Literasi Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education

Authors

  • Erna Yayuk Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia
  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia
  • Dyah Worowitastri Ekowati Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56278

Keywords:

Literasi, Numerasi, Kurikulum Merdeka, Art Education

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut para guru dapat mengembangkan pembelajaran yang adaptif dan inovatif. Berdasarkan fakta masih banyak dijumpai para guru belum dapat melaksanakan pembelajaran secara maksimal terutama dalam membelajarkan literasi numerasi berdasarkan kurikulum merdeka. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan menganalisis literasi numerasi berbasis art education untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru Kegiatan ini dilaksanakan pada guru-guru sebanyak 20 orang di MI Nurul Islam  Kecamatan Tajinan. Metode yang digunakan yaitu dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap guru tentang literasi numerasi berbasis art education. Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu workshop, penyusunan modul ajar dengan kerangka kurikulum merdeka, melaksanakan pembelajaran inovatif, serta melaksanakan kegiatan refleksi dan tindak lanjut. Pelatihan dilakukan secara luring dan pendampingan dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom. Dari kegiatan dapat disimpulkan bahwa) kegiatan workshop berjalan efektif dan meningkatkan pengetahuan guru dalam literasi dan numerasi berbasis art education. Keterampilan guru meningkat dengan indikator telah tercapinya capaian pembelajaran dengan baik, peserta didik dapat belajar secara enjoyfull dan meaningfull. Ada beberapa kendala diantaranya belum semua guru memahami kurikulum merdeka, Ada siswa yang masih kesulitan dalam membaca, beberapa peserta didik kesulitan dalam berhitung.

References

Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(1), 20. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785. DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785

As’ari, A. R., Kurniati, D., & Subanji. (2019). Teachers Expectation of Students’ Thinking Processes in Written Works: A Survey of Teachers’ Readiness in Making Thinking Visible. Journal on Mathematics Education, 10(3), 409–424. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.7978.409-424. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.10.3.7978.409-424

Asiyah. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550. DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299. DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Cahyati, H., Muin, A., & Musyrifah, E. (2018). Efektivitas Teknik SCAMPER dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 173. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.641. DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.641

Dyah Worowirastri Ekowati dkk. (2021). Gerakan Literasi Sekolah Selama Belajar Dari Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jp2Sd (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(2), 198–207. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18262.

Eitel, A. (2016). How repeated studying and testing affects multimedia learning: Evidence for adaptation to task demands. Learning and Instruction, 41, 70–84. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.10.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.10.003

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876. DOI: https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Falloon, G. (2022). From digital literacy to digital competence: the teacher digital competency (TDC) framework. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2449–2472. https://link.springer.com/article/10.1007/s11423-020-09767-4. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-020-09767-4

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan literasi matematika sekolah dalam perspektif multiple intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2), 136–150. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524.

Fatimah, A. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Model Connecting-. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 51–58. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1933%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/download/1933/1546.

Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631. DOI: https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631

Fong Peng, C. (2015). Pelaksanaan Program Literasi Dan Numerasi (Linus). Malay Language Education Journal – MyLEJ, 5(2), 2180–4842.

Forgasz, H. (2019). Learning about numeracy: The impact of a compulsory unit on pre- service teachers’ understandings and beliefs. Australian Journal of Teacher Education, 44(2). https://doi.org/10.14221/ajte.2018v44n2.2. DOI: https://doi.org/10.14221/ajte.2018v44n2.2

Gal, I., & Tout, D. (2014). Comparison of PIAAC and PISA Frameworks for Numeracy and Mathematical Literacy. In OECD Education Working Papers. OECD Publishing.

Ge, X. (2001). Scaffolding Students’ Problem_Solving Processes On An Ill Structured Task Using Questions promts and Peer Interactions. In Thesis In The Graduate School College of Education, The Pennsylvania State University. https://doi.org/10.1007/BF02504515. DOI: https://doi.org/10.1007/BF02504515

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Huang, C. E. (2020). Discovering the creative processes of students: Multi-way interactions among knowledge acquisition, sharing and learning environment. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 26(10), 237. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2019.100237. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2019.100237

Khomariah, N., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik smp ditinjau dari pola pikir matematis. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 381–391. https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13632. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13632

Liu, J. M., Wang, S. S., Zheng, X., Jin, N., Lu, J., Huang, Y. T., Fan, B., & Wang, F. Z. (2020). Antimicrobial Activity Against Phytopathogens and Inhibitory Activity on Solanine in Potatoes of the Endophytic Bacteria Isolated From Potato Tubers. Frontiers in Microbiology, 11, 570926. https://doi.org/10.3389/fmicb.2020.570926. DOI: https://doi.org/10.3389/fmicb.2020.570926

Lopez-Pedersen, Mononen, R. A., Korhonen, J., Aunio, P., & Melby-Lervåg, M. (2021). Validation of an Early Numeracy Screener for First Graders. Scandinavian Journal of Educational Research, 65(3), 404–424. https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1705901. DOI: https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1705901

Machaba, F., & Du Plooy, M. (2019). Mathematics and Mathematical Literacy on the Career Podium–Sharing Gold? African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 23(3), 363–375. https://journals.co.za/doi/abs/10.1080/18117295.2019.1694782. DOI: https://doi.org/10.1080/18117295.2019.1694782

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

Mahmud, Muhammad Rifqi, & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Masjaya, M., & Wardono, W. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 568–574.

