Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Patung Casting di Desa Batubulan Kabupaten Gianyar

Authors

  • Ida Ayu Dinda Priyanka Maharani Universitas Warmadewa
  • Dewi Soraya Universitas Warmadewa
  • I Gst. B. Ngr P. Putra Universitas Warmadewa

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.50046

Keywords:

pengrajin patung casting, sosialisasi strategi pemasaran, sosialisasi penggunaan website

Abstract

Desa Batubulan dikenal sebagai salah satu sentra kerajinan patung, sehingga tidak salah jika kerajinan patung di Desa Batubulan sudah berkembang sejak turun temurun. Hal tersebut dikarenakan lokasi Desa Batubulan yang merupakan jalur pariwisata sehingga banyak wisatawan yang ingin membeli atau memesan patung. Akan tetapi, akibat pandemi covid-19 pengrajin patung di Desa Batubulan mengalami pemrosotan penghasilan dikarenkan belum memiliki pengetahuan terhadap penentuan strategi untuk meningkatkan usahanya, cara memasarkan produk secara online dan pencatatan transaksi keuangan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan soisalisasi. Sosialisasi dilaksanakan kepada Bapak Kadek Suarsana selaku pengarajin patung casting yang menjadi mitra pada pengabdian kepada masyarakatyang dilaksanakan pada tanggal 2 Juni dan 4 Juni 2022 di Desa Batubulan, Kabupaten Gianyar. Metode yang digunakan adalah penyuluhan interaktif dengan memberikan sosialisasi strategi pemasaran, sosialisasi penggunaan website, sosialisasi proses pencatatan keuangan dan pengadaan saran prasarana. Pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa setelah adanya kegiatan soisalisasi mitra mampu merancang strategi serta metode pemasaran untuk lebih meningkatkan penjualan, mitra mampu menggunakan website untuk memasarkan produk yang dimilikinya, pencatatan keuangan mitra menjadi lebih terstruktur, serta penyediaan sarana prasaran untuk menunjang proses produksi produk mitra. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengatasi segala permasalahan yang dialami mitra.

Author Biographies

Ida Ayu Dinda Priyanka Maharani, Universitas Warmadewa

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Dewi Soraya, Universitas Warmadewa

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

I Gst. B. Ngr P. Putra, Universitas Warmadewa

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

References

Abed, M. Y., Maulidah, F., Madina, N. I., Fitriyah, R. H., Fikri, A., Syafitri, N. A., & Budiwitjaksono, G. S. (2022). Pelatihan Kewirausahan Berbasis Digital Marketing Pada Umkm Di Kecamatan Lakarsantri: Praktik Kuliah Kerja Nyata. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 325–331. https://doi.org/10.51574/patikala.v1i4.461.

Alcácer, V., & Cruz-Machado, V. (2019). Scanning the industry 4.0: A literature review on technologies for manufacturing systems. Engineering Science and Technology, an International Journal, 22(3), 899–919. https://doi.org/10.1016/j.jestch.2019.01.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jestch.2019.01.006

Antasari, D. W. (2019). Strategi pemasaran dan pengembangan bisnis online (Studi kasus Kediri). Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 151–158. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Revitalisasi/article/view/390.

Arissusila, I. W., Nilawati, I. G. A., & Sumardiana, I. P. I. G. P. (2020). Dinamika Kerajinan Patung Kayu dalam Mendukung Pariwisata Budaya Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 20(2), 154–165. https://doi.org/10.32795/ds.v20i2.1039. DOI: https://doi.org/10.32795/ds.v20i2.1039

Arumsari, I. P., & Yosintha, R. (2021). The Impact of COVID-19 on Souvenir Industry in Marine Tourism Areas in Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 15(1), 16–24. https://doi.org/10.47608/jki.v15i12021.16-24. DOI: https://doi.org/10.47608/jki.v15i12021.16-24

Beu, N. S., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1530–1538. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35821.

Dewi, A. P. (2016). Komodifikasi Tari Barong di Pulau Bali (Seni Berdasarkan Karakter Pariwisata). Panggung, 26(3). https://doi.org/10.26742/panggung.v26i3.187. DOI: https://doi.org/10.26742/panggung.v26i3.187

Dewi, N. P. E. M. (2022). Strategi pemasaran muntigs bar and restaurant nusa lembongan dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19: Your muntigs bar marketing strategy nusa lembongan restaurant in increase sales in covid-19 pandemic time. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(8), 2231–2245. https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.152. DOI: https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.152

Ernawati, E., & Rifa’i, M. N. (2018). Strategi Pemasaran Produk PRULink Syariah Assurance Account Pada PT. Prudental Life Assurance Cabang Kota Malang. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.5834. DOI: https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.5834

Gani, N., Kamaruddin, K., & Mutmainna, I. (2020). Startegi Pemasaran Dalam Meningkatkan Market Share Pada Produk di BRI Syariah KCP Pinrang. Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 1(1). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/IBEF/article/view/16842/10582.

