Pemberdayaan Usaha Pembuatan Pelinggih Dari Bias Melela Pada Usaha “Andika Dewata” Desa Penatih, Denpasar

Authors

  • Putu Budi Anggiriawan Warmadewa University
  • I Gede Surya Pratama Universitas Warmadewa
  • I Ketut Selamet Universitas Warmadewa

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.50514

Keywords:

bias melela, pencatatan keuangan, marketing mix

Abstract

Seiring dengan pesatnya pembangunan hunian di Bali, permintaan pelinggih untuk rumah juga meningkat. Usaha produksi Pelinggih sudah ada sejak dahulu hingga sampai saat ini masih tetap eksis, ini karena makin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap bangunan tempat suci yaitu pelinggih. Akan tetapi, pemberdayaan usaha yang dilakukan masih lemah sehingga masih mengalami beberapa permasalahan seperti keterbatasan dalam menghitung harga pokok dan kesulitan dalam menentukan keuntungan atas penjualan; minimnya cakupan pangsa pasar karena pemasaran produk yang dilaksanakan masih konvesional; terbatasnya modal yang menyebabkan kesulitan dalam hal sarana produksi.  Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memberikan Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan serta Penyediaan Sistem Pencatatan Keuangan Ter-digitalisasi, Sosialisasi strategi pemasaran, Penyediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Produksi. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah Bapak Komang Ariawan selaku pemilik usaha “Andika Dewata” yang berkecimpung dalam usaha pembuatan pelinggih dari biasa melela. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah Mitra sangat antusias dalam memperhatikan dan mempraktekkan aplikasi (Manual Book), penyerahan sarana dan prasarana kepada mitra yang digunakan dalam proses produksi pelinggih dari bias melela. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dialami mitra.

References

Agustian, E., Mutiara, I., & Rozi, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(2), 257–262. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i2.192. DOI: https://doi.org/10.33087/jmas.v5i2.192

Amanah, D. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kinerja usaha kecil dan menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(81). https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i81.3406.

Astini, K. Y. W. (2020). Pentingnya Berelasi Dengan Bhatara Hyang Guru Melalui Sanggah Kemulan Dalam Mencapai Kelepasan. Vidya Darsan: Jurnal Mahasiswa Filsafat Hindu, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.55115/vidyadarsan.v2i1.887.

Berkut, V. P., Bondareva, Y. V., Kostyukova, T. A., Maikova, V. P., Molchan, E. M., & Pesotsky, V. A. (2018). The problem of society consolidation in the era of globalization: methodological and axiological aspects. Modern Journal of Language Teaching Methods, 8(5), 223–237. DOI: https://doi.org/10.15293/2226-3365.1801.09

Diniaty, D., & Agusrinal, A. (2014). Perancangan strategi pemasaran pada produk anyaman pandan. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 11(2), 175–184. https://doi.org/10.24014/sitekin.v11i2.745.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Hardiman, H., & Ardianto, A. (2016). Kabhanti Wuna Media Komunikasi Tradisional dan Tantangannya di Era Globalisasi. Potret Pemikiran, 20(2). https://doi.org/10.30984/pp.v20i2.751. DOI: https://doi.org/10.30984/pp.v20i2.751

Herawati, H. (2019). Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Islam, D. (2018). Tinjauan penerapan konsep green marketing dalam pelestarian lingkungan. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 11(1), 10–18. https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4436.

Julianto, I. N. L., Jodog, M., & Santoso, I. (26 C.E.). Nilai interaksi simbol tradisi dalam wujud pelinggih pada ruang publik. Panggung, 1. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i1.159. DOI: https://doi.org/10.26742/panggung.v26i1.159

Kharisma, P. G. Y., & Muni, P. K. S. (2017). Local-wisdom-based spa tourism in Ubud village of Bali, Indonesia. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 68(8), 188–196. https://doi.org/10.18551/rjoas.2017-08.22. DOI: https://doi.org/10.18551/rjoas.2017-08.22

Labaso, S. (2018). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05. DOI: https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05

Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 63–84. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i1.5.63-84. DOI: https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i1.5.63-84

Lubis, M. S. A. (2018). Dampak Perubahan Sosial Terhadap Pendidikan. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 513–523. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.558. DOI: https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.558

Mendra, I. N., & Watra, I. W. (2019). Implementasi Tri Hita Karana di SMP Negeri 5 Singaraja. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 19(1), 56–64. https://doi.org/10.32795/ds.v10i1.335. DOI: https://doi.org/10.32795/ds.v10i1.335

Ngakan, K. A. D. (2013). Quality of affordable housing projects by public and private developers in Indonesia: The case of Sarbagita Metropolitan Bali. Journal of Geography and Regional Planning, 6(3), 69–81. DOI: https://doi.org/10.5897/JGRP12.050

Pongoh, M. (2013). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources Tbk. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2135.

