Pengelolaan Modul IPA Terpadu Berbasis Metakognisi di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang

Authors

  • Yuni Pantiwati Program studi pendidikan biologi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas muhammadiyah malang
  • Fendy hardian Permana Program studi pendidikan biologi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas muhammadiyah malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.21962

Abstract

Hasil observasi dan wawancara di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang menunjukkan bahwa bahar ajar yang ada dalam sekolah tersebut masih kurang bervariasi. Modul di sekolah kaidah penyusunan modul masih belum sesuai dengan ketentuan modul. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa persoalan utama sekolah adalah guru di sekolah masih kurang motivasi dalam pengembangan modul. Kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi program pelatihan guru, pendampingan guru pre-tes, pembentukan tim IPA terpadu, penyusunan modul IPA terpadu, dan diseminasi best practices dengan kepala sekolah serta guru. Metode pendekatan penyelesaian permasalahan sekolah adalah pelatihan dan pendampingan penyusunan modul IPA terpadu serta dilakukannya diseminasi best practices kepada kepala sekolah dan guru. Modul yang dihasilkan 2 topik yaitu Lingkungan dan Energi. Peningkatan guru meningkat setelah pendampingan dan pelatihan jika dibandingkan dengan sebelumnya yag diukur melalui pre-tes dan pos-tes.

References

BPPK. 2009. Pedoman penulisan modul diklat keuangan. Jakarta: BPPK

Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Khaerun, I. R., Samsudi & Murdani. 2010. Kefektifan penggunaan modul pembelajaran interaktif belajar kompetensi bahan bakar bensin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(1) : 1.

Majid, A. 2012. Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mardiani, E., & Noerhodijah, S.R. 2015. Penyusunan modul pembelajaran jaringan tumbuhan berbasis hakikat sains. Biodidaktika, volume 10 no 2, ISSN: 1907-087X.

Muhafid, E. A., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. 2013. Pengembangan modul IPA terpadu berpendekatan keterampilan proses pada tema bunyi di SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal, Vol 2, No 1.

Pistanty, M.A., Sunarno, W., & Maridi. 2015. Pengembangan modul IPA berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi polusi serta dampaknya pada manusia dan lingkungan siswa kelas XI pancasila purwodadi. Jurnal Inkuiri, vol 4, no 2, hal 68-75, ISSN: 2252-7893.

Prastowo, A. 2012. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: DIVA Press

Rosyidah, A. N., Sudarmin, & Siadi, K. 2013. Pengembangan modul IPA berbasis etnosains zat aditif dalam bahan makanan untuk kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal, Vol 2, No 1.

Wenno, I. H. 2010. Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving Method Berdasarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di SMP/MTs. Jurnal Cakrawala Pendidikan, No 2.

Downloads

Published

2020-05-07

How to Cite

Pantiwati, Y., & Permana, F. hardian. (2020). Pengelolaan Modul IPA Terpadu Berbasis Metakognisi di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.21962