Pengaruh Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14413Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VII Kecamatan Kubutambahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan Single Factor Independent Groups Design. Populasi dalam penelitian sebanyak 137 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 44 siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Data berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan tes uraian, dan data penguasaan konsep IPA siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model siklus belajar 5E secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 7,055; p < 0,05); kedua, penguasaan konsep IPA siswa yang mengikuti model siklus belajar 5E secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 13,219; p < 0,05); ketiga, secara simultan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA antara siswa yang mengikuti model siklus belajar 5E secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 7,440; p < 0,05). Model konvensional yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ceramah.Downloads
Published
2018-06-29
How to Cite
Superni, S. (2018). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14413
Issue
Section
Article
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)