Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Pada Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999Abstract
Pemahaman Kehadiran teknologi dalam berbagai kegiatan belajar mengajar menjadi lebih inovatif serta membuat suasana tidak monoton atau jenuh. Sama halnya pada dunia pendidikan memiliki tujuan mencapai efektifitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan kepada guru-guru SD se-Sukabumi membekali pengenalan evaluasi penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat ukur berbasis online. Pengenalan materi meliputi pemberian materi kahoot yang terdiri atas game, kuis, diskusi dan survey. Melakukan pelatihan dalam bentuk memberi tugas dan bimbingan kepada guru-guru dalam membuat soal menggunakan software kahoot untuk membuat soal evaluasi berbasis online. Melakukan diskusi dengan guru-guru untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam menggunkan kahoot. Dalam hal ini metode ceramah, praktik dan tanya jawab digunakan pada pengbdian masyarakat ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menfokuskan pada pengenalan aplikasi kahoot. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan langsung yang dilakukan oleh tim pengabdian bahwa guru-guru belum pernah mendapatkan materi ini dan mempraktikkan penggunaannya di kelas atau kepada peserta didik nantinya.
References
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375
Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 7(1), 185–196. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677
Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal At-Ta’dib, 8(1), 60–61. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/download/514/453
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Gunahumas Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan. Gunahumas Jurnal Kehumasan P-ISSN:, 3(1), 43–50. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28388
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631
Hidayat, W., Muladi, M., & Mizar, M. (2016). Studi Integrasi Tik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2281–2291. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/8228/3758
Istiyarti. (2017). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699. https://media.neliti.com/media/publications/286940-pemanfaatan-tik-untuk-pembelajaran-08ce2c28.pdf
Jumila, PArtistiowati, Zulhipri, Z., & Allanas, E. (2018). Analisis Literasi Digital Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Web Kahoot dalam Pembelajaran Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(2), 36–41. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.082.04 Analisis
Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Tik Oleh Guru. Jurnal Kwangsan, 3(2), 121. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.29
Lisnani, & Emmanuel, G. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 155–167. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018
Lubis, M. (2016). Peluang Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah (Mempersiapkan Madrasah Berwawasan Global). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1063
Niskarto Zendrato, E. Y. B. G. (2017). Pembangunan Aplikasi Runtracker Dengan Menggunakan Gps Pada Smartwatch Berbasis Android Wear. Stmikneumann, Vol 2, No, 19–24. http://ejournal.stmikneumann.ac.id/index.php/PITIN/article/view/21
Pratiwi, U. (2014). Integrasi Pendidikan Agama-Sains Berbasis Eksperimental Untuk Membentuk Character Building Mahasiswa. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), 359–384. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.720
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 1–7. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2019/27__Aprilia_Riyana.pdf
Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2015). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1100
Ridho Firmansya, Nurhadi, M. (2019). Perancangan aplikasi sig lokasi bank sampah di kota jambi berbasis android. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika, 1(4). http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/download/784/573/
Saputra, K., Saputra, H., Mutiawani, V., & Zulfan, Z. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuis Pop-Up Sebagai Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK) 2, 188–195. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28388
Suradji, M. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian Dan Keuangan Di Sma Muhammadiyah 1 Gresik. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 127–151. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/957
Surya, A. S. P., & Rizal, F. (2019). Hubungan Kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MDPL) Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (TDPIB) di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 6(1), 1–5. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/104941
T, F., Rusmala, & Hardiana. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Profil Sekolah SMKN1 Palopo Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Ilmiah d’Computare, 10(1). https://journal.uncp.ac.id/index.php/computare/article/download/1480/1318
Umar. (2016). Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Kedudukan Dan Peranannya Dalam Pendidikan. RI’AYAH, 1(2), 1–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.scitotenv.2014.10.007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.