Pelatihan Peningkatkan Keterampilan Literasi Melalui Balinese Folklore Berbantuan Media Call
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.46059Keywords:
Balinese Folklore, Literasi, Media CallAbstract
Literasi merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki saat ini. Oleh sebab itulah pembelajaran harus membiasakan siswa mengembangkan kemampuan literasinya. Namun kenyataannya, pembelajaran saat ini masih konvensional yang memberikan pengaruh terhadap rendahnya literasi. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman, serta meningkatkan keterampilan guru dalam peningkatkan keterampilan literasi berbasis character values melalui balinese folklore berbantuan media call. Metode kegiatan yang dilakukan adalah penyampaian materi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil kegiatan adalah sebagi berikut. Terjadi peningkatan pengetahuan khalayak sasaran (mean score) antara sebelum dan sesudah diberikan pengetahuan sebesar 31,9 (57,4%). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan telah berhasil meningkatkan pengetahuan khalayak sasaran tentang pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan guru tentang pembelajaran balinese folklore berbantuan media call. Pelatihan ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap kemampuan literasi siswa.
References
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.
Amin, R. (2016). Computer Assisted Language Learning (CALL): Konsep Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Komputer. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 10(2), 281–298. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v10i2.123.
Ardiana, D. P. Y., & Pandawana, I. D. G. A. (2017). Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(3), 208. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p07.
Asmawati, L. Suparno. Soleh Hidayat. (2020). ( Early Childhood Teacher Literacy Improvement through Storytelling Training ). Jpp Paud Fkip Untirta, 7(November), 133–144. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v7i2.8602.
Desyandri. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001.
Fitrianita, E., Widyasari, F., & Pratiwi, W. I. (2018). Membangun Etos dan Kearifan Lokal melalui Foklor: Studi Kasus Foklor di Tembalang Semarang. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 2(1), 71. https://doi.org/10.14710/endogami.2.1.71-79.
Hadinata, R. (2015). Analisis Metode Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Cv X. Agora, 3(2), 475–478.
Hayatin, N. (2019). Peningkatan Literasi untuk Guru dan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ensiklopedia Anak. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 47. https://doi.org/10.22219/jpa.v2i1.8316.
Januarti, I., Mulyana, A., & Yazid, M. (2018). Pendampingan Pembentukan Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 710–718. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpsriwijaya/article/download/7544/3810.
Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 0(0), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba.
Leiliyanti, E., Irawan, I. N., & Syahputra, Z. (2021). Pelatihan Membaca Kritis / Literasi Kritis Teks Naratif Bagi. (Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(1), 81–95. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3293.
Mawardi, M., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Sikap bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 974–982. https://doi.org/10.30653/002.202054.466.
Muliana, I. N. (2021). Mengatasi Kesulitan dalam Berbahasa Inggris. Linguistic Community Service Journal, 1(2), 56–63. https://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2659.
Poerwanti, J. I. S., & Winarni, R. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Merancang Instrumen Assessment for Learning Berbasis Portofolio pada Guru-Guru Sekolah. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 44. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28423.
Purwanto, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Sasaran dalam Penyusunan RPP yang Baik dan Benar Sesuai Kurikulum 2013 (Kurtilas) Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di SMP Negeri 9 Mataram Melalui Pendampingan Berbasis MGMP. JISIP, 3(1).
Putri, N. R., & Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Takaful Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Managemen Bisnis, 7(1), 48–55. https://doi.org/10.30871/jaemb.v7i1.1083.
Putri Utami, I. W., & Muzakki, A. (2020). Analisis Pendampingan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Era New Normal. Wahana, 72(2), 126–130. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2851.
Rukayah, Poerwanti, J. I., & Syawaludin, A. (2021). Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Menulis Kreatif bagi Guru-Guru SD di Kota Surakarta. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 33–37. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2656.
Santosa, P. P. P. (2017). Kemampuan Membaca Teks Persuasif Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Depok (The Ability to Read Text United Kingdom Language Grade Persuasive X SMK Negeri 2). Deiksis, 09(02), 170–181. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/1172.
Sudibyo, E., Nurita, T., Qosyim, A., & Sabtiawan, W. B. (2020). Pendampingan Pengembangan Instrumen Penilaian Berstandar Nasional bagi Guru IPA SMP Kabupaten Kediri. Abdi Masyarakat, 5(2), 127–133. https://journal.unesa.ac.id/index.php/abdi/article/download/6377/3459.
Susanti, L. M. A. (2019). Membangun Keterampilan Literasi Berbasis Character Values Melalui Balinese Folklore Berbantuan Media Call sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD N 1 & 2 Paket Agung. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 7(1), 67–77. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPBI/article/view/31967.
Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70.
Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., & Tesaniloka P, M. (2019). Pemberdayaan Guru dalam Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816.
Utami, N. R., Novitasari, K., Handoko, H., Anggita, S., & Widyastuti, T. M. (2019). Pelatihan Pengembangan Strategi Pembelajaran Literasi Awal pada Guru Taman Kanak-Kanak (Training Development of Early Literacy Learning Strategy for Kindergarten Teachers). Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.224.
Wardana, L. K., & Wulaningrum, P. D. (2020). Pendampingan Pencatatan Keuangan Terkomputerisasi Koperasi Simpan Pinjam Ibu PKK RT 06 / Dusun Sengon Karang RT 06 Argomulyo Sedayu Bantul. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 154–161. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5334.
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SMA Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91–99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/24762.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 International Journal of Community Service Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.