PKM Pemberdayaan Usaha Kelompok Pengrajin Pahat Batu Alam Desa Ketewel-Sukawati, Gianyar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.50096Keywords:
ukiran batu, sosialisasi pencatatan keuangan, pemasaran melalui website dan media sosialAbstract
Seni ukiran batu sebenarnya adalah tanda utama dari Desa Ketewel sejak waktu yang sangat lama. Sampai saat ini sebenarnya sebagian besar ukiran batu alam yang dihasilkan umumnya digunakan untuk tatanan kehidupan masyarakat Hindu Bali seperti tugu atau candi atau istilah Balinya Pelinggih, dan Gapura atau istilah Balinya angkul-angkul. Ketersediaan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang mumpuni menjadi dasar maraknya pengrajin ukiran kerajinan pahatan batu alam di Desa Ketewel. Akan tetapi, keterbatasan keterampilan dalam pencatatan transaksi keuangan, distribusi produk dilakukan secara konvensional dan keterbatasan modal yang menyebabkan mitra mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dan bahan penolong. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melaksanakan pelatihan pencatatan transaksi keuangan dan penyediaan sistem pencatatan keuangan digital, penyediaan website sebagai bentuk pelatihan strategi pemasaran dan strategi promosi online serta penyediaan sarana dan prasarana penunjang produksi. Kegiatan ini berlokasi di Desa Sukawati-Ketewel Gianyar, masyarakat sasaran yang menjadi mitra pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kelompok pengrajin pahat batu alam. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa peningkatan keterampilan mitra dalam menentukan aliran kas masuk dan keluar dengan tepat. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengatasi segala permasalahan pemberdayaan usaha pengrajin pahat batu alam yang ada di Desa Sukawati-Ketewel, Kabupaten Gianyar.
References
Akhmad, I., Kusumah, A., Hinggo, H. T., Zaki, H., Ramadhan, R. R., Sulistyandari, S., & Hardilawati, W. L. (2022). Strategi Keberlanjutan Usaha Coffee Shop OFFTRACK Pekanbaru. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.3796. DOI: https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.3796
Andriani, L., Atmadja, A. T., SE, A., & Sinarwati, N. K. (2014). Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis Sak Etap Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm)(Sebuah Studi Interpretatif Pada Peggy Salon). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.2254.
Avriyanti, S. (2021). Strategi bertahan bisnis di tengah pandemi covid-19 dengan memanfaatkan bisnis digital (studi pada ukm yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60–74. https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380. DOI: https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342. DOI: https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Baihaqi, B., AS, A. P., Suwardi, A. B., & Latief, A. (2020). Peningkatan Kemandirian Ekonomi Pokdakan Tanah Berongga Melalui Budidaya Lele Bioflok Autotrof di Kabupaten Aceh Tamiang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1138–1149. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.2981. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2103
Cahyani, E. N., & Fitriyani, E. (2021). Analisis Instagram Sebagai Social Media Marketing Di Industri Perhotelan. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), 29–46. https://doi.org/10.47492/jih.v10i1.642. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v10i1.642
Craig, J. B., Dibrell, C., & Davis, P. S. (2008). Leveraging family‐based brand identity to enhance firm competitiveness and performance in family businesses. Journal of Small Business Management, 46(3), 351–371. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1540-627X.2008.00248.x
El Hasanah, L. L. N. (2015). Pengembangan wirausaha muda ekonomi kreatif berbasis budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268–280. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36812. DOI: https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36812
Febriyanto, D. P., Soegiono, L., & Kristanto, A. B. (2019). Pemanfaatan Informasi Keuangan dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(2). https://doi.org/10.23887/jiah.v9i2.21010. DOI: https://doi.org/10.36407/akurasi.v2i1.159
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175. DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Frias‐Aceituno, J. V., Rodríguez‐Ariza, L., & Garcia‐Sánchez, I. M. (2014). Explanatory factors of integrated sustainability and financial reporting. Business Strategy and the Environment, 23(1), 56–72. https://doi.org/10.1002/bse.1765. DOI: https://doi.org/10.1002/bse.1765
Ghaida, G., Cahyana, A., & Yana, D. (2021). Pola Pewarisan Teknik Pahat Batu Andesit Pada Kerajinan Batu Alam Padalarang. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.26742/atrat.v9i2.1717.
