Produksi Beras Kencur dan Kunyit Asam dalam Kemasan Botol Berlabel serta Penyuluhan Teknik Pemasaran via Marketplace pada Perhimpunan Pelajar Indonesia (PII) Brunei Darussalam dan PKK
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i3.84122Keywords:
PPI Brunei Darussalam, Pelajar, Mahasiswa Indonesia, PKK, Produksi, Jamu, KewirausahaanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya pembekalan kewirausahaan, serta rendahnya keterampilan menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan memiliki daya saing. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan melalui produksi dan pemasaran jamu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan melalui kegiatan P2M. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yaitu Anggota PPI Brunei Darussalam dan Anggota PKK RT 03 RW 19 Ngringo Karanganyar Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara. Kemudian data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui efektivitas pelatihan dan penyuluhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Anggota PPI Brunei Darussalam dan ibu-ibu PKK Ngringo Surakarta mampu memproduksi jamu yang terdiri dari beras kencur, kunyit asam dengan peralatan modern, proses yang higienis dan dikemas dalam botol berlabel. Selain itu, Anggota PPI Brunei Darussalam dan ibu-ibu PKK Ngringo Surakarta memiliki pengetahuan tentang analisis kelayakan usaha dan pemasaran produk jamu melalui aplikasi di market place. Penelitian ini memberikan implikasi pada peningkatan keterampilan dan pemahaman peserta, baik di kalangan pelajar Indonesia di Brunei Darussalam maupun anggota PKK di Ngringo, Karanganyar, dalam memproduksi minuman tradisional beras kencur dan kunyit asam yang siap jual.
References
Addo, P. C., Fang, J., Asare, A. O., & Kulbo, N. B. (2021). Customer Engagement And Purchase Intention In Live-Streaming Digital Marketing Platforms. Service Industries Journal, 41(11–12), 767–786. https://doi.org/10.1080/02642069.2021.1905798.
Adiyasa, M. R., & Meiyanti, M. (2021). Pemanfaatan obat tradisional di Indonesia: distribusi dan faktor demografis yang berpengaruh. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(3), 130–138. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2021.v4.130-138.
Agnihotri, R. (2020). Social Media, Customer Engagement, And Sales Organizations: A Research Agenda. Industrial Marketing Management, 90(July), 291–299. https://doi.org/10.1016/J.Indmarman.2020.07.017.
Aisyah, S., Dian, F. A., & Iffan, M. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Jamu di Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindsutri, 10(4). https://doi.org/10.24843/JRMA.2022.v10.i04.p09.
Alwan, M., & Alshurideh, M. T. (2022). The Effect Of Digital Marketing On Purchase Intention: Moderating Effect Of Brand Equity. International Journal Of Data And Network Science, 6(3), 837–848. https://doi.org/10.5267/J.Ijdns.2022.2.012.
Ariani, S. R. D., Susilowati, E., Shidiq, A. S., Nuraini, A., Hakim, C. N., & Safitri, N. I. (2023). Pendampingan Produksi Jamu Gendong dalam Kemasan Botol Berlabel dan Penyuluhan Teknik Pemasarannya Melalui Aplikasi GoFood pada UKM Herbal Suti Sehati di Nguter Sukoharjo. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(6), 1787–1800. https://doi.org/10.54082/jamsi.1019.
Arnold, P. W., Nainggolan, P., & Damanik, D. (2020). Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. Ekuilnomi:Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1), 29–39. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v2i1.349.
Aswin, U. R., Gustina, L., & Dianti, M. R. (2023). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner di Cafe Uniang Pasca Pandemi Covid - 19 : GOFOOD DAN SHOPEEFOOD. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.47233/jpmittc.v2i2.1042.
Azahra, F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli Kfc Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. Jurnal Economina, 2(2), 678–691. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.351.
Fatma, M., & Ruzikna, R. (2024). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan Digital Payment Terhadap Pendapatan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Sektor Kuliner Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ, 5(2), 3518–3565. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4578.
Firmansyah, A. (2020). Pengaruh Produk, Harga Dan Lokasi Kepuasan Konsumen Serta Niat Pembelian Ulang Pada Produk Gadai Emas Ib Barokah Di Bank Jatim Cabang Syariah Surabaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 182. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1086.
Fitriani, D. R., Salasah, D. A. I., Handayani, N., Nurkamil, M. R., Saputri, B. C., Fuadiyan, L. A., Phelia, N. A., Prana, J. I., Humaira, A. N., Sumolang, M. C., Raisya, M. R. K., Kamilah, S. S., Khasanah, N. A., Ramadhan, P., Rahmaisty, F., & Hermana, W. (2024). Pelatihan Pembuatan Jamu Kunyit Serbuk di Desa Sinarsari Guna Mendukung Desa Cerdas dan Sehat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(1), 259–266. https://doi.org/10.54082/jamsi.1079.
Fuadillah, S., Amalia, A. A., & Nur, K. W. (2021). Pelatihan Food Photography Bagi Kelompok UKM Kuliner Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 151–158. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i2.819.
