Pengaruh Penggunaan Fitur Facebook Terhadap Keterbukaan Diri Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.16199Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMA Kristen 1 Salatiga dengan subyek kelas XI IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan pengaruh dari penggunaan fitur facebook terhadap keterbukaan diri siswa kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 97 siswa. Karena populasi yang kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel untuk hasil yang lebih valid. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga yang berjumlah 97 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala penggunaan fitur facebook dan skala keterbukaan diri, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Sanjaya (2009) dan teori dari Fransiska (dalam Johnson, 2010). Untuk pengolahan data menggunakan progam SPSS for Windows 20.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan fitur facebook terhadap keterbukaan diri pada siswa kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga dengan hasil t hitung sebesar (2,147) > t tabel (1,985), R = 0,117, koefisien determinasi R Square = 0,114 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0.05, menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapaiReferences
Afifah, Nor, F, & Purnamasari, Esterlita, S. (2004). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Sikap Terhadap Seks Pra Nikah Pada Remaja. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Wangsa Manggala.
Ali, Mohamad. (1987). Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Almas, Alisa. N. (2007). Adolescents’ Disclosure and Advice-Seeking Behaviour About Peer Dilemmas: Maternal Parenting Predictors, and Adolescent Social Outcomes. Thesis Psychology University of Toronto.
Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskurus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DeVito, Joseph. A. (1997). Human Communication Pendidikan (Edisi Lima). Jakarta : Profesional book.
Fransiska, Anggun.2010. Pengembangan Pengungkapan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Narapidana Wanita Di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Wanita Semarang Tahun 2009/2010. Skripsi Semarang: FIP-UNNES.
Gainau, M. B.(2009). Keterbukaan diri (self disclosure) siswa dalam perspektif budaya dan implikasinya bagi konseling. JurnalIlmiah Widya Warta, 33(1), 95-112.
George, D., & Mallery, P. (1995). SPSS for windows step by step: A simple guide and reference (10th ed.). Boston: Pearson.
Ginting, Jonru. (2012). Pengertian Facebook dari Berbagai Sumber. (http://rumah p1nt4r.blogspot.com/2012/05/pengertian-facebook.html, 30 Januari 2013)
Nalle, Andriani Paulin (2005). Hubungan Antara Pengungkapan Diri Dan Kualitas Pertemanan Pada Mahasiswa. Laporan hasil penelitian. Salatiga: Fakultas Psikology-UKSW.
Pathak, Sweta. (2012). Parental monitoring and Self-disclosure of Adolescents. Banaras Hindu University: IOSR Journal Of Humanities And Social Science (JHSS).
Prameswara, Yudriansyah. (2011). Relationship Between Intro Version With Self Openness In Using Facebook In Adolescent. Skripsi. Universitas Gunadarma.
Sanjaya, Ridwan. (2009). Panduan Cepat Mengenal Facebook. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
------------. 2009 . Statistika Untuk Penelitian. Bandung: PT Alfabeta.
-----------. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Taylor, Shelley. E., dkk (2009). Psikologi Sosial edisi 12. Jakarta : Kencana.
Tubbs, Stewart, L., & Moss, Sylvia. (2000). Human Communication (terjemahan Deddy Mulyana). Bandung : Remaja Rosdakarya.
Yuliana, Dewi. (2013). Pengaruh Penggunaan Fitur Facebook Terhadap Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI SMK Pelita Salatiga 2012/2013. Skripsi: FKIP-UKSW..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.