Peran Pentahelix Collaboration dan Desa Model dalam Penguatan Usaha Mikro Berkelanjutan berbasis Service Learning (SL)
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i1.73606Keywords:
Desa Model, Pentahelix Collaboration, Service Learning, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS), Penguatan Usaha MikroAbstract
Penguatan Usaha Mikro (UM) merupakan upaya strategis dalam peningkatan ekonomi daerah. Program Pengabdian berbasis Kemitraan Universitas Masyarakat (KUM) pada Mata Kuliah Kewirausahaan ini menjadi salah satu bagian dari upaya penguatan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis peran pentahelix collaboration dan desa model dalam penguatan usaha mikro berkelanjutan berbasis service learning (SL). Metodologi yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu Service Learning (SL). Sebagai sebuah metode instruksional belajar yang mengkombinasikan antara teori di kelas dengan pengalaman di komunitas/lapangan, SL mempunyai karakteristik resiprokal dan epistemic (berbasis keilmuan). SL dimulai dari tahapan pra implementasi, implementasi dan pasca implementasi untuk menjawab luaran dan target dari enam program penguatan usaha mikro di Desa Tirta Mulya. Pencapaian luaran dan target tersebut juga sejalan dengan upaya percepatan pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs) bidang ekonomi. Hasil penelitian ini yaitu beberapa bentuk upaya penguatan usaha mikro yang dapat dilakukan melalui Kolaborasi program kerja dengan Desa. Pelibatan Desa Model secara holistik sangat menentukan keberhasilan pencapaian target program kegiatan dalam upaya penguatan usaha mikro. Keterlibatan secara aktif mahasiswa peserta Service Learning pada Mata Kuliah Kewirausahaan juga semakin menjadikan peran perguruan tinggi sebagai problem solver masyarakat, lebih mudah dicapai.
References
Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Salsabila Nur’aini, Anggrahi, A., Adha, N., Firmansyah, A. H., … Ariyadi. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878.
Beatrice, C., & Hertati, D. (2023). Model Pentahelix dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Manggarsari. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 7(2), 107–123. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v7i2.6261.
Binti Yahya, N. A., & Kumala Dewi, R. (2022). The Utilization of Seconhand into Chemical Props with a Service Learning Approach. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 300–317. https://doi.org/10.29062/engagement.v6i2.1235. DOI: https://doi.org/10.29062/engagement.v6i2.1235
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175. DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Goyal, K. (2021). Financial literacy: A systematic review and bibliometric analysis. International Journal of Consumer Studies. https://doi.org/10.1111/ijcs.12605. DOI: https://doi.org/10.1111/ijcs.12605
Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor_Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Umkm Di Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 15. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678 DOI: https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678
Ishak, P., & Sholehah, N. L. H. (2021). Implementasi Model Pentahelix Dalam Pengembangan UMKM Dimasa Pandemi Covid-19. Gorontalo Accounting Journal, 4(2). https://doi.org/10.32662/gaj.v4i2.1726. DOI: https://doi.org/10.32662/gaj.v4i2.1726
Kelvin, Widianingsih, I., & Buchari, R. A. (2022). Kolaborasi Model Penta Helix Dalam Mewujudkan Smart Village Pondok Ranji. J3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 7(2), 1–15. https://doi.org/10.33701/j-3p.v7i2.2587. DOI: https://doi.org/10.33701/j-3p.v7i2.2587
Kurniawan, I. D., Aprilina, D., Primaputri, J. M., & Wresty, P. (2021). Pendidikan Perlindungan Hukum Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Desa Banjarasri Guna Meningkatkan Kesadaran Hukum Bagi Pelaku Umkm. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.29062/abdi_kami.v4i2.724.
Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Hakim, S., Sukmana, E. T., & Hafizi, R. (2022). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas Pada Umkm Di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. JPMF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Formasa, 1(1). https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i1.342. DOI: https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i1.342
Liu, Y. (2017). The effects of products’ aesthetic design on demand and marketing-mix effectiveness: The role of segment prototypicality and brand consistency. Journal of Marketing, 81(1), 83–102. https://doi.org/10.1509/jm.15.0315. DOI: https://doi.org/10.1509/jm.15.0315
Lusardi, A. and Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy and retirement planning in the United States. Journal of Pension Economics & Finance, 10(4), 509–525. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/S147474721100045X. DOI: https://doi.org/10.1017/S147474721100045X
Lusardi, A. (2019). Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1). https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5. DOI: https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50. Retrieved from http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33.
