Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tema 1 Subtema 1: Hidup Rukun Di Rumah Untuk Meningkatkan Minat Membaca Bagi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16110Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang menghasilkan media berupa buku cerita bergambar tema 1 subtema:1 hidup rukun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan sekolah, meningkatkan minat membaca dan meghasilkan buku cerita bergambar “Rukun itu Indah” untuk peserta didik yang layak. Pengembangan media buku cerita bergambar dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kalitatif yang dilakukan dengan 3 langkah pokok penelitian, yaitu: Pertama, Studi pendahuluan yang mencakup kebutuhan Sekolah Dasar dan pentingnya media. Kedua, penyusunan draft produk melalui tahap pembuatan tema, ilustrasi, desain karakter, penyusunan buku cerita bergambar, validasi materi,validasi media. Ketiga, uji coba produk bagi siswa kelas 2. Hasil penelitian berupa buku cerita bergambar yang berisi materi pendidikan hidup rukun di rumah ini telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan dinyatakan layak. Buku cerita bergambar telah di uji cobakan kepada peserta didik sekolah dasar dan peserta didik mampu memahami materi hidup rukun di rumah dengan baik.
References
Saleh, Abdul Rahman & Wahab Nuhbib. (2014). Psikologi suatu pengantar dalam persfektif islam. Jakarta: Kencana.
Ahmad, A. (2015). penerapan permainan bahasa (katarsis) untuk meningkatkan ketrampilan membaca . jurnal pendidikan dasar vol 9, no 2, 75-83.
Asmawan, M. C. (2018). kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mendukung gerakan litteasi sekolah. jurnal pendidikan dan ilmu sosial vol,28 no.1 , 46-57.
Borg,W.R.,& Gall,M.D. (1989). Eduvational reserach. An Introduction (5th ed.). NY Longman: White Plaints.
Effendy Y, bangsa G, Yudani H.D. (2013). Perancangan Buku Bergambar Dany Denunai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Universitas Kristen Petra.
Irham, Muhammad dan Novan. 2014. Bimbingan & Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Miranda, Dian. 2018. Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Volume 10 Nomor 1.
Mukhlisah AM. (2015). Pengembangan kognitif jean paiget dan peningkatan belajar anak diskakulia . Jurnal Kependidikan Islam, 118-143.
Ristiningtyas, O. T. (2016). pengembangan media pembelajaran cerita bergambar untuk mata pelajaran IPA pada kelas 3 SD Pangudi Luhur Ambarawa semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Salatiga: repository uksw . BIBLIOGRAPHY
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukanda, Febylia, Wiryo Nuryono. 2016. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Tema Pekerjaan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Karier Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal BK UNESA Vol 6 Nomor 2.
Saputri, A. T. (2017). Pengembangan media desain pembelajaran tematik berbasis pendekatan contextual teaching and learning kelas 4 sekolah dasar. repository uksw.
Yuliani, I. (2012). hubungan minat baca buku ips dengan prstasi belajar ips siswa se gugus 3 kecamatan pleret kabupaten bantul yogyakarta . lumbung pustaka universitas negeri yogyakarta, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)