Pelatihan Keterampilan Pengasuhan bagi Orang Tua untuk Mendukung Kesiapan Bersekolah Anak Usia Dini ke Jenjang SD

Authors

  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Sri Darma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54072

Keywords:

Keterampilan parenting, Kesiapan bersekolah, Anak usia dini

Abstract

Kesiapan sekolah memiliki peranan penting bagi anak dimana salah satunya adalah terkait prestasi sekolah nantinya. Tiap-tiap anak memiliki kemampuan yang berbeda khususnya terkait dengan kesiapan sekolah, karena faktor lingkungan juga ikut berperan dalam perkembangan anak. Akan tetapi, keluarga dalam hal ini orang tua masih kurang dalam keterampilan dan pemahaman untuk menumbuhkan kesiapan bersekolah anak ke jenjang SD. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengatasi masalah tersebut dengan memberikan pelatihan keterampilan parenting dalam mempersiapkan anak menuju jenjang sekolah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan bentuk kegiatannya menggunakan metode ceramah terkait dengan materi secara teoritis serta pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menyasar orang tua yang akan dikenalkan mengenai konsep kesiapan bersekolah, masa transisi anak dari TK ke SD, dan langkah-langkah dalam pengasuhan. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menyatakan bahwa orang tua mampu melakukan asesmen sederhana terhadap anak mereka. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu mengatasi segala permasalahan parenting bagi orang tua dalam melewati masa transisi belajar dari TK ke SD.

References

Abdivalievna, A. N. (2022). Special Psycho-Correction of Learning Processes in School Readiness in Children with Deficiency and Hyperactivity. Pindus Journal Of Culture, Literature, and ELT, 2(2), 140–144.

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orang tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808

Christensen, D., Taylor, C. L., Hancock, K. J., & Zubrick, S. R. (2022). School readiness is more than the child: a latent class analysis of child, family, school and community aspects of school readiness. Australian Journal of Social Issues Published, 57(1), 125–143. https://doi.org/10.1002/ajs4.138. DOI: https://doi.org/10.1002/ajs4.138

Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(2), 119–133. https://doi.org/10.51212/jdp.v10i2.611.

Denham, S. A., Bassett, H. H., & Zinsser, K. (2012). Early childhood teachers as socializers of young children’s emotional competence. Early Childhood Education Journal, 40(3), 137–143. https://doi.org/10.1007/s10643-012-0504-2. DOI: https://doi.org/10.1007/s10643-012-0504-2

Garzia, M., & Hartati, S. (2019). Perbedaan Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Daerah Pesisir ditinjau dari Status Ekonomi Orang Tua dan Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 470–483. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.239. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.239

Geens, N., & Vandenbroeck, M. (2013). Early childhood education and care as a space for social support in urban contexts of diversity. European Early Childhood Education Research Journal, 21(3), 407–419. https://doi.org/10.1080/1350293X.2013.814361. DOI: https://doi.org/10.1080/1350293X.2013.814361

Gore, J., Patfield, S., Holmes, K., Smith, M., Lloyd, A., Gruppetta, M., Weaver, N., & Fray, L. (2017). When higher education is possible but not desirable: Widening participation and the aspirations of Australian Indigenous school students. Australian Journal of Education, 61(2), 164–183. https://doi.org/10.1177/0004944117710841. DOI: https://doi.org/10.1177/0004944117710841

Hartanto, S., Novitasari, K., Permana, S. A., & Saptatiningsih, R. I. (2020). “MEPETKABA” Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 69–75. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1110.

