Pelatihan Kepada Guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bidang Datar dengan Menggunakan MEQIP (Mathematic Eduation Quality Improvement)
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.17812Abstract
Pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bidang Datar dengan menggunakan MEQIP (Mathematic eduation quality Improvement) di SD Samarinda Kota. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah “Pelatihan”. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah: Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Keberhasilan kegiatan pelatihan ini akan dievaluasi melalui proses yang dilihat dari aktivitas peserta mengkuti kegiatan pelatihan. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat adalah para guru SD Se-Kota Samarinda yang direncanakan dan di undang berjumlah 43 orang. Pelaksanan kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi dan presentasi hasil pelatihan. Materi yang diberikan terdiri dari 5 materi, yaitu Sumber dan media pembelajaran serrta pentingnya alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD, Pengenalan MEQIP. Peragaan penggunaan alat peraga luas segitiga, segiempat dan lingkaran. Dari hasil pelatihan guru-guru mampu memanfaatkan alat peraga yang tersedia di sekolah secara maksimal, dan mampu mengajarkan konsep-konsep matematika dengan benar sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.References
Alin ,Dyahsih (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar . Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 – Nomor 2, November 2015, (175 - 185)
Atmaja, N, P. 2016. Evaluasi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Diva Press,
Aziz, A. 2008. Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung,
Budiarto, M. T. (2006). Profil abstraksi siswa SMP dalam mengkonstruk hubungan antar segiempat. (Disertasi Doktor tidak dipublikasikan), Universitas Negeri Surabaya
Experiences”. Journal International. Bill Usser. 2003. Interactions, Student Enthusiasm And Perceived Learning In An Online Teacher Education Degree.
Indayani ,Sri (2015). Profil Pemahaman Siswa Terhadap Luas Dan Keliling Bangun Datar Yang Digunakan Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional ( Penelitian Pada Kelas Vii Mtsn Ketanggung Ngawi Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 ) . Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.3, No.3, hal 326-337 Mei 2015
Jacobs, HR. (1974). Geometry. San Francisco: WH Freeman and Company
Mahnun ,Nunu (2012). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012
Mawardi. 2017.Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8 (1),26-40.
Novitasari ,Dian (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Volume 2 Nomer 2 Desember 2016
Purwono ,Joni (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2, Hal 127 – 144, Edisi April 2014
Rizal. 2010. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1. Jakarta: Penerbit CV. Rajawali.
Sumarni (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Menghitung Volume Balok Dan Kubus Dengan Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Pada Siswa Kelas Vi Sd Muhammadiyah 3 Surabaya . Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya
Santyasa, I.W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung (MEDIA-PEMBELAJARAN.PDF-Adobe Reader)
Suandito ,Billy (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 1, 2017
Sudjana.2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada.
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwangsih dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Wijaya & Rusyan. 2009. Pengenalan Media Pembelajaran. Disajikan untuk Bahan ajar untuk Diklat E-Training PPPPTK TK dan PLB (pengenalan-media-pembelajaran.PDF-Adobe Reader).
Yusuf ,Burhan (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan . Jurnal Prosiding Ks: Riset & Pkm Volume: 2 Nomor: 2
Zainal, A. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.