Noisy Pop-up Book Ramah Lingkungan Berkonsep Bilingual Dilengkapi Permainan Interaktif Sebagai Upaya Pengoptimalan Satuan Pendidikan Aman Bencana Banjir pada SDN Pesawahan Sidoarjo

Authors

  • Anik Kurnia Ningsih
  • Binti Eka Nur Zulaikah
  • Nadya Desi Aulia
  • Baiti Ridillah Rizkika Tania
  • Nur Lailatul Fitriyah Abidin
  • Kukuh Arisetyawan Universitas Negeri Surabaya https://orcid.org/0000-0001-5809-1310

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i3.67353

Keywords:

Banjir, Bencana, Pengabdian, Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya optimalisasi penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SD Negeri Pesawahan, Sidoarjo, yang sering kali terdampak oleh banjir selama musim hujan. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama: (1) Mendeskripsikan pemanfaatan buku pop-up ramah lingkungan berkonsep bilingual dengan permainan interaktif dan kotak musik untuk mengoptimalkan SPAB terkait banjir di SDN Pesawahan Sidoarjo; (2) Menganalisis pengaruh program tersebut terhadap pemahaman dan perilaku warga sekolah dalam menanggapi bencana; dan (3) Mendeskripsikan pembentukan serta perkembangan komunitas tanggap bencana yang berkualitas untuk mendukung program di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan analisis deduktif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru di SD Negeri Pesawahan, Sidoarjo. Metode pengumpulan data melibatkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan data primer dan data sekunder. Program ini mencakup serangkaian kegiatan, termasuk sosialisasi, pre-test, edukasi, simulasi, evaluasi, post-test, dan penutup, menggunakan buku pop-up ramah lingkungan dengan konsep bilingual dan permainan interaktif bernama 'Gappina'. Analisis data dilakukan dengan analisis deduktif. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa program ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman dan perilaku warga sekolah dalam menanggapi bencana. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengabdian kepada masyarakat ini berdampak positif pada peningkatan pengetahuan dan perilaku guru dan peserta didik terkait tanggap bencana banjir. Dengan demikian, penerapan SPAB dapat berjalan lebih optimal.

Author Biography

Kukuh Arisetyawan, Universitas Negeri Surabaya

Lecturer in labor economics

References

Agrestin, I., & Maulidiyah, E. C. (2021). Pengembangan Media Big Book terhadap Pengetahuan Bencana Banjir pada Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 90–111. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i2.199. DOI: https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i2.199

Anafiah, S., & Arief, A. (2018). Pembuatan Buku Cerita Anak Bermuatan Penanggulangan Bencana di SDN Bangunrejo 1, SDN Bangunrejo 2, dan SDN Baluwarti Yogyakarta. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 88–92. https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p88-92. DOI: https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p88-92

Atmojo, M. E. (2020). Pendidikan dini mitigasi bencana. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475.g4185. DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475

Budiarti, W., Gravitiani, E., & Mujiyo, M. (2017). Upaya Mitigasi Banjir di Sub DAS Samin Melalui Pengembangan Masyarakat Tangguh Bencana. Jurnal Teknologi Lingkungan, 18(2), 241–250. https://doi.org/10.29122/jtl.v18i2.962. DOI: https://doi.org/10.29122/jtl.v18i2.962

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Camilla, A., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Mibeba Games (Mitigasi Bencana Banjir) untuk Menstimulasi Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 276–289. https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1797.

Dwivayani, K. D., & Boer, K. M. (2020). Gerakan Komunikasi Mitigasi Bencana dalam Upaya Meminimalkan Dampak Bencana pada Masyarakat Kota Samarinda. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3816. DOI: https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3816

Ghasya, D. A. V., & Kartono, K. (2021). Deskripsi Kelayakan Aspek Bahasa Pada Prototipe E-Book Mitigasi Bencana Sebagai Edukasi Sadar Bencana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 285–299. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1506. DOI: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1506

Goma, E. I., Saputra, Y. W., Setyiani, N., & Perkasa, G. (2022). Sosialisasi Mitigasi Bencana Banjir Bagi Siswa di SMAN 4 Samarinda. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 1039–1045. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5586. DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5586

Hardiningrum, A., Rihlah, J., & Shari, D. (2022). Efektivitas Kegiatan Mendongeng dengan Media Pop Up Book dalam Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 77–88. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i2.2727. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i2.2727

Hutagalung, R., Permana, A. P., Uno, D. A. N., Fauzan, M. N. Al, & Panai, A. A. H. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Pentingnya Mitigasi Bencana di Desa Hutamonu, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 96–100. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15660. DOI: https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15660

Irawan, I., Subiakto, Y., & Kustiawan, B. (2022). Manajemen Mitigasi Bencana Pada Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 609–615. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.609-615. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.609-615

Kartika, M. Y., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 76–86. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p76-86. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p76-86

Karumpa, A., & Dahlan, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818–825. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2089. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2089

