Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bersaudara dalam Mendukung Terciptanya Ruang Bersama bagi Warga Masyarakat

Authors

  • Sri Mulyani Sekolah Tinggi Teologi Moriah, Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i3.82155

Keywords:

TBM Bersaudara, Taman Bacaan Masyarakat, Ruang Bersama, Hidup sehat

Abstract

Sebanyak 3,18% penduduk Indonesia yang berusia di atas 10 tahun masih buta aksara. Ini menjadi kepribatian yang perlu direspon dengan penguatan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa manfaat dari pendirian Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bersaudara dalam menciptakan ruang bersama bagi warga masyarakat. Metode penelitian yang dilakukan adalah secara kualitatif dengan action plan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik samping dilakukan dengan purposive random sampling. Informan dalam penelitian sebayak 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur organisasi dan rancangan program kegiatan RW belum menyentuh anak-anak. Remaja dan pemuda memiliki wadah organisasi karang taruna, kaum bapak tergabung dalam komunitas olah raga, dan kaum ibu memiliki komunitas arisan. Anak-anak luput dari perhatian. Pendirian TBM Bersaudara yang berbasis inklusi sosial merupakan jawaban untuk mengakomodir terciptanya ruang bersama bagi masyarakat. Fokus kegiatan rutin untuk menyediakan ruang bersama bagi anak-anak. Sedangkan kegiatan terprogram dirancang untuk pengembangan kapasitas bagi usia yang lebih dewasa. TBM Bersaudara berperan dalam menciptakan ruang bersama bagi warga masyarakat, meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan warga, sehingga dapat meningkatkan kreatifitas, perilaku positif, dan kualitas hidup. Implikasi penelitian ini adalah TBM dapat berperan sebagai katalisator untuk kegiatan komunitas, seperti diskusi kelompok, lokakarya, dan acara budaya, yang pada gilirannya dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan sosial.

References

Achmad, W. K. S., & Dkk. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Media Dan Sumber Belajar Pada Komunitas Guru Pecinta Alam (Gurila. International Journal Od Community Service Learning, 8(1), 70–78,. Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V8i1.75907.

Anita, J., & Dkk. (2019). Kajian Terhadap Ruang Publik Sebagai Sarana Interaksi Warga Di Kampung Muararajeun Lama, Bandung. Reka Karas. Jurnal Online Institut Teknologi Bandung, 1(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.26760/Rekakarsa.V1i1.

Baeti, N., & Sowanto, D. (2021). Pemberatasan Buta Aksara Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (Sdsm) Di Keluarahan Panatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima. Masyarakat, 1(1), 37–42. Https://Doi.Org/10.53299/Bajpm.V1i1.42.

Derry, A. (2020). Rencana Bisnis “Indonesian’s Coffe Shop.” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 112 117. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.V5i2.11144.

Dwiyantoro. (2018). Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 16. Https://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Jkip.

Febianti, Y. N. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/331437373.

Himawan, A. Dkk. (2021). Keterlibatan Warga Dalam Pembentukan Ruang Publik (Analisa Pembentukan Ruang Publik Dalam Revitalisasi Pasar Tradisional Di Kota Surakarta. Jurnal Analisa Sosiologi, 2(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.20961/Jas.V2i1.17380.

Jessica, V., & Dkk. (2020). Pemberatasan Buta Aksara Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat Sekitar Hutan Desa Manipi, Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 136–142. Https://Doi.Org/10.29244/Agrokreatif.

Lusiana, E., & Dkk. (2020). Peran Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Inklusi Sosial Dalam Mendukung Tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Di Kabupaten Bandung. Jurnal Bip: Berkala Ilmu Perpustakaan, 19(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.22146/Bip.V19i1.1373.

Mapadang, A., & Sinaga, M. (2019). Pentingnya Perencanaan Keuangan Yang Cerdas Dan Efektif Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Abdinus, Jurnal Pengabdian Busantara, 6(3), 665–675. Https://Doi.Org/10.29407/Ja.V6i3.17728.