Harianto, S., Nursanti, E., & Laksmana, D. I. (2020). Aplikasi Metode Six Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Dan Penjualan Kerajinan Cor Kuningan Tradisional Majapahit MojokertoYang Ramah Lingkungan. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 6(1), 21–26. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/download/2626/2121. DOI: https://doi.org/10.36040/jtmi.v6i1.2626

Ismagilova, G., Safiullin, L., & Gafurov, I. (2015). Using historical heritage as a factor in tourism development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 188, 157–162. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.355. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.355

Japutra, A., & Situmorang, R. (2021). The repercussions and challenges of COVID-19 in the hotel industry: Potential strategies from a case study of Indonesia. International Journal of Hospitality Management, 95, 102890. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102890. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102890

Jenkins, L. D., & Romanos, M. (2014). The art of tourism-driven development: economic and artistic well-being of artists in three Balinese communities. Journal of Tourism and Cultural Change, 12(4), 293–306. https://doi.org/10.1080/14766825.2014.934377. DOI: https://doi.org/10.1080/14766825.2014.934377

Leonidou, C. N., Katsikeas, C. S., & Morgan, N. A. (2013). “Greening” the marketing mix: Do firms do it and does it pay off? Journal of the Academy of Marketing Science, 41(2), 151–170. https://doi.org/10.1007/s11747-012-0317-2. DOI: https://doi.org/10.1007/s11747-012-0317-2

Lumingkewas, V. A. (2013). Pengakuan Pendapatan dan Beban Atas Laporan Keuangan Pada PT. Bank Sulut. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1647.

Maharani, I. A. D. P., Soraya, D., Putra, I. G. B. N. P., & Setiawan, P. A. (2021). Pengembangan Usaha pada Kelompok Pengrajin Ukiran Batok Kelapa di Desa Tampaksiring Kabupaten Gianyar. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 113–120. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34495. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34495

Nurngaeni, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus pada Home Industry Subama Batik Kroya-Cilacap). AmaNU: Jurnal Manajemen Dan Ekonom, 4(2), 192–202. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/amn/article/view/167%0A.

Poluan, F. M., Mandey, S., & Ogi, I. W. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24043.

Reza, F., Santoso, B., & Dewi, E. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 301–307. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891. DOI: https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891

Riswan, R., & Kesuma, Y. F. (2014). Analisis laporan keuangan sebagai dasar dalam penilaian kinerja keuangan PT. Budi Satria Wahana Motor. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1). https://doi.org/10.36448/jak.v5i1.449. DOI: https://doi.org/10.36448/jak.v5i1.449

Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380. DOI: https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Roth, A., & Zawadzki, T. (2018). Instagram as a tool for promoting superfood products. Annals of Marketing Management and Economics, 4(1), 101–113. https://www.researchgate.net/profile/Tomasz-Zawadzki-4/publication/328018945_Instagram_as_a_tool_for_promoting_superfood_products/links/5bb321c792851ca9ed33ddcb/Instagram-as-a-tool-for-promoting-superfood-products.pdf. DOI: https://doi.org/10.22630/AMME.2018.4.1.8

Septanto, H. (2016). Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis TIK ala Gojek dan Grabbike. Bina Insani ICT Journal, 3(1), 213–219. http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/818.

Sinaga, J., Anggraeni, E., & Slamet, A. S. (2021). The effect of supply chain management practices and information and communication technology on competitive advantage and firm performance (Case study: Smes of processed food in Jakarta). Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 7(1), 91–91. https://doi.org/10.17358/ijbe.7.1.91. DOI: https://doi.org/10.17358/ijbe.7.1.91

Suardana, I. W., Karuni, N. K., & Buda, I. K. (2015). Terpuruknya seni kerajinan di kabupaten Gianyar Bali pada pasar global. Segara Widya: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3. https://doi.org/10.31091/sw.v3i0.216.

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., & Yuwanti, S. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu (Studi Kasus di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso). Jurnal Agroteknologi, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.19184/j-agt.v12i02.9276. DOI: https://doi.org/10.19184/j-agt.v12i02.9276

Syukriah, A., & Hamdani, I. (2013). Peningkatan eksistensi UMKM melalui Comparative Advantage dalam rangka menghadapi MEA 2015 di Temanggung. Economics Development Analysis Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/edaj.v2i2.1395.

Ulus, A. A. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada PT. Astra Internasional Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2872.

Welasari, W., Yogia, M. A., & Wijaya, M. (2022). Strategi Kewirausahaan Usaha Micro Kecil dan Menengah di Kecamatan Kampar Dimasa Pandemi Covid 19. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.33292/mayadani.v3i1.78.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Priyanka Maharani, I. A. D., Soraya, D., & P. Putra, I. G. B. N. (2022). Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Patung Casting di Desa Batubulan Kabupaten Gianyar. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 299–307. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.50046

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)