Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Usaha Loloh Cemcem
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29680Keywords:
kelompok usaha loloh cemcem, sosialisasi pencatatan keuanganAbstract
Loloh Cemcem merupakan minuman tradisional khas Desa Penglipuran dan merupakan produk unggulan desa tersebut. Oleh karena itu, keberlangsungan usaha loloh cemcem penting untuk diperhatikan. Permasalahan yang dialami antara lain keterbatasan pengetahuan dalam pencatatan transaksi keuangan, keterbatasan dalam pemasaran, serta permasalahan yang berkaitan dengan kebersihan dalam proses produksi. Tujuannya adalah untuk pemberdayaan masyarakat pada kelompok usaha loloh cemcem. Kelompok Usaha Cemcem Loloh di Desa Penglipuran yang diketuai oleh Bapak I Wayan Sandya menjadi partner dalam program pemberdayaan masyarakat ini. Solusi yang diberikan antara lain sosialisasi terkait pencatatan keuangan, sosialisasi strategi bauran pemasaran, serta penyuluhan kebersihan dan kebersihan produksi loloh cemcem. Hasil yang didapat adalah aplikasi Buku Kas yang ditawarkan sangat bermanfaat bagi mitra. Mitra juga lebih mementingkan tingkat higienitas dan sanitasi dalam proses produksi, dan mitra mampu menghasilkan produk dengan varian ukuran baru dan pangsa pasar yang lebih luas.
References
Diniaty, D., & Agusrinal. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknoligi Dan Industri, Vol. 11, N(2), 2. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/745
Mahanandha, I. G. Y., Dhyanaputri, I. G. A. S., & Suyasa, I. B. O. (2020). gambaran angka lempeng total pada loloh cemcem yang disimpan pada suhu ruangan dan pendinginan dengan perbedaan waktu penyimpanan yang diproduksi di desa panglipuran. Diploma Thesis.
Margunani, Melati, I. S., & Sehabuddin, A. (2020). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana UMKM Intip di Desa Nyatnyono Ungaran Semarang Simple Financial Records Training in Intip UMKM Nyatnyono Village Ungaran Semarang. 4(3), 305–313. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/pa.v4i3.7762
Noor, A. S., & Lestari2, B. (2018). Penyuluhan Pelatihan Akuntans Pencatatan Keuangan di Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Pegabdi Siliwangi, 4(1), 76–79. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jps/article/download/421/424
P, I. K., Suter, I. K., W, P. A., & AAI Sri Wiadnyani. (2009). Prevalensi Cemaran Mikrobiologis Dan Logam Berat (Pb, Cd) Pada Minuman Tradisional (Loloh) Di Daerah Denpasar Dan Badung. 978–979.
Pamungkas, I., Irawan, H. T., Arkanullah, L., Dirhamsyah, M., & Iqbal, M. (2019). Penentuan Tingkat Risiko Pada Proses Produksi Garam Tradisional di Desa Ie Leubeu Kabupaten Pidie. Jurnal Optimalisasi, 5(2), 107–120.
Pramana, D., Yuniastari, N. L. A. K., & Wiyati, R. K. (2016). Ibm Loloh Daun Cemcem. Stimik Stikom Bali, 7(86).
Purwaning Tyas, A. S. (2017). Identifikasi Kuliner Lokal Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(2), 38. https://doi.org/10.22146/jpt.24970
Putra, I. K. A. M., & Hanindharputri, M. A. (2020). Analisis Desain Kemasan Loloh Cemcem Dalam Peningkatan Nilai Produk Melalui Pendekatan Estetika Komunikasi Visual. Jurnal Nawala Visual, 2(2), 61–69. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i2.129
Sabrina Shahnaz. (2014). Application of Accounting Zakat, Infaq/Sedekah Based on Psak 109 At Badan Amil Zakat the Province North Sulawesi. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 3(4), 315–324.
Sandria, W., Rahmi, S., & Susanti, E. (2019). Strategi Pemasaran Kain Kiloan Studi Kasus Toko Jambi Central Kota Jambi. Strategi Pemasaran Kain Kiloan Studi Kasus Toko Jambi Central Kota Jambi, 30(2), 68–76. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(2).5194
Satria, K. J. A., Sudiatmaka, I. K., & Mangku, D. G. S. (2020). Potensi Geografis Dan Mekanisme Pendaftaran Produk Loloh Cemcem. 3(1), 1–12.
Tasia, W. R. N., & Widyaningsih, T. D. (2014). Potensi Cincau Hitam Sebagai Minuman Herbal Fungsional. 2(4), 128–136.
Wahyudin, D. (2016). Strategi Konsep Ekonomi Hijau Sebagai Suistainable Development Goals di Indonesia. Prosiding Seminar STIAMI, 03.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.
Widyaswati, R. (2010). Word Of Mouth Yang Positif Pada Pelanggan Speedy Di Semarang Tesis.
Wijaya, I., & Oktarina, O. (2014). Sumbangan Ilmu Etnobotani dalam Memfasilitasi Hubungan Manusia dengan Tumbuhan dan Lingkungannya [Contributions In Science Ethnobotany Facilitate …. Agritrop: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian …, 7(2), 375–391.
Wipradnyadewi, P. A. S., & Yusasrini, N. L. A. (2017). Cemaran Mikrobiologis Pada Beberapa Loloh Bali Di Kota Denpasar. Media Ilmiah Teknologi Pangan, 4(1), 43–51.
Zellini, Z., Wiasti, N. M., & Sama, I. N. (2017). Ekonomi Kreatif : Pengembangan Loloh Cemcem Di Desa. 19, 333–340.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.