Sigap E4 (Strategi Tunagrahita Perangi Era 4.0)

Authors

  • Lisa Amalia Universitas Negeri Medan – Medan, Sumatera Utara
  • Raisa Nabila Universitas Negeri Medan – Medan, Sumatera Utara
  • Muhammad Syafrullah3 Universitas Negeri Medan – Medan, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.18334

Abstract

Kemajuan era revolusi 4.0 telah mewujud di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Kemajuan bidang pendidikan diantaranya tertuang dalam bentuk reorientasi kurikulum, sistem pembelajaran online, dan lainnya. Tunagrahita merupakaan sebuah kondisi keterbelakangan mental. Anak-anak tunagrahita mengalami keterlambatan dalam perkembangan kecerdasan yang ditandai dengan rendahnya tingkat IQ (Intelligence Quotient). Walaupun membawa banyak manfaat di berbagai bidang, era 4.0 masih belum dapat diikuti oleh anak-anak tunagrahita. SIGAP E4 atau STRATEGI TUNAGRAHITA PERANGI ERA 4.0) merupakan rangkaian proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital. Program pengabdian ini dilakukan di di UPT. SLB-E Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara telah berlangsung selama 4 bulan. Tujuan SIGAP E4 yaitu untuk membantu guru dan siswa SD, SMP dan SMA tunagrahita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Kesehatan dan Sosial. Metode utama yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi perencanaan, perancangan dan pembuatan media pembelajaran, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Hasil yang diperoleh yaitu “media pembelajaran Tubuhku, LidahKu, Kerangka TubuhKu, Makanan Ku dan media tambahan”, buku pembelajaran dan Video pembelajaran SIGAP E4.

References

Awalia, Hikmah Risqi. 2016. Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Butler, F. M, dkk. Teaching Mathematics to Student With Mild-to-Moderate Metal Retardation: A Review of the Literatur. Journal of American Assocation on Mental Retardation(AAMR). Vol.39, No.1, pp 20-31.

Hakim. 2015. “Pengaruh Usia dan Latihan Keseimbangan terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Kelas Bawah Mampu Didik Sekolah Luar Biasa”. Journal of Physical Education and Sport. Vol. 2, No.1, Hal 200-204.

Hidayah, M, dkk. 2014. “Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan dalam Memecahakan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran”. Journal of Mathematics and Mathematics Education. Vol 4, No 1 : 20 – 32.

Hidayati, Nur. 2016. Model Pembelajaran yang Efektif Bagi Siswa Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) BINTARA CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. Sripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ilham Sunaryo & Surtikanti. 2011. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Mohammad Efendi. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Riadin, dkk. 2017. “Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (INKLUSI) di Kota Palangka Raya. Arterior Jurnal. Vol 17. Issue 1 : Page 22 – 27.

Sandie. 2013. Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2. Penerjemah Salemba Humanika. Jakarta: Salemba Humanika.

Solso, R. L. dkk. 2007. Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Penerjemah Erlangga. Jakarta: Erlangga.

Sutjihati Somantri. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Triyanto dan Permatasari, Desti Ratna. “Pemenuhan Hak Anaka Berkebutuahan Khusus Di Sekolah Inklusi” Jurnal Sekolah Dasar, Vol 25 No 2 : 176 -189

Undang – Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 3 ayat 1.

Utami, A.D., Sujadi, I., dan Riyadi. 2014. “Strategi Guru dalam Membelajarkan Matematika pada Materi Lingkaran kepada Anak Tunagrahita (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SLB Muhammadiyah Cepu)”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 8, hal 853-864

Wawancara Yanto, S.Pd (Guru SMA Tunagrahita), Ervina Gultom, S.Pd (Guru SMP Tunagrahita)

Downloads

How to Cite

Amalia, L., Nabila, R., & Syafrullah3, M. (2019). Sigap E4 (Strategi Tunagrahita Perangi Era 4.0). International Journal of Community Service Learning, 3(2), 94–100. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.18334

Issue

Section

Articles