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pembelajaran Metakognitif Mitigasi Bencana pada Pendidikan Multi Keaksaraan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kurniawati, D., & Suwito, S. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 2(2). https://doi.org/10.21067/jpig.v2i2.3507. DOI: https://doi.org/10.21067/jpig.v2i2.3507

Maliki, R. Z., Arsy, R. F., Rahmawati, R., & Muis, A. A. (2023). Pendampingan Pemetaan Partisipatif Sekolah Siaga Bencana. Surya Abdimas, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2322. DOI: https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2322

Muniarty, P., Saputri, D., Wahdaniyah, A., & Syaframis, N. F. (2021). Kepedulian Sosial Terhadap Masyarakat Terdampak Banjir di Kabupaten Bima. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.79. DOI: https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.79

Ningtyas, D. P., & Risina, D. F. (2018). Pengembangan Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Self Awareness Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 172–187. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i2.198. DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.198

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007. DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 68–79. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.200. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.200

Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940

Nuriman, N., Agustiningsih, A., Mahmudi, K., Wardoyo, A. A., Wardani, R. P., & Barif, Z. A. (2022). Edukasi Pendidikan Mitigasi Erupsi Gunung Semeru pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9958–9966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4180. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4180

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi sadar bencana melalui sosialisasi kebencanaan sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa terhadap mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203. DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (No 33 tahun 2019), (2019).

Pradina, A. T., & Pratama, M. M. A. (2021). Peningkatan Literasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Booklet Ringkas Inovatif Bagi Siswa SDN Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Pasopati, 3(3). https://doi.org/10.14710/pasopati.2021.12120.

Pramita, G., Saniati, S., Assuja, M. A., Kharisma, M. P., Hasbi, F. A., Daiyah, C. F., & Tambunan, S. P. (2022). Pelatihan Sekolah Tangguh Bencana Di Smk Negeri 1 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 264–271. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2177. DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2177

Qurrotaini, L., Putri, A. A., Susanto, A., & Sholehuddin, S. (2022). Edukasi Tanggap Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan sebagai Pengetahuan Anak Terhadap Mitigasi Bencana Banjir. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.24853/an-nas.2.1.35-42. DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.2.1.35-42

Rachmawati, R., Novita, R., Fitria, I., & Erwandi, E. (2021). Sosialisasi tanggap bencana banjir pada masyarakat Gampong Napai Kecamatan Woyla Barat. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 3(1), 11–15. https://doi.org/10.30867/pade.v1i1.699. DOI: https://doi.org/10.30867/pade.v1i1.699

Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(2), 77–85. https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1797.

Saputri, S. S., & Sudarmilah, E. (2019). Game Edukasi Mitigasi Bencana Banjir-Tirta Si Pejuang Banjir. Journal of Technology and Informatics (JoTI), 1(1), 10–19. https://doi.org/10.37802/joti.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.37802/joti.v1i1.4

Sari, D. P. (2021). Efektivitas Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Lentera :Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56393/lentera.v1i1.113. DOI: https://doi.org/10.56393/lentera.v1i1.113

Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47–59. https://doi.org/10.22146/jkn.33142. DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.33142

Sopacua, Y., & Salakay, S. (2020). Sosialisasi Mitigasi Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon. Communicare: Journal of Communication Studies, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.37535/101007120201. DOI: https://doi.org/10.37535/101007120201

Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan mitigasi bencana di Sekolah Dasar (sebuah kajian analisis etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18–24. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.327. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.314

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2021). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136–154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093

Utami, F. B., Uswah, U., Kemal, F., & Nugraha, W. F. (2022). Metode bercerita untuk pemulihan trauma anak pasca bencana gempa bumi Cianjur. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(2), 403–409. https://doi.org/10.46306/jabb.v3i2.245.

Widayati, K. P. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan tentang Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana Banjir. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 887–894. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i3.974. DOI: https://doi.org/10.32583/pskm.v13i3.974

Widjanarko, M., & Minnafiah, U. (2018). Pengaruh pendidikan bencana pada perilaku kesiapsiagaan siswa. Jurnal Ecopsy, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i1.4878. DOI: https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i1.4878

Yuliana, D. (2022). INOVASI Metode Pembelajaran Pada Masa Peralihan Pandemi Covid-19 Di Sma Veteran 1 Sukoharjo. JURNAL GEOGRAFI Geografi Dan Pengajarannya, 20(1), 19–30. https://doi.org/10.26740/jggp.v20n1.p19-30. DOI: https://doi.org/10.26740/jggp.v20n1.p19-30

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Anik Kurnia Ningsih, Binti Eka Nur Zulaikah, Nadya Desi Aulia, Baiti Ridillah Rizkika Tania, Nur Lailatul Fitriyah Abidin, & Kukuh Arisetyawan. (2024). Noisy Pop-up Book Ramah Lingkungan Berkonsep Bilingual Dilengkapi Permainan Interaktif Sebagai Upaya Pengoptimalan Satuan Pendidikan Aman Bencana Banjir pada SDN Pesawahan Sidoarjo. International Journal of Community Service Learning, 7(3), 300–307. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i3.67353

Issue

Section

Articles