Pemanfaatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Bagi Guru-Guru Fisika SMA

Authors

  • Rai Sujanem Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha
  • Iwan Suswandi Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha
  • Putu Yasa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.22551

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat penerapan Ipteks ini, yaitu: (1) guru-guru fisika dapat memproduksi media pembelajaran fisika berbasis android (mpfiba), dan (2) mpfiba tersebut dapat diimplementasikan di kelas. Mitra pengabdian ini adalah 10 orang guru fisika SMA di kecamatan Kuta dan Kuta Utara kabupaten Badung. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan, penugasan, dan pendampingan. Pada saat pelatihan, para peserta dibekali konsep dasar mpfiba, dan latihan membuat mpfiba. Pada saat penugasan, peserta diberikan form isian untuk merancang media yang dilengkapi tema atau topik, landasan teori, video, simulasi, dan soal kuis. Pada saat pendampingan, peserta mendiskusikan rancangan yang telah dibuat, narasumber mengklarifikasi, dan memberikan bimbingan dalam pembuatan mpfiba sampai terwujud media mpfiba yang siap untuk diimplementasikan. Pada saat implementasi mpfiba di kelas, narasumber melakukan observasi dan evaluasi untuk dianalisis sejauhmana efektivitas mpfiba dalam menunjang proses belajar mengajar Fisika. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh, yaitu: (1) para peserta pelatihan telah dapat memproduksi mpfiba dengan kriteria sangat baik sebanyak 20%, dan kriteria baik sebanyak 80%. (2) peserta telah dapat mengimplementasikan mpfiba di kelas. Dengan demikian, peserta pelatihan telah dapat memproduksi mpfiba serta pemanfaatan mpfiba untuk diimplementasikan dalam pembelajaran fisika. 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Fisika, Android

References

Acedo, C. (2014). Mobile learning for literacy, teacher training and curriculum development. Prospects, vol. 44(1), 1–4.

Ananiadou, K. & Claro, M. 2009. 21st Century Skill and Competency for New Millennium Learners in OECD Countries. OECD Education Working Papers, No.41:OECD Publishing

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology, 2 (2), 119- 128 (2014).

Faris Mahdi. (2003). Pengantar Manajemen Operasi Berbasis Web. http://www.Ilmu Komputer.com.

Fauzi, A, & Radiyono. (2009). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Spreadsheet Dengan Pendekatan Analitik dan Numerik. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1(1), 15-17(2009).

Firman, H. (2006). Sains-lingkungan-teknologi-masyarakat dalam konteks implementasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Makalah dipresentasikan pada Seminar-Lokakarya Pengembangan Model Pembelajaran Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat dalam KBK, Pusat Kurikulum Balitbang Depkdiknas 7 Maret 2006

Gadri, R.C., Alhat B., Chavan A., Kamble S., dan Sonawane R. (2012). Land Vehicle Tracking System Using Java on Android Platform. Computer Engineering and Intelligent Systems Journal IISTE.

Hess, S. (2014). Digital media and student learning: Impact of electronic books on motivation and achievement. New England Reading Associatiion Journal Volume 49 (2) , 35. (2014). Tersedia pada http://search.proquest.com /openview/4fe2b1455bc68 38713f1028ecaee6b85/1?pq-origsite =gschola

Joseph, A.G. (2013). Contemporary Abstract Algebra. Boston: Brooks/Cole.

Kemdikbud. (2017). Modul Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22.Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Kirkwood, A. (2009). E-Learning : You don’t always get what you hope for Technology, Pedagogy and Education, 18(2), 107-121(2009). doi:10.1080/ 14759 39090 299 2576. Tersedia pada https://blogs.deakin.edu.au/innovation-in-psychology/wp-content/ uploads/sites/24/2013/11/elearning assessm ent.pdf.

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Undiksha. (2014). Pedoman Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Undiksha. Singaraja:Undiksha

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Undiksha. 2014. Pedoman Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Undiksha. Singaraja: Undiksha.

Siswanto, J. (2011). Compact Disk Online (CD-O) sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek. Jurnal JP2F 2(1), 56-70 (2011). Tersedia pada pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6925&val=528

Sujanem, R. (2006). Program Magang ICT:Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Laporan Magang Dosen. Proyek TPSDP-P3AI IKIP Negeri Singaraja.

Teoh, B.S.P & T.K. (2007). Neo, Interactive Multimedia Learning: Students’ Attitudes and Learning Impact in an Animation Course. The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET, 6(4), 28-38. Tersedia pada http://www.tojet.net/articles/ v6i4/643.pdf

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Sujanem, R., Suswandi, I., & Yasa, P. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Bagi Guru-Guru Fisika SMA. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 279–289. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.22551