Pratiwi, A. A., Sondakh, J. J., & Kalangi, L. (2014). Analisis penerapan SAK ETAP pada penyajian laporan keuangan PT. Nichindo Manado Suisan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3). https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5498.

Purwanti, E. (2018). Analisis pengetahuan laporan keuangan pada umkm industri konveksi di Salatiga. Among Makarti, 10(2). https://doi.org/10.52353/ama.v10i2.152. DOI: https://doi.org/10.52353/ama.v10i2.152

Putra, I. G. B. N. P., Jayawarsa, A. A. K., Maharani, I. A. D. P., & Setiyawan, P. A. (2021). Pemberdayaan Usaha Kerajinan Anyaman Bambu Karya Kelompok Usaha Ibu-Ibu “Sari Murni” Desa Landih, Dusun Buayang-Bangli. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 136–144. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34496. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34496

Putra, N. P., Larasdiputra, G. D., Pratama, I. G. S., & Putra, A. P. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Usaha Loloh Cemcem. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 304–313. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29680. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29680

Rai, I. B., Suwendi, I. M., & Mahendra, P. R. A. (2021). Implementasi Tri Hita Karana Dalam Pengelolaan Pendidikan di SMP Dwijendra Denpasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34145.

Rosana, E. (2015). Modernisasi Dalam Perspektif Perubahan Sosial. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 10(1), 67–82. https://doi.org/10.24042/ajsla.v10i1.1423.

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686. DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

Shaputra, R. K. (2013). Penerapan green marketing pada bisnis produk kosmetik. Jurnal Jibeka, 7(3), 47–53. https://www.academia.edu/download/39646375/Rizky-Kharismawan-Shaputra_Green-Marketing-pada-produk-Kosmetik.pdf.

Sihombing, M. I. S., & Sumartini, S. (2017). Pengaruh Pengendalian Kualitas Bahan Baku dan Pengendalian Kualitas Proses Produksi terhadap Kuantitas Produk Cacat dan Dampaknya pada Biaya Kualitas (Cost of Quality). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 42–49. https://doi.org/10.17509/jimb.v8i2.12665. DOI: https://doi.org/10.17509/jimb.v8i2.12665

Sofyan, D. K. (2017). Analisis Persediaan Bahan Baku Buah Kelapa Sawit Pada Pt. Bahari Dwikencana Lestari. Industrial Engineering Journal, 6(1). https://doi.org/10.53912/iejm.v6i1.158.

Sudarwati, Y., & Satya, V. E. (2013). Strategi pengembangan merek usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(1), 89–101. https://doi.org/10.22212/jekp.v4i1.70.

Suryosumunar, J. A. Z., & Narwadha, I. K. (2021). Sanggah Kamulan sebagai Media Pemujaan pada Masyarakat Hindu di Kota Mataram: Sebuah Kajian Filsafat. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, Dan Masyarakat, 4(1), 21–35. https://doi.org/10.53977/sd.v4i1.325. DOI: https://doi.org/10.53977/sd.v4i1.325

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2). https://doi.org/10.24856/mem.v31i2.411.

Yuniarto, P. R. (2016). Masalah globalisasi di Indonesia: Antara kepentingan, kebijakan, dan tantangan. Jurnal Kajian Wilayah, 5(1), 67–95. https://doi.org/10.14203/jkw.v5i1.124.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Putu Budi Anggiriawan, I Gede Surya Pratama, & I Ketut Selamet. (2022). Pemberdayaan Usaha Pembuatan Pelinggih Dari Bias Melela Pada Usaha “Andika Dewata” Desa Penatih, Denpasar. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 336–343. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.50514

Issue

Section

Articles