Pemberdayaan Pondok Pesantren dan Pendidikan Formal Terhadap Santri pada Era Regulasi Pendidikan Nasional

Authors

  • Ali Nasith State Islamic University (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Abdul Bashith State Islamic University (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Asnawan Institut agama islam al Falah Assunniyyah Kencong Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.59515

Keywords:

pesantren, madrasah, regulasi Pendidikan Nasional

Abstract

Pesantren sebagai institusi keagamaan mendapatkan momentum dalam sistem pendidikan nasional setelah keluarnya Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa pendidikan keagamaan tidak hanya salah satu jenis pendidikan, tetapi sudah memiliki berbagai bentuknya seperti pendidikan diniyah, pesantren dan bentuk lain yang sejenis kemudian muncul alternatif solusi agar keduanya saling mengisi dan bersama-sama mempunyai tujuan yang sama untuk mencetak santri-santrinya menjadi manusia mempunyai keimanan, ketaqwaan dan mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tujuan undang-undang Negara Indonesia. Dari permasalahan di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan pendidikan keagamaan (PPK). Secara umum pengembangan pendidikan kegamaan yang ada di pondok sudah bisa dikatakan eksis dengan kegiatan keagamaan yang terus menerus dilaksanakan dengan meningkatkan sumber daya santri (SDS) baik melaui pendidikan formal dan diniyyah salafiyah. Kegiatan pengabdian ini menggunakan merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Selanjutnya, penulis menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi untuk menggambarkan  secara lengkap. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa secara umum pengembangan pendidikan kegamaan yang ada di pondok sudah bisa dikatakan eksis dengan kegiatan kaeagamaan yang terus menerus dilaksanakan dengan meningkatkan sumber daya santri (SDS) baik melaui pendidikan formal dan diniyyah salafi.

References

Adresta, R. A., & Candra, O. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Free Throw Bola Basket Melalui Media Audio Visual. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 259–269. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pjkr/article/view/311. DOI: https://doi.org/10.52060/jmo.v2i2.311

Afendi, A., & Ghofur, A. (2021). Spiritual Well-Being and Religious Commitment in Explaining Customer Satisfaction and Loyalty in Sharia Banking. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1). https://doi.org/10.21580/economica.2021.12.1.6429. DOI: https://doi.org/10.21580/economica.2021.12.1.6429

Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Jurnal Manajemen Dan Sumber Daya Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32. DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32

Asnawan. (2020). Pemberdayaan Pondok Pesantren dan Pendidikan Formal Terhadap Santri Assunniyyah Kencong Jember di Era Regulasi Pendidikan Nasional. AS-SUNNIYYAH, 1(01), 134-158. Retrieved from http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/823.

Basthomi, I. (2020). Pemberdayaan Masjid Dalam Kehidupan Sosial-Agama Masyarakat Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(2). https://doi.org/10.14421/aplikasia.v20i2.2393. DOI: https://doi.org/10.14421/aplikasia.v20i2.2393

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Sci ence, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 1 1-22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129.

Hafidz, N., Kasmiati, & Diana, R. R. (2022). Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan dalam Mengasah Kecerdasan Spiritual Anak. Journal on Early Childhood, 5(1), 182–192. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98

Husaini, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). JURNAL MIKROTIK, 2(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756

Isti’anah, A., & Sutikno. (2018). Memaknai Peran Pondok Pesantren An-Nuqayah GulukGuluk dalam Pengentasan Kemiskinan di Pedesaan. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.5982. DOI: https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.5982

Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Prakter Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(c), 75–86. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196

Kholish, A., Anam, M. K., & Abrori. (2022). Integrasi Model Pendidikan Pondok Pesantren Salaf Dan Khalaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Irsyadul Anam Yogyakarta). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.51468/jpi.v4i1.90. DOI: https://doi.org/10.51468/jpi.v4i1.90

Koswara, R. (2014). Manajemen Pelatihan Life Skill Dalam Upaya Pemberdayaan Santri Di Pondok Pesantren. EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1). https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p37-50.571.

Lubis, A. H. (2018). Integrasi TIK Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Di Indonesia Abad Ke-21: Mitos Dan Realita. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 11–21.

Maftuch. (2021). Gerakan Pakan Mandiri (Gepari) : Teknologi Pelet Ikan Solusi Pemberdayaan Kewirausahaan Santri (Santripreneur) di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang. JOURNAL OF INNOVATION AND APPLIED TECHNOLOGY, 7(1). https://doi.org/10.21776/ub.jiat.2021.007.01.2. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jiat.2021.007.01.2

Musya’adah, U. (2021). Integrasi Pesantren pada Sistem Pendidikan Formal di Sekolah Dasar Negeri (SDN). Jurnal Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.54298/jk.v4i1.3287. DOI: https://doi.org/10.54298/jk.v4i1.3287

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Onde, M. L. ode, Aswat, H., B, F., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321

Prihatiningtyas, S., Wardani, D. K., Wulandari, A., Mahfudhoh, S. L., & Yaqin, A. (2020). Pemberdayaan Santri TPQ Darussalam dalam Upaya Peningkatan Ketrampilan Menghafal Asmaul Husna menggunakan Metode Brain Based Learning. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–29. https://doi.org/https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1063.

Putro, N. S. (2020). Pengembangan Manejemen Kurikulum Pondok Pesantren Modern Adh-Dhuhaa Berbasis Yatim & Du’afa. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 17(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i1.1109.

Rahayu, M., Yuniarsih, T., Disman, Sojanah, J., Nusannas, I. S., & Mutmainnah, D. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada Man 1 Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visipena, 11(1), 99–115. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216

Saihu, M. (2022). Manajemen Kurikulum Integratif Di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang. Al Amin : Jurnal Kajian Ilmu an Budaya Islam, 5(1). https://doi.org/10.36670/alamin.v5i01.144.

Saparuddin, & Ismail, M. I. (2022). Pengaruh Kurikulum dan Iklim Pesantren terhadap Akhlak Santri pada Pondok Pesantren DDI Kaballangang. Al-Musannif, 3(2), 101-112. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i2.48. DOI: https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i2.48

Setyohadi, D. P. S., Riskiawan, H. Y., Wibowo, M. J., & Hariono, B. (2018). Identifikasi dan Analisis Peningkatan Keterampilan Penggunaan Komputer bagi Santri di Ponpes Sirojul Anwar Jember. J-Dinamika, 3(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i2.1153. DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i2.1153

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Wibowo, A. (2019). Integrasi Manajemen Kesiswaan Pendidikan Formal Dan Non Formal Di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2). https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6967. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6967

Wicaksono, H. (2022). Integration of Pesantren and School (Study of Abdurrahman Wahid Thought). L-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.36840/alaufa.v4i1.486.

Wulandari, A. P. (2020). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum 2013 Di SMK Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. AL-FAHIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i1.68. DOI: https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i1.68

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Nasith , A. ., Bashith , A. ., & Asnawan. (2023). Pemberdayaan Pondok Pesantren dan Pendidikan Formal Terhadap Santri pada Era Regulasi Pendidikan Nasional. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 218–227. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.59515

Issue

Section

Articles