Peningkatan Kreativitas Guru SD dalam Pembelajaran untuk Mengeliminir Learning Loss Pasca Covid-19

Authors

  • Agustina Tyas Asri Hardini Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Hanita Yulia Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.52897

Keywords:

Kreativitas, Pembelajaran, Learning loss, Covid-19

Abstract

Permasalahan prioritas yang akan dipecahkan dalam pengabdian ini mencakup dua permasalahan. Pertama, berkaitan dengan kompetensi guru di sekolah mitra adalah bahwa rancangan pembelajaran yang disusun guru belum kreatif. Kedua, dampak dari rancangan pembelajaran yang kurang baik, terutama rancangan pembelajaran pada saat dan pasca pandemi Covid-19 adalah terjadi learning loss peserta didik/siswa di sekolah mitra. Solusi yang diusulkan: pertama, melaksanakan workshop untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan para guru tentang urgensi RPP dalam pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, merancang model pembelajaran yang inovatif, pengembangan video pembelajaran, serta melakukan peerteaching. Kedua, implementasi pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran yang kreatif yang telah disusun oleh guru, agar dapat mengelimir Learning Loss.  Metode Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggunakan model Participatory Action Research (PAR). Kegiatan PkM ini dilaksanakan di Kabupaten Pati, melibatkan 47 orang guru di 8 SD. Langkah kegiatan dilakukan melalui 5 tahapan, yaitu tahap pertama, melakukan workshop penyusunan RPP inovatif, tahap kedua peerteaching, dan tahap ketiga implementasi RPP. Hasilnya menunjukkan bahwa rerata kompetensi guru dalam menyusun RPP yang kreatif mencapai 78, berada pada kategori cukup baik. Implementasi RPP dalam pembelajaran berhasil mengeliminir learning loss.

References

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54–67. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121

Ailillah, S., Junaidi, E., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2021). Pengembangan Buku Saku Bentuk Elektronik Berbasis Mind Mapping pada Materi Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 4(3), 310–315. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2728. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2728

Alsaleh, A. A. (2021). The roles of school principals and head teachers in mitigating potential learning loss in the online setting: calls for change. International Journal of Educational Management, 35(7), 1525–1537. https://doi.org/10.1108/IJEM-03-2021-0095. DOI: https://doi.org/10.1108/IJEM-03-2021-0095

Ardiwinata, E., & Ismuniar, C. (2021). Kemampuan Komunikasi Orangtua Dalam Mitigasi Learning Loss Pada Anak Di Kota Tarakan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 93–97. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5805. DOI: https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5805

Darsih, T. K., Mashuri, K., & Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi Kepada Guru-Guru Di Smk Al-Ikhlas Pangkalan Susu Kab. Langkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–32. http://www.jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/56/66.

Dewi, N. P. C. P., & Windayani, N. L. I. (2022). Pembelajaran Hybrid Learning Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolan Dasar Pada Masa Pandemi. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.55115/bhuwana.v5i1.1962. DOI: https://doi.org/10.55115/bhuwana.v5i1.1962

Doron, S., Ingalls, R. R., Beauchamp, A., Boehm, J. S., Boucher, H. W., Chow, L. H., & Ciaranello, A. (2021). Weekly SARS-CoV-2 screening of asymptomatic kindergarten to grade 12 students and staff helps inform strategies for safer in-person learning. Cell Reports Medicine, 2(11), 100452. https://doi.org/10.1016/j.xcrm.2021.100452. DOI: https://doi.org/10.1016/j.xcrm.2021.100452

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(17), e2022376118. https://doi.org/10.1073/pnas.2022376118. DOI: https://doi.org/10.1073/pnas.2022376118

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642

Haniah, A. R., Aman, A., & Setiawan, R. (2020). Integration of strengthening of character education and higher order thinking skills in history learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 183–190. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15010. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15010

Kaur, M. (2013). Blended learning-its challenges and future. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 612–617. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.248. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.248

Lisnani, L., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., Kurniadi, E., Rawani, D., Gustiningsih, T., & Inderawati, R. (2022). Pendampingan Pembuatan Aktivitas Pembelajaran Berkonteks Budaya Materi Geometri Di Kota Pagaralam. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 143–153. https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11366. DOI: https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11366

Lukas, B. A., & Yunus, M. M. (2021). ESL Teachers’ Challenges in Implementing E-learning during COVID-19. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(2), 330–348. https://pdfs.semanticscholar.org/95cd/9409a66d4845831f66797e9da446b9d6b531.pdf. DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.20.2.18

Mahmudah, F. N. (2021). Self-innovation guru dalam meningkatkan prestasi siswa pada masa pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 119–134. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4075. DOI: https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4075

Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 26–36. https://doi.org/10.58258/jime.v5i2.755. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v5i2.755

Mawardi, M., Wahyudi, W., Kristin, F., & Airlanda, G. S. (2021). Pendampingan Penyusunan RPP Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Guru SD. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 143–153. https://doi.org/10.24246/jms.v2i12021p143-153. DOI: https://doi.org/10.24246/jms.v2i12021p143-153

Nasution, S. W. (2022). Asesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181.

Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A literature review on impact of COVID-19 pandemic on teaching and learning. Higher Education for the Future, 8(1), 133–141. https://doi.org/10.1177/2347631120983481. DOI: https://doi.org/10.1177/2347631120983481

Pratiwi, H., Haida, R. N., & Koenarso, D. A. P. (2022). Implementasi Program Belajar dari Rumah dan Identifikasi Learning Loss selama Pandemi: Studi Kasus pada RA di Daerah Terpencil. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(1), 97–112. https://doi.org/10.18784/smart.v8i1.1508. DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v8i1.1508

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika learning loss: Guru dan orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 147–153. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1847.

Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan model blended learning dalam peningkatan hasil belajar menggambar objek 2 dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145–152. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21784.

Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109–118. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4071. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4071

Ramadhani, D. P., & Sagita, D. D. (2022). Academic Resilience of Students in The Limited Face to Face Learning Period (PTM-T). Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(4), 519–527. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.210. DOI: https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.210

Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388. DOI: https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Rusznyak, L., & Walton, E. (2011). Lesson planning guidelines for student teachers: A scaffold for the development of pedagogical content knowledge. Education as Change, 15(2), 271–285. https://doi.org/10.1080/16823206.2011.619141. DOI: https://doi.org/10.1080/16823206.2011.619141

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116–128. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1926/pdf. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1926

Sahronih, S., & Pujiastuti, E. (2022). Pendampingan Blended Learning Berorientasi Pada Kemampuan Literasi dan Numerasi Pasca Pandemi Covid-19 di SDN 2 Tanjungpura. SOROT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.32699/sorot.v1i1.2503. DOI: https://doi.org/10.32699/sorot.v1i1.2503

Samudera, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Bidang Pendidikan Di Kota Mataram. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(3), 154–158. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/102.

Syabandi, E., Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., & Husni, M. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Guru Kunjung di Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6495–6503. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1970.

Yuniawatika, Y., & Nuraini, N. L. S. (2017). Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Scientific Dengan Pembelajaran Karakter Terintegrasi. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Hardini, A. T. A., Mawardi, & Yulia, H. (2022). Peningkatan Kreativitas Guru SD dalam Pembelajaran untuk Mengeliminir Learning Loss Pasca Covid-19. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 466–479. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.52897