Halim, F. S., Rahmawati, R., & Mardiah, S. (2022). Strategi Penjualan Makanan Melalui Media Digital : Gofood, Grabfood, dan Shopeefood. Devosi, 3(2), 40–48. https://doi.org/10.33558/devosi.v3i2.4585.
Kurniawan, F. Y., Jalil, M., Purwantoro, A., Daryono, B. S., & Purnomo. (2021). Jamu kunir asem: ethnomedicine overview by javanese herbal medicine formers in Yogyakarta. Jurnal Jamu Indonesia, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.29244/jji.v6i1.211.
Kusmita, L., Dwi Franyoto, Y., Mutmainah, M., Puspitaningrum, I., & Kadek, B. I. (2024). Pelatihan Pembuatan Jamu Saritoga dan Penyuluhan Sistem Imun Pada Ibu PKK. JIPMI [Internet, 3(2), 1–4. http://103.97.100.158/index.php/jipmi/article/view/217.
Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan imunitas tubuh secara alami selama pandemi. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services, 4(2), 465. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.465-471.
Lestari, S., Roshayanti, F., Purnamasari, V., & Keluarga. (2019). Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pemanfaatan Tanaman Toga Sebagai Jamu. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 22–26. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i1.17486.
Nabila, W. K., & Negoro, D. A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Customer Engagement, dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Fashion Lokal Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20207–20218. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9462.
Preasetianto, S., B., F., M.., K., M.., D., & Cahya, A. D. (2021). Analisis Layanan Go-Food Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Kuliner Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 5(3), 461–471. https://doi.org/10.22219/jie.v5i3.16830.
Putra, K. A. D., Hidayatullah, F., & Farida, N. (2020). Mediatisasi Layanan Pesan Antar Makanan di Indonesia Melalui Aplikasi Go-Food. Islamic Communication Journal, 5(1), 114. https://doi.org/10.21580/icj.2020.5.1.5416.
S., H. W., A., A., Suprijono, A., Susanti, E., Rininingsih, U., & Adityasmara, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional Di Kwt Mulya Sejahtera, RW 1, Plalangan, Gunungpati, Semarang. Jurnal DiMas, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53359/dimas.v1i1.3.
Safitri, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional untuk Masyarakat Perumahan Graha Mitra Citra Balai Warga RT 07/RW05 Kec. Panongan. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 1(2). https://doi.org/10.31764/lpk.v1i2.22983.
Santoso, A. V. (2020). Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Repeat Purchase dengan Customer Engagement dan Customer Experience sebagai Variabel Intervening pada Layanan Pesan-antar Makanan Go-Food di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–12. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/11201/9929.
Sari, J. E. O. R., Hadita, H., & Komariah, N. S. (2024). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Go-Food pada Aplikasi Go-Jek: (Studi Kasus pada Warga Kelurahan Kaliabang Tengah Bekasi Utara. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME, 2(2), 174–183. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i2.1531.
Setiawan, A., Heriyawati, Y., & Saleh, S. (2022). Visualization Of Food Photography In The Gofood Menu In Majalaya. Arty: Jurnal Seni Rupa, 11(1), 27–38. https://doi.org/10.15294/arty.v11i1.58261.
Sofiatunnufus, S., Mulyo, A. P., Nurmalia, A. R., Oktaviani, A., Dahlia, A., Fitri, M. S., Azizah, R. B., Farida, S., Azis, T., Sumarsono, J., & Puspitasari, C. E. (2022). Sosialisasi pembuatan jamu tradisional dari tanaman obat keluarga (toga) di Desa Batu Kumbung. Kecamatan Lingsar, Lombok Barat. INDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 55–60. https://doi.org/10.29303/indra.v3i2.175.
Sulastriningsih, R. D., Dewi, S. W. K., Komalasari, Y., Mauliana, P., Firmansyah, R., & Hunaifi, N. (2023). Analisis Implementasi Online Food Delivery (OFD) Sebagai Strategi Pemasaran Digital di Food Court Tjendana Food Point. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 293–304. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1740.
Syahrudin, M. G. M., Pangesthi, L. T., Kristiastuti, D., Lutfiati, D., Dewi, R., & Ruhana, A. (2021). Edukasi Dan Pembuatan Jamu Instan Berbasis Home Industry Bagi Masyarakat Yang Terkena Dampak Ekonomi Dalam Masa Pendemik. Abimanyu:: Journal of Community Engagement, 2(2), 19–28. https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.12158.
Yusransyah, S., N., S., Fathiyati, R., N., S., Halimatusyadiah, L., Endah, I., R., H., A., & Pertiwi, M. (2023). Pelatihan pembuatan jamu instan pada masyarakat di Desa Kemanisan Kecamatan Curug Serang sebagai upaya peningkatan kemandirian ekonomi keluarga. Jurnal Abdi Masyarakat Kita, 3(1), 84–94. https://doi.org/10.33759/asta.v3i1.366.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Ulfa, Sri Retno Dwi Ariani, Sri Yamtinah, Mohammad Masykuri, Ari Syahidul Shidiq, Azizah Nur Prasetyawati, Nadia Indri Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.