Maulidina, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Mimeau, C., Coleman, M., & Donlan, C. (2016). The role of procedural memory in grammar and numeracy skills. Journal of Cognitive Psychology, 28(8), 899–908. https://doi.org/10.1080/20445911.2016.1223082. DOI: https://doi.org/10.1080/20445911.2016.1223082

Mizaniya, M. (2020). Analisis Materi Pokok Matematika Mi/Sd. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 98. DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a10.2020

Ngware, M. W., Hungi, N., & Mutisya, M. (2019). Assessing learning: How can classroom-based teachers assess students’ competencies in numeracy? Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 26(2), 222–244. https://doi.org/10.1080/0969594X.2018.1503156. DOI: https://doi.org/10.1080/0969594X.2018.1503156

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Pangesti, F. T. P. (2018). Mengembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.

Perso, T. (2016). Good Teaching Numerasi 3-6. Departement of Education.

Purnama, S., Pitaloka, A., & Maharani, I. P. (2020). The Effectiveness of Somatic , Auditory , Visualization , and Intellectually and Numbered Head Together Learning Models Against Students ’ Mathematical Problem Solving Capabilities. Jurnal Matematika, 3(2), 175–182. https://doi.org/10.24042/djm.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1). https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Restian, A., Yayuk, E., & Ekowati, D. W. (2023). Analisis Konstruksi Flipchart Literasi Numerasi Merdeka Belajar Dengan Pendekatan Educational Art. Journal on Teacher Education, 4(3), 784–794. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12449.

Rodriguez, F. (2018). Children in Crisis: Maya identity in Guatemalan children’s drawings. Studies in Art Education, 59(4), 311–327. https://doi.org/10.1080/00393541.2018.1509262. DOI: https://doi.org/10.1080/00393541.2018.1509262

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Sharma, P. (2019). Digital Revolution of Education 4.0. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 9(2), 3558–3564. https://doi.org/10.35940/ijeat.a1293.129219. DOI: https://doi.org/10.35940/ijeat.A1293.129219

Sitirahayu, S., & Purnomo, H. (2021). Pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164–168. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.242

Subiantoro, C., Putra, D. S., & Zain, M. S. (2020). Identifikasi Sikap: Ketertarikan Meluangkan Waktu Belajar Fisika, Normalitas Ilmuwan, Adopsi Sikap Ilmiah (Attitude Identification: Interest in Spending Time Studying Physics, Scientist Normality, Adoption of Scientific Attitudes). SEJ (Science Education Journal), 3(2), 93. https://doi.org/10.21070/sej.v3i2.2701. DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v3i2.2701

Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, O., & Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Susila, A. B., Indiyahni, I., & Bakri, F. (2021). TPACK in blended learning media: Practice 4C skills for rotational dynamics in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012046. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012046

Tovar Viera, R., Velasco Sánchez, Diego IsmaelTovar Viera, R., & Velasco Sánchez, D. I. (2020). Research on Technology Competencies in EFL Language Instructors: Technology-Pedagogy-Content in Language Teaching. Script Journal: Journal of Linguistics and English Teaching, 5(1), 32–43. https://doi.org/10.24903/sj.v5i1.414. DOI: https://doi.org/10.24903/sj.v5i1.414

Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa Melalui Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02.

Van de Weijer-Bergsma, E., Kroesbergen, E. H., & Van Luit, J. E. H. (2015). Verbal and visual-spatial working memory and mathematical ability in different domains throughout primary school. Memory and Cognition, 43(3), 367–378. https://doi.org/10.3758/s13421-014-0480-4. DOI: https://doi.org/10.3758/s13421-014-0480-4

Yayuk, E., & Husamah. (2020). The Difficulties of Prospective Elementary School Teachers in Item Problem Solving for Mathematics: Polya’s Steps. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 361–368. DOI: https://doi.org/10.17478/jegys.665833

Yayuk, E., Purwanto, As’ ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary School Students’ Creative Thinking Skills in Mathematics Problem Solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1281

Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

Yustitia, V., & Juniarso, T. (2020). Literasi Matematika Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100–109. DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5044

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Yayuk, E., Restian, A., & Ekowati, D. W. (2023). Literasi Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 228–238. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56278

Issue

Section

Articles