Pengaruh Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA

Authors

  • Superni Superni

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VII Kecamatan Kubutambahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan Single Factor Independent Groups Design. Populasi dalam penelitian sebanyak 137 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 44 siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Data berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan tes uraian, dan data penguasaan konsep IPA siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model siklus belajar 5E secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 7,055; p < 0,05); kedua, penguasaan konsep IPA siswa yang mengikuti model siklus belajar 5E secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 13,219; p < 0,05); ketiga, secara simultan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA antara siswa yang mengikuti model siklus belajar 5E secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 7,440; p < 0,05). Model konvensional yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ceramah.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Superni, S. (2018). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14413

Issue

Section

Article