Holinesti, R., Kasmita, K., Insan, R. R., Gusnita, W., & Zulfikar, D. (2020). Pelatihan Pengolahan Ikan Air Tawar Sebagai Potensi Lokal Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 32–40. https://doi.org/10.25077/logista.4.2.32-40.2020. DOI: https://doi.org/10.25077/logista.5.2.373-382.2021
Mardhia, D., Firdaus, R., Saputra, A., Asriyanti, F., & Pratama, D. A. (2019). Pemanfaatan Achantus ilicifolius sebagai Produk Olahan Teh dalam Rangka Melestarikan Mangrove di Desa Labuhan Sumbawa. Jurnal Abdi Insani, 6(3), 348–358. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.262. DOI: https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.262
Marheni, M., Ulyah, H., & Rizki, R. (2022). Pelatihan SIAPIK Berbasis Android untuk Mengoptimalisasi Pengelolaan Keuangan UMKM Syariah di Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3). https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.5867. DOI: https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.5867
Nopi, N., Sulaiman, A., & Sujadmi, S. (2021). Optimalisasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Gunung. Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 23–29. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.45. DOI: https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.45
Nusantari, E., Abdul, A., & Harmain, R. M. (2017). Ikan bandeng tanpa duri (Chanos chanos) sebagai peluang bisnis masyarakat desa Mootinelo, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 78–87. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.1.78-87. DOI: https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.1.78-87
Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186. DOI: https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186
Purwasih, J. H. G., Sari, K. A., Madhanni, L. R., A., Kharisma, A. M., Arsyantie, R., Sanah, B. F., & Ningsih, M. K. (2021). Pemberdayaan Melalui Pelatihan Pemasaran Produk Umkm Omah Jenang Blitar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 4(2), 64–72. https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/1213/650.
Rahmadanti, A. R., Aditasari, K., & Wibawa, B. M. (2021). Efektivitas Strategi Iklan dengan Menggunakan Instagram Ads untuk Meningkatkan Penjualan dan Branding Produk: Studi Kasus Privet. id. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i1.60335. DOI: https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i1.60335
Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 214–224. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.26. DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.26
Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. KOMVERSAL: Jurnal Komunikasi Universal, 2(1), 28–50. http://jurnal.plb.ac.id/index.php/komversal/article/view/496%0A.
Setiawan, A. (2018). Karakteristik Relief Batu Karya Bengkel Art Stone Kalasan Yogyakarta. Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 7(3), 240–253. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ecraft/article/download/10927/10461.
Sinaga, R. E., Simbolon, J. B., & Sitepu, J. (2022). Sosialisasi Strategi Pemasaran Pancake Stroberi Di Kabupaten Karo. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.53513/abdi.v2i2.5730. DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v2i2.5730
Sirojudin, G. A., & Nazaruddin, I. (2014). Pengaruh modal intelektual dan pengungkapannya terhadap nilai dan kinerja perusahaan. Journal of Accounting and Investment, 15(2), 77–89. https://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/1328/pdf_16. DOI: https://doi.org/10.18196/jai.2015.0035.96-109
Sopandi, E. (2017). Strategy Of Business Development Bamboo Craft (A Study In Pasirjambu Village Pasirjambu District Bandung Regency). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i1.12876. DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i1.12876
Subekan, S., Azasi, K., & Purnomo, M. W. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mandiri Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Batu Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Industri Kerajinan Batu PT. Bejo Panuntun Group Desa Kebonagung Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk). Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 8(2), 129–138. https://doi.org/10.53429/jdes.v8i2.233. DOI: https://doi.org/10.53429/jdes.v8i2.233
Sumantika, A., & Ardiyanto, F. (2017). Analisis Faktor-faktor Bauran Pemasaran (7p) yang Mempengaruhi Keputusan Pelaku Usaha UMKM dalam Pemilihan Pengajuan Kredit pada Bank di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 7(2), 1–12. DOI: https://doi.org/10.26460/jm.v7i2.277
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk dan potensi Indonesia dalam upaya mendukung ASEAN community 2015.(Studi Social media marketing pada twitter kemenparekraf ri dan facebook disparbud provinsi jawa barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. DOI: https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol8.iss2.art2
Urva, G., Pratiwi, M., & Syarief, A. O. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301. DOI: https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 International Journal of Community Service Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.