Hermansen, T. K., Ronfard, S., Harris, P. L., & Zambrana, I. M. (2021). Preschool children rarely seek empirical data that could help them complete a task when observation and testimony conflict. Child Development, 92(6), 2546–2562. https://doi.org/10.1111/cdev.13612. DOI: https://doi.org/10.1111/cdev.13612

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153–164. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454. DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.27454

Kokkalia, G., Drigas, A. S., Economou, A., & Roussos, P. (2019). School readiness from kindergarten to primary school. International Journal of Emerging Technologies in Learning (Online), 14(11), 4. https://https//www.learntechlib.org/p/210488/. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v14i11.10090

Kusramadhanty, M., Hastuti, D., & Herawati, T. (2019). Temperamen dan praktik pengasuhan orang tua menentukan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. PERSONA: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2794. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2794

Lestari, A. A. B., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebeb Tingginya Angka Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299–308. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24470. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24470

Liebeskind, K. G., Piotrowski, J. T., Lapierre, M. A., & Linebarger, D. L. (2014). The home literacy environment: Exploring how media and parent–child interactions are associated with children’s language production. Journal of Early Childhood Literacy, 14(4), 482–509. https://doi.org/10.1177/1468798413512850. DOI: https://doi.org/10.1177/1468798413512850

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 6(2). https://doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.277.

Marshall, J., & Lewis, E. (2014). ‘It’s the way you talk to them.’The child’s environment: Early Years Practitioners’ perceptions of its influence on speech and language development, its assessment and environment targeted interventions. Child Language Teaching and Therapy, 30(3), 337–352. https://doi.org/10.1177/0265659013516331. DOI: https://doi.org/10.1177/0265659013516331

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00. DOI: https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00

Nayfeld, I., Fuccillo, J., & Greenfield, D. B. (2013). Executive functions in early learning: Extending the relationship between executive functions and school readiness to science. Learning and Individual Differences, 26, 81–88. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.04.011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.04.011

Pahlevi, R., & Utomo, P. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh : Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 4(1), 91–102. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.

Pratiwi, W. (2018). Kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1–13. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/502%0A.

Qin, L. (2022). The “ Wrong Love ” Between the Zone of Proximal Development and Scaffolding : An Interview With Prof . James P . Lantolf. Chinese Journal of Applied Linguistics, 45(1), 138–149. https://doi.org/10.1515/cjal-2022-0110. DOI: https://doi.org/10.1515/CJAL-2022-0110

Ricciardi, C., Manfra, L., Hartman, S., Bleiker, C., Dineheart, L., & Winsler, A. (2021). School readiness skills at age four predict academic achievement through 5th grade. Early Childhood Research Quarterly, 57, 110–120. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.05.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.05.006

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278–288. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i2.800.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Sarwar, S. (2016). Influence of parenting style on children’s behaviour. Journal of Education and Educational Development, 3(2). https://papers.ssrn.com/sol3/Delivery.cfm/SSRN_ID2882540_code2631415. DOI: https://doi.org/10.22555/joeed.v3i2.1036

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219. DOI: https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media Group.

Suryana, Dadan, & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852

Ursache, A., Blair, C., & Raver, C. C. (2012). The promotion of self‐regulation as a means of enhancing school readiness and early achievement in children at risk for school failure. Child Development Perspectives, 6(2), 122–128. https://doi.org/10.1111/j.1750-8606.2011.00209.x. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1750-8606.2011.00209.x

Widyaningsih, T. S., Aini, K., & Apriliani, F. N. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Dengan Kemampuan Adaptasi Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Panti Puruhita Semarang. Jurnal Ners Widya Husada, 3(2). https://doi.org/10.33666/jners.v3i2.178.

Windasari, I. W., & Uhriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 69–74. https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.441. DOI: https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.441

Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17–26. https://doi.org/10.19109/intizar.v26i1.5892. DOI: https://doi.org/10.19109/intizar.v26i1.5892

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Ujianti, P. R., Antara, P. A. ., Paramita, M. V. A. ., & Dewi, P. S. D. . (2022). Pelatihan Keterampilan Pengasuhan bagi Orang Tua untuk Mendukung Kesiapan Bersekolah Anak Usia Dini ke Jenjang SD. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 430–436. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54072