Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39439Keywords:
Motivasi, Media Audio Visual, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi warga belajar melalui media audio-visual. Pengabdian memaparkan mengenai peran media audio-visual dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak kaku, dan tidak membosankan. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu 1) persiapan, berupa pengurusan izin dan penentuan waktu pelaksanaan kegiatan; 2) pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau penyuluhan. Dengan susunan kegiatan. a) Sambutan sekaligus pembukaan oleh anggota penguluhan yang bertindak sebagai moderator. b) Pemaparan materi. Materi mengenai media audio-visual dipaparkan oleh narasumber, tanya jawab dengan peserta, dan simulasi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual berupa pembelajaran keaksaraan menggunakan lagu aksara. c) Penutup. Narasumber kemudian memberikan arahan, pesan-pesan, motivasi, dan harapan kepada peserta penyuluhan untuk terus belajar, dan tidak cepat merasa puas dengan apa yang telah dipelajari selama ini. 3) Evaluasi. Evaluasi dilihat dari ketercapaian kegiatan penyuluhan. Indikatornya, warga belajar menjadi termotivasi untuk ikut dalam program pendidikan. Selain itu, peserta terlihat nyaman, senang, dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
References
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561.
Allen, H. F., Batubara, M. M., & Iswarini, H. (2015). Kendala Penyuluhan Dalam Melaksanakan Aktivitas Penyuluhan Pada Usahatani Kopi Di Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam. Societa, 4(2), 105–110. https://jurnal.um-palembang.ac.id/societa/article/download/242/214.
Arafah, F. N. (2017). Pelaksanaan Program Penyuluhan Perintisan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Di Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (Lpm) Kelurahan Cihaurgeulis Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 13–22. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/viewFile/8722/5412.
Budaraga, I. K., Ramaiyulis, R., Nurdin, E., & Rauf, R. (2019). Penyuluhan Jajanan, Makanan dan Kantin Sehat di Sekolah SMA 2 Batang Anai Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Buletin Udayana Mengabdi, 18(3), 61–67. https://doi.org/10.24843/bum.2019.v18.i03.p11.
Diyah, T. L., & Setiawati. (2019). Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian Menurut Kelompok Tani Korong Sungai Kalu Nagari Kudu Ganting Barat Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal of Multidiciplinary Reswach and Development, 1(2), 323–331. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/58.
Firdaus, H., Sugiyono, & Purnama, S. K. (2018). The Development Model of Badminton Base Technique Training Based of Audio Visual Media for The Beginner Athlete. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 210–214. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10734.
Ibrahim, M. (2019). Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Edusentris, 5(1), 23. https://doi.org/10.17509/edusentris.v5i1.291.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.
Nurhalim, A. K. B. K. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Warga Belajar Kejar Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/jne.v2i2.6789.
Pamungkas, T. L. J., & Nugroho, R. (2021). Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 24–37. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13531.
Poerwanti, J. I. S., & Winarni, R. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Merancang Instrumen Assessment for Learning Berbasis Portofolio Pada Guru-Guru Sekolah. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 44. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28423.
Pranowo, T. A., & Prihastanti, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217–223. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.338.
Riswandi. (2018). Kontribusi Iklim Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kreatifitas Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Di Wilayah Luak Nan Tigo Provinsi Sumatera Barat. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 31. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i1.814.
Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Pendidikan Islam, 08(02), 417–434. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.539.
Siswati, B. H., Hariyadi, S., & Corebima, A. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Rqaad Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 108–116. https://doi.org/10.17977/um052v12i2p129-135.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144.
Suryani, N., & Kholidya, C. F. (2020). Pengembangan Multimedia Berbasis Android Materi Aritmatika Sosial Mata Pelajaran Matematika Dikelas VII MTS Tanada Waru Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(29), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/36274/32241.
Tambunan, D., & Nainggolan, E. (2013). Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan dan Produktifitas kerja perawat Pelaksana di Instansi rawat inap RS HKBP Balige. Jurnal Keperawatan HKBP Balige, I(1). http://www.akperhkbp.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/Jurnal-Keperawatan-Akper-HKBP-Balige-Vol-1-No-1.pdf#page=95.
Widodo. (2017). Pengelolaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) pada Era Otonomi Daerah. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 113–120. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/14869/pdf.
Widodo, W., & Nusantara, W. (2020). Analysis of Non-formal Education (NFE) Needs in Schools. Journal of Nonformal Education, 6(1), 69–76. https://doi.org/10.15294/jne.v6i1.21568.
Yuangga, K. D., & Manik, C. D. (2018). Menumbuhkan Motivasi Pendidikan Dan Wirausaha Yang Ramah Lingkungan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i1.4535.
Zulfa, M. Y., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan antara Locus of Control dan Persepsi Siswa tentang Pendidikan dengan Motivasi Belajar serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.29210/02017103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.