Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Nani Mediatati Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Dionisius Heckie Puspoko Jati Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.61289

Keywords:

Kemampuan Guru, Karya Ilmiah, PTK

Abstract

Guru-guru TK belum mampu menulis artikel ilmiah dalan layak untuk dipublikasikan sebagai bentuk pengembangan profesionalitas guru. Faktor penyebabnya adalah para guru kurang mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang penulisan artikel ilmiah serta belum mampu menulis laporan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis untuk menganalisis peningkatan kemampuan guru menyusun karya ilmiah berbasis PTK.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Kemampuan menyusun karya ilmiah merupakan salah satu kemampuan professional yang harus dimiliki guru khususnya menulis artikel jurnal berdasarkan laporan hasil penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan bimbingan teknis penulisan karya ilmiah ini memberikan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan kepada guru-guru menulis karya ilmiah berdasarkan laporan hasil penelitian tindakan kelas. Bimtek ini dilakukan dengan cara menjelaskan materi, diskusi kelas dan pendampingan individual secara daring. Guru-guru perlu menambah wawasan dan pemahaman mengenai berbagai hal baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan pembelajaran anak usia dini atau TK secara terus menerus dan berkesinambungan. Hasil bimtek guru-guru mampu menyusun artikel ilmiah dengan cukup baik dan cukup layak dipublikasikan.

References

Aalaei, S., Ahmadi, M. A., & Aalaei, A. (2016). A Comparison of Multiple-Choice and Essay Questions In The Evaluation of Dental Students. International Journal of Advandced Biotechnology and Research, 7(5), 1674–1680. https://core.ac.uk/download/pdf/79464641.pdf.

Astuti, S., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 37–47. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p37-47. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p37-47

Darsono, Teguh, Aji, M. P., Rusilowati, A., & Marwoto, P. (2021). Identifikasi Pemahaman Dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK Guru SMA Kota Pekalongan. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 3(2), 42–46. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i2.52977. DOI: https://doi.org/10.15294/panjar.v3i2.52977

Ekawarna, E., & Salam, M. (2020). Pelatihan PTK: Alternatif Solusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 195–205. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10519. DOI: https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10519

Foeh, Y., Saingo, Y. A., Daik, M. A., Bekuliu, D., Adu, S. H., Selan, R. F. M., & Daud, K. A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di SD GMIT Se-Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 389–397. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1584. DOI: https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1584

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik : Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Educaton Management and Administration Review, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2949.

Herlandy, P. B., Ismanto, E., Novalia, M., & Alrian, R. (2018). Pelatihan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan teknik publikasi jurnal ilmiah bagi Guru SMK Negeri 1 Rengat. Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri, 2(1), 38–42. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.418. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.418

Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dan publikasi di jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30653/002.202051.256. DOI: https://doi.org/10.30653/002.202051.256

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Miswar, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Proposal Penelitian PTK bagi Guru-Guru di Kabupaten Way Kanan. Jurnal Sumbangsih, 1(1), 87–93. https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.14. DOI: https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.14

Mulia, D. S., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. https://doi.org/10.30595/jkp.v9i2.1062.

Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. (2016). Upaya Peningkatan Penguasaan Guru Sd Dalam Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Melalui Pelatihan. Jurnal Udayana Mengabdi, 15(1), 55–63.

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Grafis Dan Media Papan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77–81. https://doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.

Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57

Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2013). Pelatihan Penulisan Proposal Peneliti Tindakan (PTK) bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2.02. DOI: https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2.02

Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.

Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., Tesaniloka, P., & Melinda. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816

Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52. http://ojs-steialamar.org/index.php/JKIPM/article/view/61.

Taufiq, M., & Wiyanto, W. (2019). Upaya Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan MGMP IPA Kabupaten Batang melalui Pedampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rekayasa, 16(2), 259–270. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17561. DOI: https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17561

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Mediatati, N. ., & Jati, D. H. P. . (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.61289

Issue

Section

Articles