Pelatihan Optimalisasi Media Pembelajaran Daring untuk Menunjang Synchronous dan Asynchronous Learning System
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.43367Keywords:
COVID-19, zoom, e-campuz, Pendidikan Agama Kristen, TeologiAbstract
Institusi pendidikan tinggi serta segenap komponen di dalamnya sebagai penyelenggara pendidikan dituntut untuk adaptif dan inovatif untuk mengatasi tantangan di tengah pandemi Covid-19. Sekolah Tinggi Theologia Nazarene Indonesia (STTNI) berupaya supaya untuk terus membuat proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan optimal. Selain perlunya optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran pendukung, keseimbangan model pembelajaran synchronous (serempak) dan asynchronous (tidak serempak) sangat diperlukan. Survei yang telah dilakukan terhadap para dosen di lembaga ini menunjukkan kebutuhan akan peningkatan kompetensi dosen dalam menyelenggarakan perkuliahan daring di era disrupsi ini. Tujuan pelatihan ini adalah memperdalam pemahaman para peserta tentang sistem pembelajaran daring dan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran synchronous maupun asynchronous dengan media pembelajaran daring (e-campuz dan zoom). Pelatihan ini telah meningkatkan kemampuan dan keterampilan dosen dalam penggunaan media pembelajaran daring dan aplikasi pengelolaan kelas. Peserta merasa mampu dan lebih siap dalam menyelenggarakan pembelajaran daring dan mengelola kelas dengan lebih baik.
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/7659.
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 484–501. https://www.snastep.com/proceeding/index.php/snastep/article/view/63.
Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K., Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. (2015). Special Aspects of Distance Learning in Educational System. The Anthropologist, 22(3), 449–454. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891900.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://www.edunesia.org/index.php/edu/article/view/112.
Bell, S., Douce, C., Caeiro, S., Teixeira, A., Martín-Aranda, R., & Otto, D. (2017). Sustainability and Distance Learning: A Diverse European Experience? Open Learning: The Journal of Open, Distance and e-Learning, 32(2), 95–102. https://doi.org/10.1080/02680513.2017.1319638.
Cullum., J. (2022). Amid Covid Surge, Alexandria City Public Schools Presents Plan to Switch to Virtual Instruction on School-by-School Basis. ALXnow. https://www.alxnow.com/2022/01/07/amid-covid-surge-alexandria-city-public-schools-presents-plan-to-switch-to-virtual-instruction-on-school-by-school-basis/.
Fathurahman, N. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 615–627. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9990/6498.
Firman, Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.
Guo, S. (2020). Synchronous Versus Asynchronous Online Teaching of Physics During The COVID-19 Pandemic. Physics Education, 55(6), 065007. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1361-6552/aba1c5/meta.
Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., &, & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1. https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/1070.
Hakim, M. F., Al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 337358. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/article/view/19677.
Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan PJJ di Masa Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 98. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/4683.
Hidayah, I. N. (2020). Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring pada MTs di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020. IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9950.
Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. LP2M. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30625.
Jatmiko, B., Tari, E., & Wijaya, H. (2021). Covid-19 dan Pendidikan Tinggi Teologi Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Transformasional. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 3(2), 73–84. https://journaltiranus.ac.id/index.php/pengarah/article/view/64.
Kaffenberger, M. (2021). Modelling The Long-Run Learning Impact of The Covid-19 Learning Shock: Actions to (More Than) Mitigate Loss. International Journal of Educational Development, 81, 102326. https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0738059320304855.
Karp, P., & McGowan, M. (2020). Clear as Mud: Schools ask for Online Learning Help as Coronavirus Policy Confusion Persists Australia News. The Guardian.
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between M-Learning (Mobile Learning) and E-Learning, Basic Terminology and Usage of M-Learning in Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences.
Kuo, Y. C., Walker, A. E., Schroder, K. E. E., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet Self-Efficacy, and Self-Regulated Learning as Predictors of Student Satisfaction in Online Education Courses. Internet and Higher Education, 20, 35–50. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.10.001.
Kurniawan, D. (2020). Pembelajaran Bahasa Jerman di Kala Pandemi Covid-19: Fleksibilitas dan Aksesibilitas. Selasar 4 Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 4.
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504.
Latip., A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/1956.
Lestariyanti, E. (2020). Mini-Review Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Keuntungan dan Tantangan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.4989.
Mahsun, M., Ibad, T. N., & Nurissurur, A. (2021). Model Belajar Synchronous dan Ansynchronous dalam Menghadapi Learning Loss. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 123–139. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.1274.
Maphosa, C., & Bhebhe, S. (2019). Digital Literacy: A Must for Open Distance and E-Learning (ODEL) Students. European Journal of Education Studies, 5(10). https://doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2274.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jit/article/view/4067.
Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Unimed Medan, 1–11. https://www.researchgate.net/profile/Diana-Novita/publication/341830562_plus_minus_aplikasi_pembelajaran_daring/links/5ed6802b299bf1c67d33d883/plus-minus-aplikasi-pembelajaran-daring.pdf.
Nugroho, D., Pasquin, C., Reuge, N., & Amaro, D. (2020). COVID-19: How are Countries Preparing to Mitigate the Learning Loss as Schools Reopen?: Trends and Emerging Good Practices to Support the Most Vulnerable Children. United Nations.
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1).
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS).
Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika Learning Loss: Guru dan orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 147–153. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1847.
Ri, B. K. D., Lt, G. N. I., & Subroto, J. J. G. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61. https://berkas.dpr.go.id/sipinter/files/sipinter-630-989-20200707165734.pdf.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 pada Materi Ekosistem untuk Siswa SMA. Biodik, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590.
Sadikin, Ali. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.
Santosa, A. B. (2020). Potret Pedidikan di Tahun Pandemi: Dampak COVID-19 terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries DMRU-079-ID, 1–5. https://www.csis.or.id/publications/potret-pendidikan-di-tahun-pandemi-dampak-covid-19-terhadap-disparitas-pendidikan-di-indonesia/.
Setiadi, I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938.
Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. http://repository.uki.ac.id/2595/.
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What Drives A Successful E-Learning? An Empirical Investigation of The Critical Factors Influencing Learner Satisfaction. Computers & Education, 50(4), 1183–1202. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.11.007.
Sun, S. Y. (2014). Learner Perspectives on Fully Online Language Learning. Distance Education, 35(1), 18–42. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428.
Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452.
Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind Wandering and Education: from The Classroom to Online Learning. Frontiers in Psychology, 4, 495. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495.
Turner, K. L., Hughes, M., & Presland, K. (2020). Learning Loss, a Potential Challenge for Transition to Undergraduate Study Following COVID19 School Disruption. Journal of Chemical Education, 97(9), 3346–3352. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00705.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 International Journal of Community Service Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.