PKMS Kelompok Santripreneur Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang Provinsi Banten
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.51917Keywords:
Al-Mubarok Islamic Boarding School, Entrepreneur, Entrepreneurship, Pondok Pesantren Al-Mubarok, Santripreneur, KewirausahaanAbstract
Pelatihan Kewirausahaan di pesantren pada prinsipnya membangun jiwa santripreneur agar dapat para santri memiliki kemandirian dan life skill. Banyak santri yang telah lulus dari pondok pesantren, meski secara keilmuan relatif berhasil dan diakui di masyarakat, bahkan cenderung ditokohkan di daerahnya masing-masing. Akan tetapi, masih banyak yang mengalami masalah kekurangan ekonomi. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengupayakan langkah konkrit, khususnya pemberdayaan potensi kewirausahaan santri pada pondok pesantren Al-Mubarok Kota Serang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan bentuk kegiatannya menggunakan metode partisipatif yang terdiri dari 4 bentuk tahapan kegiatan mulai dari tahap persiapan pelaksanaan kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan, tahap pendampingan dan tahap evaluasi kegiatan. kegiatan ini menyasar santri pada Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa terbentuknya kelompok santripreneur yang memiliki skill di bidang IT. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengatasi segala permasalahan kewirausahaan pada kelompok santri di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang.
References
Abbas, M. H. I., Sumarsono, H., Satrio, Y. D., & Priambodo, M. P. (2019). SANTRIPRENEUR: Program Peningkatan Kemampuan Berwirausaha Santri Pondok Pesantren melalu Pelatihan Sablon Digital. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.31604/jpm.v2i2.94-100. DOI: https://doi.org/10.31604/jpm.v2i2.94-100
Abdullah, M. W., Haddade, A. W., & Nouruzzaman, A. (2020). Empowerment Of Santripreneur Through E-Commerce Startup (Study Of Modern Islamic Boarding School Datok Sulaiman, Palopo City). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 217–231. https://doi.org/10.30868/ad.v4i02.938. DOI: https://doi.org/10.30868/ad.v4i02.938
Aji, D., & Rosyad, R. (2020). Religion and Economics: From the Transformation of the Human Capital Index (HCI) to the Economic Sovereignty of Islamic Boarding Schools in Indonesia. Quantitative Economics and Management Studies, 1(4), 249–259. https://doi.org/10.35877/454RI.qems188. DOI: https://doi.org/10.35877/454RI.qems188
Ansori, A. (2016). Model Pengembangan Kewirausahaan Santri Melalui Pondok Pesantren Berbasis Budaya Agribisnis Tanaman Palawija. Didaktik, 8(1), 06–10. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/150/126.
Bastomi, M., & Salim, M. A. (2021). Investment-based santripreneur training in the Islamic capital market. Community Empowerment, 6(6), 1037–1043. https://doi.org/10.31603/ce.4926.
Chaerunisa, A., Rizkia, F. A., & Firdaus, N. (2019). Learn From Pondok Pesantren As The Means For Building Young Muslims Generation’s Identity. International Journal of Education, 4(31), 75–86. http://www.ijepc.com/PDF/IJEPC-2019-31-06-08.pdf. DOI: https://doi.org/10.35631/IJEPC.431008
Fachrurrozie, F., Wahyudin, A., Widiyanto, W., Nurkhin, A., & Feriady, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Santripreneur Melalui Pelatihan Olah Limbah Kayu Menjadi Produk Yang Bernilai Ekonomis. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 7(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6218. DOI: https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6218
Fahmi, R., Saepudin, A., Sulistiono, E., & Ramadani, R. F. (2022). Santripreneur: Education on Empowerment of Students Through Agribusiness Activities. Empowerment, 11(1), 28–34. https://doi.org/10.22460/empowerment.v11i1p28-34.2223. DOI: https://doi.org/10.22460/empowerment.v11i1p28-34.2223
Hariyanto, R. (2017). Menumbuhkan Semangat Wirausaha Menuju Kemandirian Ekonomi Umat Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di PP Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 14(1), 185–212. https://doi.org/10.19105/nuansa.v14i1.1318. DOI: https://doi.org/10.19105/nuansa.v14i1.1318
Hidayat, S., & Sofian, O. (2022). Pelatihan Life SKill Bagi Kelompok Santripreneur Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang Provinsi Banten. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(3), 19–25. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/2171/1587.
Hidayat, Syamsul, Saleh, M., & Rohaeni, N. (2019). Pelatihan Kewirausahaan Menuju Santripreneur Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang. Ikra-Ith Abdimas, 2(3), 19–25. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/571/423. DOI: https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.2171
Hilyatin, D. L. (2016). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Berbasis Madrasah Santripreneur di Pondok Pesantren Darussalam. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 7(2). https://doi.org/10.24235/amwal.v7i2.202.