Marwiyah, R. (2018). Peran Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Rumah Sinngah Anak Mandiri Yogyakarta. Pustakawan: Media Pustakawan, 27(1), 14–25. Https://Doi.Org/10.37014/Medpus.

Mawaddah, R. (2020). Dkk Gerakan Litarasi Berbasis Inklusi Sosial Di Taman Bacaan Masyarakat Sehati Kabupaten Bandung. Informastio, Journal Of Library And Information Science, 4(1), 16. Https://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Informatio/Article/View/44609.

Mulyani, S. (2021). The Effect Of Restoring Your Heart (Ryh) Ministry, Finfing Roots Of Bitterness, And Emotional Management, On Heart Healing: A Quantitative Study In Indonesia. Pharos Journal Of Theology, 104(3), 1–16. Https://Doi.Org/10.46222/Pharosjot.104.323.

Mulyani, S. (2023). Pentingnya Mengekspresikan Emosi Dengan Cara Yang Sehat Untuk Mencapai Kesusksesan Dalam Kehidupan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 554–562. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.8274249.

Muryadi, A. D. (2020). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 19. Https://Ejournal.Utp.Ac.Id/Index.Php/Jip/Article/View/538.

Nabilla, S. Dan D. D. (2019). Pengaruh Lingkunagn Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Zona Psikologi Universitas Batam, 4(3), 66–73. Http://Ejurnal.Univbatam.Ac.Id/Index.Php/Zonapsikologi.

Pakudek, M. (2022). Peran Lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Dalam Peningkatan Kapasitas Perempuan Desa Sea Kecamatan Pinang Kabupaaten Minahasa. Agri-Sosial Ekonomi Unsrat, 14(3), 213–222. Https://Doi.Org/10.35791/Agrsosek.14.3.2018.22222.

Rahmadanita, A. (2019). Rendahnya Literasi Remaja Di Indonesia: Masalah Dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 54–61. Https://Doi.Org/10.20961/Jpi.V8i2.66437.

Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2020). Perencanaan Keuangan Dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Penguatan Literasi Keuangan. Jurnal Warta Lpm, 24(2), 309–318. Https://Doi.Org/10.23917/Warta.V24i2.12217.

Sardila, V. (2020). Implementasi Pengembangan Nilai-Nilai Etika Dan Estetika Dalam Pembentukan Pola Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Dakwah Risalah, 26(2), 86–93. Https://Doi.Org/10.24014/Jdr.V26i2.1217.

Statistik, B. P. (2022). Angka Buta Aksara Penduduk 10 Tahun Ke Atas Menurut Provinsi Dan Jenis Kelamin (Persen. Diakses, 14(14), 13 04. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Statistics-Table/2/Ntm5izi.

Suyanto, Dkk. (2018). Hubungan Perkembangan Sosial Dengan Kesehatan Mental Pada Anak Usia Sekolah (Vol. 2, Issue 2). Jurnal Ilmu Sosial.

Veranita, M., & Dkk. (2020). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh Umkm Di Era Pandemi. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajeman, 13(1), 89–95. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.

Winnoto, Y. Dan S. (2022). Membangun Koleksi Taman Bacaan Masyarakat Yang Berbasis Inklusi Sosial (Buliding Public Park Reading Collection Based On Social Inquiry. Pustaka Karya, 8(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.18592/Pk.V7i15.3709.

Yusniah, Dkk. (2021). Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Untuk Menumbuhkan Minta Baca Masyarakat. Da Watuna Journal Of Communication And Islamic Broadcasting, 3(2), 411–416. Https://Doi.Org/10.47467/Dawatuna.V3i2.2494.

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Mulyani, S. (2024). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bersaudara dalam Mendukung Terciptanya Ruang Bersama bagi Warga Masyarakat. International Journal of Community Service Learning, 8(3), 236–247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i3.82155

Issue

Section

Articles