Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Pada Guru

Authors

  • Lutfi Lutfi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419
  • Siska Kusumawardani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419
  • Sri Imawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419
  • Misriandi Misriandi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 15419

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999

Abstract

Pemahaman Kehadiran teknologi dalam berbagai kegiatan belajar mengajar menjadi lebih inovatif serta membuat suasana tidak monoton atau jenuh. Sama halnya pada dunia pendidikan memiliki tujuan mencapai efektifitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan kepada guru-guru SD se-Sukabumi membekali pengenalan evaluasi penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat ukur berbasis online. Pengenalan materi meliputi pemberian materi kahoot yang terdiri atas game, kuis, diskusi dan survey. Melakukan pelatihan dalam bentuk memberi tugas dan bimbingan kepada guru-guru dalam membuat soal menggunakan software kahoot untuk membuat soal evaluasi berbasis online. Melakukan diskusi dengan guru-guru untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam menggunkan kahoot. Dalam hal ini metode ceramah, praktik dan tanya jawab digunakan pada pengbdian masyarakat ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menfokuskan pada pengenalan aplikasi kahoot. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan langsung yang dilakukan oleh tim pengabdian bahwa guru-guru belum pernah mendapatkan materi ini dan mempraktikkan penggunaannya di kelas atau kepada peserta didik nantinya.

References

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375

Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 7(1), 185–196. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677

Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal At-Ta’dib, 8(1), 60–61. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/download/514/453

Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Gunahumas Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan. Gunahumas Jurnal Kehumasan P-ISSN:, 3(1), 43–50. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28388

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

Hidayat, W., Muladi, M., & Mizar, M. (2016). Studi Integrasi Tik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2281–2291. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/8228/3758

Istiyarti. (2017). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699. https://media.neliti.com/media/publications/286940-pemanfaatan-tik-untuk-pembelajaran-08ce2c28.pdf

Jumila, PArtistiowati, Zulhipri, Z., & Allanas, E. (2018). Analisis Literasi Digital Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Web Kahoot dalam Pembelajaran Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(2), 36–41. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.082.04 Analisis

Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Tik Oleh Guru. Jurnal Kwangsan, 3(2), 121. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.29

Lisnani, & Emmanuel, G. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 155–167. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018

Lubis, M. (2016). Peluang Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah (Mempersiapkan Madrasah Berwawasan Global). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1063

Niskarto Zendrato, E. Y. B. G. (2017). Pembangunan Aplikasi Runtracker Dengan Menggunakan Gps Pada Smartwatch Berbasis Android Wear. Stmikneumann, Vol 2, No, 19–24. http://ejournal.stmikneumann.ac.id/index.php/PITIN/article/view/21

Pratiwi, U. (2014). Integrasi Pendidikan Agama-Sains Berbasis Eksperimental Untuk Membentuk Character Building Mahasiswa. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), 359–384. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.720

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 1–7. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2019/27__Aprilia_Riyana.pdf

Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2015). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1100

Ridho Firmansya, Nurhadi, M. (2019). Perancangan aplikasi sig lokasi bank sampah di kota jambi berbasis android. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika, 1(4). http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/download/784/573/

Saputra, K., Saputra, H., Mutiawani, V., & Zulfan, Z. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuis Pop-Up Sebagai Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK) 2, 188–195. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28388

Suradji, M. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian Dan Keuangan Di Sma Muhammadiyah 1 Gresik. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 127–151. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/957

Surya, A. S. P., & Rizal, F. (2019). Hubungan Kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MDPL) Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (TDPIB) di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 6(1), 1–5. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/104941

T, F., Rusmala, & Hardiana. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Profil Sekolah SMKN1 Palopo Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Ilmiah d’Computare, 10(1). https://journal.uncp.ac.id/index.php/computare/article/download/1480/1318

Umar. (2016). Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Kedudukan Dan Peranannya Dalam Pendidikan. RI’AYAH, 1(2), 1–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.scitotenv.2014.10.007

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Pada Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 186–191. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999

Issue

Section

Articles