Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Realita terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Ayu Erawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing berbantuan media realita terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus XV Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan pola dasar single factor independent group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 210 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 73 orang siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Data motivasi berprestasi siswa dikumpulkan dengan kuisioner dan data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, motivasi berprestasi siswa yang mengikuti metode penemuan terbimbing berbantuan media realita secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 1687,145; p < 0,05); kedua, hasil belajar matematika siswa yang mengikuti metode penemuan terbimbing berbantuan media realita secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 159,515; p < 0,05); ketiga, secara simultan motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti metode penemuan terbimbing berbantuan media realita secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Erawati, A. (2018). Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Realita terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 131–137. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14415

Issue

Section

Article