta didik di kelas ini sangat rendah. Namun setelah melakukan penerapan strategi PLEASE, peneliti menyimpulkan bahwa adanya peningkatan. Pada pretest, jumlah peserta yang mencapai KKM hanya 31,25%. Sedangkan setelah posttest dilaksanakan rata-rata jumlah peserta didik yang mencapai meningkat dari menjadi 75% pada siklus 1 dan 78.13% pada siklus 2. Berdasarkan data tersebut maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi PLEASE dalam meningkatkan kemampuan menulis teks recount peserta didik berhasil. Strategi ini bisa dipakai untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, bukan hanya dalam menulis teks recount saja, tapi juga bisa untuk kegiatan menulis yang lain.

 

Referensi

Brown, H. D. 2007. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. (2nd ed.). New York: Longman

Elina Syarif, Zulkarnaini, dan Sumarno.2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Hadiayanto. 2001. Membudayakan Kebiasaan Menulis. Jakarta: PT. Fikahati Aneska

Hyland, K. 2004. Metadiscourse in Academic Writing: A reappraisal. Applied Linguistics. DOI: https://doi.org/10.1093/applin/25.2.156

O’Malley dan Pierce. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners. London: Longman

Ratminingsih, Ni Made. 2017. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Press.

Semi, M.A. 2007. Dasar-Dasar Ketrampilan Menulis. Bandung:Angkasa

Slamet, Y.S. 2008. Dasar-Dasar Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: LPP UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS.

Wiyanto, Asul. 2006. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus

Diterbitkan

2021-09-06

Cara Mengutip

Y., K., I.G.W, S., & L. D. S., A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Strategi Please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10–17. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39207

Terbitan

Bagian

Articles