Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran CAI-Kontekstual Matematika Bagi Guru-Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39481Keywords:
Guru, Profesional, Berkelanjutan, CAI-Kontekstual, MatematikaAbstract
Masih banyak guru yang melaksanakan pembelajaran secara konvensial dan tidak memanfaatkan multimedia secara optimal. Hal itu diakrenakan para guru tidak memiliki keterampilan pembelajaran berbasis komputer, sehingga jika guru-guru harus melakukan pembelajaran berbasis komputer maka mereka tidak memiliki kesanggupan untuk melaksanakannya. Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru secara berkelanjutan melalui pelatihan cara menyusun perangkat pembelajaran bagi guru-guru Sekolah Dasar. Kegiatan PKMS ini diikuti oleh guru-guru SD anggota PGRI sebanyak 45 guru yang dibagi ke dalam tiga kelompok. Metode pelaksanaan kegiatan mengadopsi pola pelaksanaan penelitian tindakan meliputi tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai pengembangan profesi guru. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab, dan latihan. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing-masing tahap dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan PKMS ini diantaranya: (a) terbentuknya tiga kelompok kerja guru (KKG) berdasarkan letak lokasi SD; (b) adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang penyusunan perangkat pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran matematika dengan pendekatan CAI-Kontekstual; (c) dihasilkan media (alat peraga) matematika untuk Siswa SD; (d) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika di kelas meningkat. Berdasarkan hasil pelatihan dapat disimpulkan bahwa peserta workshop telah menguasai materi yang dilatihkan, maka langkah selanjutnya masing-masing kelompok tersebut ditugaskan untuk menyebarkan pengetahuan dari hasil workshop keteman sejawatnya yang ada di sekolah terdekat dengan sekolah tempat mengajarnya.
References
Adnan Khohar, M., Ruminiati, & Munzil. (2016). Penerapan Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 1(9), 1869–1873. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6864.
Divayana, D. G. H., & Sugiharni, G. A. D. (2016). Evaluasi program sertifikasi komputer pada universitas teknologi Indonesia menggunakanmodel cse-ucla. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 158. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8586.
Dwiridal, L., & Sari, S. Y. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru-Guru IPA SMP / MTsN Lubuk Sikaping melalui Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 170–177. https://doi.org/10.30653/002.202161.502.
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48.
Goenawan, S. I., & Wijayanti, S. H. (20018). Peningkatan Kemampuan Berhitung Metris Di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Cisauk, Tangerang. Jurnal Abdimas, 22(2), 227–234. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/8983.
Kurniasari, M., Amin, S. M., & Wiryanto, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Kuperan dan Baperan Untuk Pembelajaran Number Sense. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 207–220. https://doi.org/10.36709/jpm.v12i2.19862.
Matanari, C., Gaol, R. L., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 6(2), 294–300. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.435.
Oktapiani, R., & Rustini, T. (2016). Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpendapat Siswa Pada Pembelajaran IPS. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2), 121–127. https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2843.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.
Putri, Y. U., Musdi, E., Permana, D., & Yerizon, Y. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305.
Rinjani, D., Sari, M. P., & Permana, F. C. (2020). Pelatihan Teknik Merajut terhadap Guru Kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar menggunakan Media Pembelajaran berupa Video Tutorial. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 695–706. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202053.356.
Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Educatio, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227.
Ronggowulan, L. (2018). Pembelajaran Kontekstual Learning dalam Strategi Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencna Abrasi Pada Materi Mitigasi Bencana di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kragan. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i2.57.
Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa Smp. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533.
Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi , minat belajar , dan apresiasi terhadap matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 27–42. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.