Irfan, N., & Al Fatih, M. (2020). Kepemimpinan Kiai Dalam Upaya Meningkatkan Jiwa Enterpreneur Santri Di Pondok Pesantren Fathul ‘Ulum Puton Diwek Jombang. MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2), 111–138. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/menaratebuireng/article/view/1377/993.
Jatmiko, A. (2022). Bimbingan Karier Sebagai Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Kewirausahaan Islami Di Pondok Pesantren Enterpreneur Ad Dhuha Pajangan Bantul. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(1), 69–82. https://doi.org/10.35719/sjigc.v2i1.13. DOI: https://doi.org/10.35719/sjigc.v2i1.13
Kahfi, S., & Kasanova, R. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro). Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 26–30. https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i1.2827.
Kennedy, G. E., Judd, T. S., Churchward, A., Gray, K., & Krause, K. L. (2008). First year students’ experiences with technology: Are they really digital natives? Australasian Journal of Educational Technology, 24(1). https://doi.org/10.14742/ajet.1233. DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.1233
Kurniawan, G. I., & Dagustani, D. (2021). Literasi Berpikir Kreatif dan Pengenalan Program Santripreneur di Pesantren Miftahul Jannah. Warta LPM, 24(3), 571–580. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12637. DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12637
Mahmud, M., Sartika, M., & Adinugraha, H. H. (2020). Pendampingan Peningkatan Santripreneur Pada Siswa-Siswi Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Sebagai Bekal Menjadi Wirausaha. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 65–70. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.74. DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.74
Masum, T., & Wajdi, M. B. N. (2018). Pengembangan Kemandirian Pesantren Melalui Program Santripreneur. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.29062/engagement.v2i2.40. DOI: https://doi.org/10.29062/engagement.v2i2.40
Mukhibad, H., Nurkhin, A., Hobar, A., & Sari, P. N. (2021). Peningkatan Literasi Bisnis Digital dan Literasi Keuangan bagi Santripreneur di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Implementasi, 1(1), 41–47. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/13%0A.
Mun’im, A., As’ad, A., Mabruri, L. H., Mun’im Fattah, M., & Mu’amar Al Khotimi, M. (2021). Pemberdayaan Santripreneur melalui Produksi “D’box Crispy “di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. KERIS: Journal of Community Engagement, 1(2), 83–93. https://doi.org/10.55352/keris.v1i2.420. DOI: https://doi.org/10.55352/keris.v1i2.420
Okmira, W., Junaidi, J., Husni, A., & Charles, C. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Santri di Era New Normal di Pondok Pesantren Yati Kamang Mudik Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 243–253. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6571.
Purwanto, E., Hafsari, R., & Wibowo, C. T. (2020). Communication patterns in the development of life skills at the Darul Fallah Islamic Boarding School in Bogor Regency. Nyimak: Journal of Communication, 4(2), 267–278. DOI: https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i2.2875
Senoprabowo, A., Muqoddas, A., & Hasyim, N. (2019). Desain Grafis untuk Meningkatkan Nilai Kaligrafi pada Santri dan Pengurus Pondok Pesantren Al-Hadi Kabupaten Demak. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 211. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21792. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21792
Susanto, D. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Santri Berbasis Teknologi Tepat Guna Di Pondok Pesantren (Perspektif Dakwah). Jurnal Ilmu Dakwah, 37(2), 247–283. https://doi.org/10.21580/jid.v37.2.2707.
Wahid, A. H., & Sa’diyah, H. (2020). Pembangunan Santripreneur Melalui Penguatan Kurikulum Pesantren Berbasis Kearifan Lokal Di Era Disruptif. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 80–99. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.130. DOI: https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.130
Wiranata, R. R. S. (2019). Tantangan, Prospek dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 61–92. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.99. DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.99
Yamani, A. Z., & Faiz, M. N. (2022). Penguatan Santripreneur melalui Pemberdayaan Ekonomi di Lingkungan Pondok Pesantren. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 4(2), 88–94. https://doi.org/10.35970/madani.v4i2.1456.
Zain, D., Heriyanto, H., Sunarsih, S., Novieyana, S., Saputra, H. M., Hermina, U. N., & Nurmala, N. (2021). Implementasi Program Santripreneur dengan Keterampilan Dasar Menjahit pada Pondok Pesantren Mu’tasim Billah Pontianak. Jurnal Abdidas, 2(2), 217–222. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.241. DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.241
Zain, E., Simon, Z. Z., & Zulihar, Z. (2022). Membangun Jiwa Wirausaha Santri Melalui Pelatihan Pembuatan Gantungan Pot Bunga Danworkshop Kewirausahaan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 402–412. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1851 DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1851
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 International Journal of Community Service Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.