Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16109Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya nilai siswa khususnya pada mata materi sistem peredaran darah yang diakibatkan oleh proses pembelajaran yang kurang aktif, kreatif, dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan kevalidan media SEPEDA pada siswa kelas V di tiga sekolah yaitu SDN Blimbing 1, SDN Kedungmundu, dan SDN sendangmulyo 01. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Perolehan hasil nilai validasi ahli media sebanyak 96% dengan kriteria “sangat baik” dan nilai validasi materi sebanyak 63% dengan kriteria “baik”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Blimbing 1 tahun ajaran 2017/2018. Hasil dari perolehan nilai rata-rata preetest 10,3 dengan kriteria “sangat kurang” dimana nilai tertinggi 30 dan nilai terendah 0. Sedangkan perolehan nilai rata-rata Posttest siswa sebanyak 67,4 dengan kriteria “baik” dimana nilai tertinggi sebanyak 100 dan nilai terendah 20References
Aisyah Nurul, dkk. 2018. Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti Jurusan Pendidikan IPA (Vol : 2 No: 1 Tahun 2018).
Ali Usman, dkk. 2013. Pengelolaan Pembelajaran Ipa Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (vol 3 Tahun 2013).
Azhar Arsyad. 2011.Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Iskandar. 3013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.
Kamil Mochamad Budiarto. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas V Sd Negeri Karangmloko 2. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan (Vol : 6 No 8 Tahun 2017)
Munadi Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: REFERENSI.
Sanaky Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.
Subyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa. Semarang: Jl. Kelud raya No 2.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sukmadinata Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Suprijono Agus. 2017. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Syafril dan Zen Zehendri. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jl. Kebayunan No. 1: KENCANA
Thobroni M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Maguwoharjo: AR-RUZZ MEDIA.
Tursinawati. 2013. Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran Ipa di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir (Vol : 1No 1 Tahun 2013).
Umar. 2013. Media Pendidikan Peran Dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah (Vol : 10 No 2 Tahun 2013).
Walid Ahmad. 2017. Stategi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiarto Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani: Yogyakarta: Jl. Candi Gebang I No 23.
Wonorahardjo Surjani. 2010. Dasar-Dasar Sains Menciptakan Masyarakat Sadar Sains. Jakarta Barat: Jl Topaz Raya C2 No. 16.
Yuliyanto Eko. 2015. Pro-Lingkungan Dan Sains: Memanfaatkan Limbah Compact Fluorescent Lamp (Cfl). Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang.(Vol 3 : No 1 Tahun 2015).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)