Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD

Authors

  • Siska Candra Ningsih Universitas PGRI Yogyakarta
  • koryna aviory Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.19439

Abstract

Artikel merupakan salah satu karya ilmiah. Artikel ilmiah adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh para akademisi. Artikel ilmiah diterbitkan dalam sebuah jurnal ilmiah. Menurut peraturan pemerintah, guru-guru diwajibkan untuk membuat sebuah artikel ilmiah kemudian menerbitkannya di jurnal ilmiah. Untuk menunjang hal tersebut, maka pelatihan penulisan artikel ilmiah perlu diadakan. Tujuannya adalah untuk menindaklanjuti artikel yang sudah ditulis oleh guru sehingga dapat disesuaikan dengan format penulisan artikel yang ada. Subyek kegiatan adalah guru SDN Tamansari II, dengan target kegiatan meningkatnya pemahaman guru dalam membuat artikel ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang guru yang berasal dari SDN Tamansari II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan klasikal maupun individual. Pendekatan klasikal dilakukan dengan melakukan pelatihan penyusunan artikel ilmiah, dimulai dengan pengenalan tentang jurnal, pengenalan tentang artikel, pemahaman konsep dasar dalam pembuatan artikel, penyusunan artikel ilmiah. Sedangkan pendekatan individual dilakukan saat pendampingan penyusunan artikel ilmiah. Kesimpulan dari kegiatan pendampingan ini adalah meningkatnya pemahaman guru dalam membuat artikel ilmiah serta keinginan dalam membuat artikel cukup tinggi. Kendala umum yang dihadapi guru dalam pembuatan artikel ilmiah adalah kurangnya referensi dalam pembuatan artikel ilmiah, terbatasnya waktu serta kurangnya kreativitas guru dalam menulis artikel ilmiah (hanya terfokus pada penelitian tindakan kelas).

References

Arrom, L. M., Huguet, J., Errando, C., Breda, A., & Palou, J. (2018). Actas Urol ´ ogicas Espa ˜ nolas How to write an original article ଝ. BIOETHICS UPdate, (xx). https://doi.org/10.1016/j.acuroe.2018.02.012

Baker, P. N. (2011). How to write your first paper. Obstetrics, Gynaecology & Reproductive Medicine, 22(3), 81–82. https://doi.org/10.1016/j.ogrm.2011.12.003

Budi, K. (2017). Guru SD Diajak Aktif Menulis Karya Ilmiah. Kompas. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/10/18283221/guru-sd-diajak-aktif-menulis-karya-ilmiah.

Cuschieri, S., Grech, V., & Savona-ventura, C. (2018). Early Human Development WASP : ( Write a Scienti fi c Paper ): Structuring a scienti fi c paper. (xxxx). https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2018.09.011

Ecarnot, F., Seronde, M., Chopard, R., Schiele, F., & Meneveau, N. (2015). ScienceDirect Writing a scientific article : A step-by-step guide for beginners. European Geriatric Medecine. https://doi.org/10.1016/j.eurger.2015.08.005

Firman. (2018). TERAMPIL MENULIS KARYA ILMIAH (Cetakan Ke; Mirnawati, ed.). Makasar, Sulawesi Selatan: Aksara Timur.

Hayuhantika, D. (2017). PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SMPN 3 NGUNUT. 5, 13–17.

Hermawan, I. (2019). Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi (Oktober). Jakarta: Hidayatul Qur’an.

Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru. Jurnal Puruhita, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita/

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., Alawiyah, T., & Warnilah, A. I. (2019). Pelatihan Komputer Dasar Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) Bagi Guru-Guru RA / TPQ / DTA Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdimas BSI, 2(2), 234–240. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/5768/pdf

Ortinau, D. J. (2011). Writing and publishing important scienti fi c articles : A reviewer ’ s perspective. Journal of Business Research, 64(2), 150–156. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2010.02.002

Pemerintah. (2009). Peraturan Pemerintah Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta.

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3. https://doi.org/DOI: 10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886

Sidoarjo, S. D. I. (2017). PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH ( KTI ) BAGI GURU SMA. 2(2), 45–50.

Vitse, C. L., & Poland, G. A. (2016). Writing a scientific paper — A brief guide for new investigators. Vaccine. https://doi.org/10.1016/j.vaccine.2016.11.091

Yohanes Arianto. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM_ Teori dan Aplikasi - Yohanes Arianto Budi Nugroho - Google Buku (Cetakan Pe; S. F. Manalu, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=sz6wDwAAQBAJ&lpg=PA65&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q&f=false

Yunita T. Winarto, Totok Suhardiyanto, E. M. C. (2016). Karya Tulis Ilmiah Sosial Menyiapkan, Menulis, dan Mencermatinya - Google Buku (Edisi Revi). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Indra, A. (2012). Ini Alasan Mahasiswa Wajib Publikasi Makalah. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2012/02/03/15150740/ini-alasan-mahasiswa-wajib-publikasi-makalah.

Kurniasih, B. (2017). Guru SD Diajak Aktif Menulis Karya Ilmiah. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/10/18283221/guru-sd-diajak-aktif-menulis-karya-ilmiah.

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., Alawiyah, T., & Warnilah, A. I. (2019). Pelatihan Komputer Dasar Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) Bagi Guru-Guru RA / TPQ / DTA Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdimas BSI, 2(2), 234–240. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/5768/pdf.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Ningsih, S. C., & aviory, koryna. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 109–116. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.19439

Issue

Section

Articles