Meningkatkan Kinerja Guru Bahasa Indonesia dalam Melaksanakan Pembelajaran pada Siswa Kelas XI TKRI Semester Satu SMK Negeri 2 Negara Melalui Bimbingan Terjadwal

Authors

  • Adam Iskandar Bunga SMK Negeri 2 Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran bagi siswa kelas XI TKRI di SMK Negeri 2 Negara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) melalui penerapan Bimbingan Terjadwal. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Setelah data terkumpul dilanjutkan dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: pelaksanaan bimbingan terjadwal sangat efektif dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru bahasa indonesia dalam melaksanakan pembelajaran pada siswa kelas XI TKRI Semester Satu SMK Negeri 2 Negara Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Anonim. 2005. Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta.

Afdal, M.Suya, Syamsu & Uman. 2014. Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol. 2, No.3.

Ali Ramdhani, Muhammad. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol.8, No.1.

Alma, Buchari, (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar.Bandung: Alfabeta.

Bhakti,Caraka Putra. 2015. Bimbingan Dan Konseling Komprehensif : Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, Volume 1 No. 2, Hlm. 93-106.

Depdiknas (2002). Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad ke 21 (SPTK-21). Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri (2006). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka

Lailatussaadah.2015.Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015

Muslich, Masnur. (2007) Sertifikasi Guru Menuju Profesionalime Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar (2007). Manajemen Sumber Daya manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

------------- (2003). Standar Kompetensi Guru (SKG). Jakarta: Depdiknas. Cipta.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suhardjono. Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Suherman, Aris dan Ondi Saondi. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: T Refika Aditama

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Wagiran. 2010. Kajian Model-Model Penilaian Kinerja Guru. Aptekindo 2010 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik UNY

Wardani,Kristin Tyas. 2012. Pembangunan Sistem Informasi Akademik Lembaga Bimbingan Belajar Spectrum. Journal Speed, Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Volume 4, No 2.

Downloads

Published

2018-11-23

How to Cite

Bunga, A. I. (2018). Meningkatkan Kinerja Guru Bahasa Indonesia dalam Melaksanakan Pembelajaran pada Siswa Kelas XI TKRI Semester Satu SMK Negeri 2 Negara Melalui Bimbingan Terjadwal. International Journal of Elementary Education, 2(4), 298–305. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16108

Issue

Section

Article