Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Perajin Perak Dharma Batubulan, Kabupaten Gianyar

Authors

  • IA Cynthia Saisaria Mandasari Warmadewa university
  • N Paramananda Warmadewa university
  • Ni Luh Made Mahendrawati Warmadewa university

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.36128

Keywords:

penurunan penjualan, low season, digital marketing, pendampingan

Abstract

Kunjungan wisatawan menurun, misalkan seperti saat low season, ini juga akan memberikan dampak penurunan penjualan bagi para penjual. Fenomena ini tentu akan berpengaruh langsung kepada Kelompok perajin peraki.Tujuan pengabdian untuk mengatasi masalah penurunan pemasaran, ketergantungan mantra, mengubhan teknik pemasaran dan mengatasi perselisihan atar konsumen. Jenis kegiatan ini adalah kemitraan kepda masyarakat. Mitra pengabdian ini adalah kelompok perajin beranggotakan 12 orang ini mengerjakan berbagai jenis perhiasan berbahan perak yang dipesan  kemudian dikirimkan ke mitra yakni UC Silver. Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah pendampingan, strategi pemasaran dan strategi penanggulangan perselisihan dengan konsumen. Hasil menunjukkan adalah strategi digital marketing yang kami berikan pada Kelompok Perajin Perak Dharma memiliki dampak peningkatan penjualan dan perluasan pangsa pasar. Implikasi  PKM ini dapat digunakan sebagai masukan bagi Kelompok Perajin Perak Dharma untuk membenahi pemasaran produknya.

References

Arifin, B., Muzakki, A., & Kurniawan, M. W. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran. EKOMBIS SAINS: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.24967/ekombis.v4i2.474.

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59(June), 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168.

Filieri, R. (2015). What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6), 1261–1270. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.11.006.

Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246.

Januarti, I., Mulyana, A., & Yazid, M. (2018). Pendampingan Pembentukan Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 710–718. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpsriwijaya/article/download/7544/3810.

Jara, L. F., & Putra, M. R. (2021). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness Menggunakan Metode Object Oriented Analysis and Design pada Umkm Tekstil Kota Padang. Jurnal KomtekInfo, 8(2), 110–117. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v8i2.105.

Jasmani, Maduningtias, L., & Irmal. (2019). Pelatihan dan Penguasaan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan Para Remaja di Lingkungan Benda Timur IV. Αγαη, 8(5), 55. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v2i1.3630.

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006.

Maria, E., Suharyadi, S., & Hudiono, R. K. (2021). Implementasi Pemasaran Digital Berbasis Website sebagai StrategiKenormalan Baru Dusun Srumbung Gunung Pasca Covid-19. Riau Journal of Empowerment, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31258/raje.4.1.1-10.

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23529.35-42.

Millennium, A. S., Suardana, I. W., & Kusuma Negara, I. M. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA, 9(1), 173. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i01.p17.

Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung - Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6275.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844.

Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425.

Putra, I. M. W., & Ardana, I. K. (2016). Pengaruh Motivasi Serta Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Produktivitas Perajin Perak. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), 7752–7784. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/24577.

Putri, S. D., & Fithrah, D. S. (2018). Pengaruh Online Marketing Campaign #Samyangchallenge Terhadap Consumer Behavior Digital Natives Pengguna Youtube Indonesia. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 1(2), 132. https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11460.

Riskyawan, A. V., & Ervianty, R. M. (2019). Penggunaan Media Komunikasi Pemasaran Digital sebagai Alat Pencapaian Kesadaran Merek pada Produk Kitchenindo. The International Journal of Applied Business, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.20473/tijab.V3.I1.2019.59-72.

Wardana, L. K., & Wulaningrum, P. D. (2020). Pendampingan Pencatatan Keuangan Terkomputerisasi Koperasi Simpan Pinjam Ibu PKK RT 06 Dusun Sengon Karang RT 06 Argomulyo Sedayu Bantul. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 154–161. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5334.

Downloads

Published

2021-08-28

How to Cite

Mandasari, I. C. S., Paramananda, N., & Mahendrawati, N. L. M. (2021). Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Perajin Perak Dharma Batubulan, Kabupaten Gianyar. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 212–218. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.36128

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)