Pelatihan Penyusunan RPP berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rosita Putri Rahmi Haerani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mulawarman http://orcid.org/0000-0002-9195-5843
  • Suhartini Erna Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.42560

Keywords:

STEM, pelatihan guru SD, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) sedang menjadi tren dalam dunia pendidikan seiring dengan dengan meningkatnya permintaan untuk pekerjaan di bidang STEM. Sekolah dasar merupakan pijakan awal untuk mempersiapkan lulusan yang tertarik dan terampil dalam STEM. Namun, guru-guru sekolah dasar di kecamatan Sungai Kunjang Samarinda masih kesulitan merencanakan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 ini. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang rencana pembelajaran daring berbasis STEM. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi, demonstrasi, praktik, dan pendampingan. Sasaran kegiatan adalah 28 guru kelas dari dua sekolah di kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda. Hasil dan dampak pelatihan yakni (1) meningkatnya pengetahuan guru tentang pembelajaran STEM dan (2) bertambahnya kemampuan membuat rencana pembelajaran STEM dengan mode daring. Secara keseluruhan materi yang disajikan dapat dipahami peserta dengan baik. Kegiatan berlangsung lancar, tepat waktu, dan sesuai dengan yang diharapkan.

Author Biographies

Rosita Putri Rahmi Haerani, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mulawarman

Dosen PGSD, FKIP, Universitas Mulawarman

Suhartini Erna, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mulawarman

Dosen PGSD, FKIP, Universitas Mulawarman

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561.

Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM bagi Guru IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 31–36. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12172.

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/194.

Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Van Scotter, P., Powell, J. C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness. Colorado Springs, Co: BSCS, 5, 88–98. https://link.springer.com/article/10.1186/s40594-022-00337-z.

Dewi, M., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2018). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika, 381–385. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/287.

Diella, D., Ardiansyah, R., & Suhendi, H. Y. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains ( KPS ) dan Penyusunan Instrumen Asesmen KPS bagi Guru IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 7–11. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855.

Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 50–64. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/3942.

Handayani, S., Agustina, I., Astuti, D., & Bhakti, Y. B. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic). Sinasis, 1(1), 93–98. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4070.

Hasanah, U., & Tsutaoka, T. (2019). An Outline of Worldwide Barriers in Science , Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 193–200. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.18350.

Iolanessa, L., Kaniawati, I., & Nugraha, M. G. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(1), 113–117. https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/23452.

Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Petik, 6(1), 18–26. https://scholar.archive.org/work/cy4l3vp5qrfzli4kojizgafgci/access/wayback/https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/download/729/pdf.

Lestari, I. F. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa pada Konsep Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 215–221. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/831.

Mardhiyatirrahmah, Liny, Muchlas, and M. (2020). Dampak Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 78–88. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5299.

Margot, K. C., & Kettler, T. (2019). Teachers’ Perception of STEM Integration and Education : A Systematic Literature Review. International Journal of STEM Education, 2(6), 1–16. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0151-2.

Melati, L. T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis STEM terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 59–65. https://journals.unigal.ac.id/index.php/bioed/article/view/2197.

Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi STEM dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 1495–1503. https://mail.prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/219.

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 453–460. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/325/351.

Nusyirwan, D., Prayetno, E., Nugraha, S., Nugraha, H. A., Maritim, U., Ali, R., & Umrah, H. (2020). Pelatihan Tech for Kids Memperkenalkan STEM untuk Mengembangkan Kemampuan Kepemimpinan Siswa. Jurnal Surya Masyarakat, 3(1), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jsm.3.1.2020.32-41.

Pablo, D., & Navas-parejo, M. R. (2020). Scientific Performance and Mapping of the Term STEM in Education on The Web of Science. Sustainability, 12(6), 1–20. https://doi.org/10.3390/su12062279.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3, 23–34.

Radloff, J., & Guzey, S. (2016). Investigating Preservice STEM Teacher Conceptions of STEM Education Education Investigating Preservice STEM Teacher Conceptions of STEM. Journal of Science Education and Technology, 25(5), 759–774. https://doi.org/10.1007/s10956-016-9633-5.

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 471–478. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/68.

Rukiati, E., & Susanti, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Annuriyah Jember. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.131.

Rusydiyah, E. F., Indarwati, D., Jazil, S., Susilawati, S., & Gusniwati, G. (2021). STEM Learning Environment: Perceptions and Implementation Skills in Prospective Science Teacher. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 138–148. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.28303.

Ryu, M. (2018). Preservice Teachers ’ Experiences of STEM Integration : Challenges and Implications for Integrated STEM Teacher Preparation. International Journal of Technology and Design Education. https://doi.org/10.1007/s10798-018-9440-9.

Sanders, M. (2009). Integrative STEM Education: Primer. The Technology Teacher, 68(4), 20–26.

Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/797.

Sukmagati, O. P., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 18–26. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/38277.

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, II(2), 191–199. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798.

Sukmana, R. W. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189–197. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/798.

Torlakson, T. (2014). Innovate A Blueprint for STEM Education-Science (CA Dept of Education). Californians Dedicated to Education Foundation, 1–49.

Toto, T., Yulisma, L., & Amam, A. (2021). Improving Teachers’ Understanding And Readiness in Implementing STEM Through Science Learning Simulation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 303–310. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.27509.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Wang, H., Moore, T. J., & Roehrig, G. H. (2011). STEM Integration : Teacher Perceptions and Practice STEM Integration : Teacher Perceptions and Practice. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-PEER), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.5703/1288284314636.

Zubaidah, S. (2019). Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 1–18.

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Haerani, R. P. R., & Erna, S. (2022). Pelatihan Penyusunan RPP berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di Masa Pandemi Covid-19. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.42560