Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development untuk Meningkatkan konpetensi Profesional Guru Madrasah di Era Industri 4.0

Authors

  • Alhamuddin Alhamuddin Universitas Islam Bandung
  • Helmi Aziz Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten Universitas Islam Bandung
  • Dewi Mulyani Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29109

Keywords:

guru, madrasah, abcd, industri, kompetensi

Abstract

Meningkatkan kompetensi profesional guru Madrasah di era industri 4.0 sangat penting, sehingga diperlukan adanya suatu Pemberdayaan. Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi professional guru madrasah di kecamatan  Cimaung Provinsi Jawa Barat. Pendekatan dalam melaksanakan pemberdayaan menggunakan Asset Based Community Development (ABCD). Pendekatan ini digunakan untuk mengoptimalkan potensi dan aset yang dimiliki masyarakat dampingan. Focus pemberdayaan ini adalah pelatihan dan pendampingan terkait dengan peningkatan kompetensi profesional guru-guru madrasah yang ada di kecamatan Cimaung. Hasil pemberdayaan menunjukkan bahwa kompetensi professional guru madrasah mengalami peningkatan secara signifikan melalui beberapa kegiatan yang sudah dilakukan; literasi untuk anak usia dini, internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kurikulum dan pembelajaran, serta kompetensi professional guru di era industry 4.0. Pemberdayaan untuk guru-guru madrasah perlu senantiasa dilaksanakan secara berkesinambungan (continuous quality improvement)  sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru-guru dengan baik.

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya Abstrak. 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Alhamuddin, A., Tsaury, A. M., & Murniati, A. (2020). Competence of Islamic Higher Education Graduates from the Perspectives of Stakeholders in the Era of Industrial Revolution 4 . 0. 409(SoRes 2019), 117–120. https://doi.org/doi.org/10.2991/assehr.k.200225.025

Alhamuddin, & Bukhori. (2016). The Effect of Multiple Intelligence-Based Instruction on Critical Thinking of Full Day Islamic Elementary Schools Students. 21(1), 31–40. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/590/pdf/

Anas, J., & Ferrara, L. (2004). Detecting Cyclical Turning Points: The ABCD Approach and Two Probabilistic Indicators. Journal of Business Cycle Measurement and Analysis, 2004(2), 193–225. https://doi.org/10.1787/jbcma-v2004-art12-en

Arif, M., & Sulistianah, S. (2019). Problems in 2013 Curriculum Implementation for Classroom Teachers in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 110. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3916

Batubara, D. S., Negeri, U. I., Ibrahim, M. M., Dasar, S., & Ibtidaiyah, M. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya) INFORMASI ARTIKEL. 3(1), 48–65.

Blickem, C., Dawson, S., Kirk, S., Vassilev, I., Mathieson, A., Harrison, R., Bower, P., & Lamb, J. (2018). What is Asset-Based Community Development and How Might It Improve the Health of People With Long-Term Conditions? A Realist Synthesis. SAGE Open, 8(3), 15–21. https://doi.org/10.1177/2158244018787223

Dooly, M. (2009). New competencies in a new era? Examining the impact of a teacher training project. ReCALL, 21(3), 352–369. https://doi.org/10.1017/S0958344009990085

Farikhah, S. (2015). Manajemen Lembaga pendidikan. Aswaja Persindo.

Fithriyana, E. (2020). Pengolahan Produk Berbahan Dasar Buah Pepaya Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–9. http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/AL-UMRON/article/view/301

Fitriawan, F. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Pemuda Melalui Budidaya Jamur Tiram. Amalee: Indonesian Journal of Community Research & Engagement, 1(01), 47–58. amalee: Indonesianhttp://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1284087&val=17192&title

Green, G. P. (2010). Mobilizing Comunities Asset Building as a Community Development Strattegy. Temple University.

Heyneman, S. P., & Loxley, W. A. (1983). The effect of primary-school quality on academic achievement across twenty-nine high- and low-income countries. American Journal of Sociology, 88(6), 1162–1194. https://doi.org/10.1086/227799

Huda, K. (2016). Problematika Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(2), 310–336. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.309-336

Ikhrom, I., Junaedi, M., & Ismail, A. (2019). Contribution Index Of Madrasah Diniyah To The Character Education. In Analisa: Journal of Social Science …. researchgate.net.

Inten, D. nur, & Puspita, R. D. (2020). International Webinar Series- Educational Revolution in Post Covid Era.

Kennedy, M. M. (2016). How Does Professional Development Improve Teaching? Review of Educational Research, 86(4), 945–980. https://doi.org/10.3102/0034654315626800

Kerka, S. (2003). Community asset mapping. Clearinghouse on Adult, Career, and Vocational Education: Trends and Issues Alert, 47, 1–2.

Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643

Mastiyah. (2018). Vol. 41, No. 1, Juni 2018. 41(1). https://doi.org/10.47655/dialog.v41i1.280

Practice, C., Identifier, D. O., Document, E., & General, C. P. (2014). Edinburgh Research Explorer Neoliberalism with a community face ? 22(4), 430–450.

Pramono, H. (2012). Pengaruh Sistem Pembinaan, Sarana Prasarana Dan Pendidikan Latihan Terhadap Kompetensi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 29(1), 124838. https://doi.org/10.15294/jpp.v29i1.5640

Prayitno, P. J. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sma. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 46. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.33209

Purwoko, A. A., Andayani, Y., & Diartha, I. N. (2017). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Efforts In Improving Teachers ’ Competencies Through Collaboration Between Teacher Forum On Subject Matter ( Mgmp ) And Pre-Service Teacher Training. 6(1), 11–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8858

Rahmiyati, Y. (2016). Korelasi antara Kompetensi Kepribadian Guru dengan Minat dan Aktifitas Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 4(2), 59–74. https://doi.org/10.21093/sy.v4i2.713

Sa’bani. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. 2.

Saifudin, A., & In, A. (2020). Pembinaan Teknik Berpidato dalam Meningkatkan Kreatifitas Santri. 2(2), 51–58.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Tambak, S. (2020). Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional Madrasah teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 65–78. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.26001

Tarbiyah, A. F., & Keguruan, D. (2017). Studi Perbandingan Kurikulum Pendidikan Dasar Negara Federasi Rusia dan Indonesia. 3(2), 2406–2775.

Ulfiah. (2016). Laporan Penelitian Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Bersertifikasi pada SMA / SMK di Jawa Barat (Issue Mdc). Kementerian Agama dan MDC Jawa Barat.

Ulpah, M. (n.d.). Analisis Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Purwokerto. 15(1), 152–162.

Downloads

Published

2020-11-10

How to Cite

Alhamuddin, A., Aziz, H., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2020). Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development untuk Meningkatkan konpetensi Profesional Guru Madrasah di Era Industri 4.0. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 321–331. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29109