Mona Novita, M. S. I., Solihin, M., & Asman4, M. (2023). Developing Community_University Partnership Program Based on Service Learning in the Development of Local MSMEs .pdf. ASEAN Journal of Community Engagement, 7(1), 96–112. https://doi.org/https://doi.org/10.7454/ajce. DOI: https://doi.org/10.7454/ajce
Muna, K. N., S, R. I. S., & Perdana, P. (2022). Proses Pendampingan dan Pengembangan Bagi Para UMKM Di Kelurahan Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2085 – 2094. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2085-2094.2022. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2085-2094.2022
Najmudin, M. F., Suryadi, A., & Saepudin, A. (2023). Implementasi model kolaborasi pentahelix dalam pengembangan sumber daya manusia UMKM. Abdimas Siliwangi, 6(3). https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17681. DOI: https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17681
Nugroho, A., Maharani, D. M., Legowo, A. C., & Purba, F. (2021). Competitiveness Enhancement of The Small Enterprises of Dried Three-Spot Gourami (Trichogaster trichopterus) in Banjar Regency, South Kalimantan Province Through Improvement of The Process Technology, Managerial, and Business Culture. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 146–160. https://doi.org/10.29062/engagement.v5i1.277. DOI: https://doi.org/10.29062/engagement.v5i1.277
Nurlatifah, H. (2022). Muslimpreneur: Entrepreneur Potential Characteristics in Indonesia as the Country with the Largest Muslim Population in the World. Studies on Entrepreneurship, Structural Change and Industrial Dynamics. https://doi.org/10.1007/978-981-16-4795-6_12. DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-16-4795-6_12
Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430. DOI: https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430
O’Cass, A. (2015). Mastering the complementarity between marketing mix and Customer-Focused capabilities to enhance new product performance. Journal of Business and Industrial Marketing, 30(1), 60–71. https://doi.org/10.1108/JBIM-07-2012-0124. DOI: https://doi.org/10.1108/JBIM-07-2012-0124
Oggero, N. (2020). Entrepreneurial spirits in women and men. The role of financial literacy and digital skills. Small Business Economics, 55(2), 313–327. https://doi.org/10.1007/s11187-019-00299-7. DOI: https://doi.org/10.1007/s11187-019-00299-7
Oktapriana, C., Nurdiniah, D., Bhuana, K. W., & Novianti, N. (2021). Pendampingan Perhitungan Harga Jual Melalui Metode Service Learning Bagi Kedai Kopi Di Kota Bekasi. Logista: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.25077/logista.5.2.265-274.2021. DOI: https://doi.org/10.25077/logista.5.2.265-274.2021
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 3. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878. DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Pratama, O. S., Partama, I. G. N. E., Rai, A. A. G., Adrie, & Rimbawa, I. M. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Banjar Babakan Desa Sukawati Gianyar. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1). https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2204. DOI: https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2204
Putro, H. P. N., Rusmaniah, Jumriani, Handy, M. R. N., & Mutiani. (2021). Business Development Strategies For Micro, Small And Medium Enterprises (Umkm) In Kampung Purun. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3991. DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3991
Rochaeni, A., Yamardi, & Fujilestari, N. A. (2022). Model Pentahelix dalam Pengembangan Pariwisata di Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Neorespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1). https://doi.org/10.52423/neores.v4i1.38. DOI: https://doi.org/10.52423/neores.v4i1.38
Rr Sri Handari Wahyuningsih, A. R. (2021). Perijinan Usaha Industri Rumah Tangga Sebagai Strategi Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Usaha. In WEBINAR ABDIMAS 4 - 2021: Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Model Peningkatan Kapasitas Masyarakat Era Covid-19 (Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat) (p. 1423). https://doi.org/10.18196/ppm.44.764. DOI: https://doi.org/10.18196/ppm.44.764
Saridewi, A. rencana, & Suari, L. R. D. (2022). Model Pentahelix dan Kalkulasi Harga Pokok Produksi pada Usaha Kecil Pengrajin Endek di Desa Busungbiu Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Proesi, 13(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JAP/article/view/46560.
Scott, J., & Sulsberger, M. J. (2019). Exploring the contributions of an immersive, environmental education workshop on pre-service teachers’ environmental education preparedness. Sustainability (Switzerland), 11(). https://doi.org/10.3390/su11226505. DOI: https://doi.org/10.3390/su11226505
Sutikno, B., Hastari, S., & Oktafiah, Y. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Peningkatan Kapasitas Manajemen Dan Inovasi Produk Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Pelaku Usaha Mikro Di Desa Kalipang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.2942. DOI: https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.2942
Syahrial Sidik, Muhamad Ihsan, M. A. (2023). Edukasi Strategi Pemasaran Digital Melalui Sosial Media bagi UMKM di Desa Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garu. Community Engagement & Emergence Journal, 4(1), 55–59.
Tan, E., & Syahwildan, M. (2022). Financial Technology dan Kinerja Berkelanjutan Usaha Mikro Kecil : Mediasi Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23(1). https://doi.org/10.30596/jimb.v23i1.8535.
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2). https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649. DOI: https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649
Wisudayati, T. A., Hendarto, K. A., & Hidayat, D. C. (2020). Implementation of Pentahelix Collaboration Model in the Development of Government Institution’s Potency as General Services Agency. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea, 9(1). https://doi.org/10.18330/jwallacea.2020.vol9iss1pp13-22. DOI: https://doi.org/10.18330/jwallacea.2020.vol9iss1pp13-22
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mona Novita mona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.