Sosialisasi Strategi dan Web Pemasaran Online (PPDM di Desa Rasau Jaya Satu)
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29246Keywords:
online marketing, web, ppdmAbstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). UKM Mekar Sari dan Sekapur Sirih yang bergerak dalam bidang produksi rengginang, jagung marning, kerupuk beras, dan keripik tahu juga terdampak akibat pandemic ini. Keterbatasan dalam pemasaran yang saat ini tidak bisa secara konvensional menyebabkan penurunan pendapatan mitra. Permasalahan lain adalah ketidaktahuan mitra tentang strategi pemasaran online. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan tentang strategi pemasaran online dan web pemasaran online. Potensi yang dimiliki oleh mitra adalah memiliki kemauan dan semangat yang tinggi untuk terus belajar. Berdasarkan kesepakatan tim pengabdi dengan mitra, maka solusi yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan sosialisasi strategi dan penyediaan web pemasaran online melalui program pengembangan desa mitra (PPDM) di tahun ketiga. Metode kegiatan menggunakan ceramah dan demonstrasi pengelolaan web pemasaran online. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik. Terjadi peningkatan pengetahuan khalayak sasaran sebesar 57,4% antara sebelum dan setelah dilakukan kegiatan pengabdian ini. Pihak pemerintah desa perlu melakukan pendampingan melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes) agar pemasaran online ini tetap berjalan optimal.
References
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). Duta.Com, 9(September), 43–54.
Belangkaehe, R., Engka, D., & Mandeij, D. (2014). Anaisis struktur pasar, perilaku dan kinerja industri perbankan Indonesia ( studi pada bank yang terdaftar di BEI periode 2008-2012 ). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(3), 43–55. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/5461/4968
Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk Umkm. Neo-Bis, 8(2), 179–189. https://doi.org/10.21107/NBS.V8I2.472
Christine, S. C. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(2), 92–103. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.2.2.
Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 5, 213–222.
Gunartin. (2017). Penguatan Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 2(2), 1–10.
Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246
Hossain, M. (2020). The effect of the Covid-19 on sharing economy activities. Journal of Cleaner Production, xxxx, 124782. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124782
Husnurrosyidah. (2019). E-Marketplace UMKM Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 224–239. journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium
Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 6(1), 15–30.
Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1), 2598–2823. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v1i01.679
Khazim, I. Al. (2016). Pengaruh Strategi Internet Marketing Terhadap Perilaku Konsumen Lazada.Co.Id Dalam Berbelanja Online Melalui Variabel Electronic Word of Mouth (Ewom). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(2), 178539.
Lastina, N. luh made A. danni, & Budhi, M. K. S. (2018). Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat Pt. Bri (Persero) Unit Blahkiuh Terhadap Produktivitas Ukm Dan Pendapatan Ukm Penerima Kur Di Kecamatan Abiansemal. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(4), 959. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i04.p02
Mutiarasari, A. (2018). Peran Entrepreneur Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Mengurangi Tingkat Pengangguran. Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, 1(2), 1–114. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/download/83/90
Nugroho, S., Pujotom, D., Ulkhaq, M. M., & Permadi, D. T. (2017). Redesain Kemasan Makanan Ringan Olahan Pada Umkm Center Jawa Tengah Dengan Metode Kansei Engineering. 16(1), 77–86.
Nuryskha, Amani, H., & Wulandari, S. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Rizqia Keripik Sambal Strawberry Dengan Metode Benchmarking. E-Proceeding of Engineering, 2(3), 7592–7599.
Paulus, M., & Devie. (2013). Analisa Pengaruh Penggunaan Benchmarking Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review, 1(2), 39–49. http://publication.petra.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/569
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Puspitasari, A. F., Ervianty, R. M., Dwikesumasari, P. R., & Dwijayanti, I. S. (2019). Interest of Using E-Commerce Channels Based on Social Media To Improve the Quality of Regional Superior Product Marketing on Female Group of Craftsmen From Sanitair Klaseman Malang City. Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 1(1), 16. https://doi.org/10.20473/dc.v1.i1.2019.16-21
Putri, N. A. (2016). Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion Melalui Evaluasi Benchmarking. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 118–127.
Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6
Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22441/jvk.v16i1.1645
Saraswati, E. (2020). Strategi Perencanaan dan Biaya Pemasaran yang Efektif bagi UMKM Mitra Binaan PT. Semen Indonesia Tbk. Journal of Dedicators Community, 3(3), 97–105. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i3.1040
Selander, U., Henfridsson, O., & Svahn, F. (2013). Capability Search and Redeem across Digital Ecosystems. Journal of Information Technology, 28, 183–197. https://doi.org/10.1007/978-3-662-59807-8_4
Syahputra, D. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Toyota Atas Relationship Marketing Dan Layanan Purna Jual Pada Pt. Agung Toyota Sutomo Di Pekanbaru. Jom Fekon, 4, 830–844.
Syamsiah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Transmart Carefour di Kota Makassar.
Thousani, H. F., Fauzi, A., & Sunarti. (2015). Upaya Pengembangan E-Business Dalam Pemasaran Produk Secara Internasional( Studi pada Akademi Bisnis Online Indonesia Surabaya ). Jurnal Administrasi Bisnis, 23(1). http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/917
Wahana, A., Suyanto, M., & Amborowati, A. (2014). Analisis Penerapan Social Media Sebagai Strategi Bisnis Oleh Pelaku Bisnis Online Magister Teknik Informatika. Sisfotenika, 4(2), 152–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30700/jst.v4i2.34
Wibowo, M. E., Daryanto, A., & Rifin, A. (2018). Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional ). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 29. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.29-38
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.