Pelatihan Implementasi Phenomenon Based Learning Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i3.67625Keywords:
Phenomenon Based Learning, Pelatihan, Sekolah DasarAbstract
Penerapan model masih belum menunjukkan pembelajaran yang mengakomodasi dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelatihan implementasi phenomenon based learning bagi guru-guru sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi, dan penugasan. Secara umum kegiatan ini dibagi menjadi Pelatihan Umum, Pelatihan Intensif I, dan Pelatihan Intensif II. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dalam merancang pembelajaran yang relevan, berorientasi pada fenomena, dan berpusat pada siswa merupakan hasil positif dari pelatihan PhBL. Keterampilan ini membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan efektif bagi siswa, yang pada akhirmya akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. Respon kepuasan peserta yang positif ini mencerminkan bahwa pelatihan PhBL telah memenuhi harapan mereka dan memberikan pengalaman belajar yang berharga. Pendekatan fleksibel dan berkelanjutan dalam pelaksanaan pelatihan dapat membantu guru mengintegrasikan Phenomenon Based Learning ke dalam kurikulum mereka tanpa menambah beban kerja secara signifikan Hal ini juga menunjukkan potensi untuk meningkatkan praktik pengajaran dengan mengadopsi PhBL sebagai bagian dari pendekatan pembelajaran.
References
-Andriani, N. M., Tegeh, I. M., & Suarjana, I. M. . (2023). Pembelajaran Berbasis Phenomenon Based Learning untuk Mengatasi Fenomena Learning Loss Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 488–502. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57502. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57502
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119
Bachri, B. S., Tegeh, M., & Jayanta, I. N. L. (2023). Impact of Phenomenon-Based Learning Model Assisted by Virtual Book-Based Digital Comics on Elementary-School Students’ Agile Innovation and Independence in Science Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3). https://doi.org/10.15294/jpii.v12i3.46881. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v12i3.46881
Chinaka, T. W. (2021). The effect of PhET simulation vs. phenomenon-based experiential learning on students’ integration of motion along two independent axes in projectile motion. Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 25(2), 185–196. https://doi.org/10.1080/18117295.2021.1969739. DOI: https://doi.org/10.1080/18117295.2021.1969739
Dewi, P. Y. P., Asril, N. M., & Handayani, D. A. P. (2021). Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Kemampuan Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 32. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35570. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35570
Hidayati, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appypie Pada Materi Persamaan Trigonometri. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 107–116. https://doi.org/10.51878/knowledge.v1i1.838. DOI: https://doi.org/10.51878/knowledge.v1i1.838
I Dewa Ayu Made Parimita Dewi, & Gede Wira Bayu. (2022). E-Book Berbasis Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Muatan Matematika Kelas VI SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 353–363. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.48606. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.48606
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847. DOI: https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847
Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 186–198. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5702.
Kangas, M., & Rasi, P. (2021). Phenomenon-Based learning of multiliteracy in a Finnish upper secondary school. Media Practice and Education, 22(4), 342–359. https://doi.org/10.1080/25741136.2021.1977769. DOI: https://doi.org/10.1080/25741136.2021.1977769
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Civics and Education Studies, 6(1), 51–64. DOI: https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64
Paramita.A, N. L. P. A., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 56. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499
Rahardjo, B., Olby Anwar, A., Aprilia, A., Putri, P., & Rozie, F. (2022). Teachers’ Role as Communicator and Motivator in Facilitating Early Childhood Sex Education in Kindergarten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 283–290. https://doi.org/10.23887/PAUD.V10I2.49962. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49962
Ramadhani, R. H. D., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Penilaian Ranah Sikap dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804
Rosamsi, S., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2019). Interactive Multimedia Effectiveness in Improving Cell Concept Mastery. Journal of Biology Education, 8(1), 56–61. https://doi.org/10.15294/jbe.v8i1.28154. DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v8i1.28154
Saadah, K., & Isnaeni, W. (2020). Peran Model Brain-Based Learning Pada Pembelajaran Sistem Saraf Dalam Meningkatan Literasi Sains Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 132–149. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.3967. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.3967
Wakil, K., Rahman, R., Hasan, D., Mahmood, P., & Jalal, T. (2019). Phenomenon-based learning for teaching ict subject through other subjects in primary schools. Journal of Computer and Education Research, 7(13), 205–212. https://doi.org/10.18009/jcer.553507. DOI: https://doi.org/10.18009/jcer.553507
Wardani, S., Lindawati, L., & Kusuma, S. B. W. (2017). The development of inquiry by using android-system-based chemistry board game to improve learning outcome and critical thinking ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 196–205. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.8360. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.8360
Widiana, W. (2022). Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.48925.
Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2021). The evaluation on the use of e-learning media to improve HOTS through authentic and holistic assessments. In Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012014. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012014. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012014
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Wayan Widiana, Ni Komang Widiani, I Gede Wahyu Suwela Antara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.