Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Visual terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • Wira Adnyana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Problem Solving berbantuan media audio visual dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Srikandi dengan jumlah 396 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VB SD Negeri 1 Sumerta sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 2 Sumerta sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 34 siswa pada kelompok ekperimen dan 24 orang siswa pada kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Solving berbantuan media audio visual dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional (thit = 7,09 > ttabel = 2,003) dengan dk = 56 dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Problem Solving bebantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Adnyana, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Visual terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(2), 87–93. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14409

Issue

Section

Article