Pemecahan Masalah Matematika Kelas V Menggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD)
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16111Abstract
Siswa merasa materi Matematika merupakan materi yang sangat sulit karena mempunyai banyak rumus yang sulit untuk dihafalkan, siswa merasa bosan saat pembelajaran Matematika, guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Student team achievement division (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri 04 Troso Pecangaan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan desain penelitian One- Grup Pretest- Posttest Designs. Sampel penelitian adalah semua siswa-siswi kelas V SD Negeri 04 Troso Pecangaan Jepara tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitan diperoleh rata-rata nilai pretest 50,25 dan rata-rata nilai posttest 72,75. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data melalui perhitungan uji t diperoleh nilai 8,48 dan = 2,09. Karena > , Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 04 Troso Pecangaan JeparaReferences
Ajay, K., (2016), Effect of Student Teams Achievemnt Division (STAD) method on problem solving ability in relation to Critical Thinking, International Journal Of Advanced Research and Development, Vol. 1, Page No. 26-30, ISSN: 2455-4030
Bhoke, Wilibaldus. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievemment Division (STAD) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada- Flores”, Volume 3, ISSN: 2355-5106 (hlm 106).
Giarti, Sri. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle Wonosegoro. Scholaria. 4 (3), 13-27.
Gusniar, (2013), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol 2, No. 1, ISSN: 2354-614X
Hidayati, Imtihani Nur Arum, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI Man Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol.2, No.2.
Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Lasia, I Nyoman. 2014. “Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajran Ips Di Kelas Iii Sd Negeri 12 Padang Sambian Kota Denpasar Tahun 2013/2014”, Vol 2 No 1.
Muhsetyo Gatot, dkk. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurhadi dan Senduk, Agus Gerrad. 2003 Pembelajaran Kontektual dan Penerapan Dalam KBK. Malang: IKIP Malang.
Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.
Rattanatumma, T., (2016), Assessing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning Achievement and Problem Solving Ability, Journal of Education and Practice, Vol. 7, No. 12
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin, Robert E.2016.Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik.Terjemahan Narulita Yusron.Cooperative Learning: theory, research and practice. 2005.Bandung:Nusa Media.
Siswanto, R., (2014), Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Geogebra (Studi Eksperimen Di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Provinsi Banten), Jurnal Pendidikan dan Keguruan, vol 1, No.1
Sudiarpa, Komang, 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPA di SD No. 3 Songan”, Volume 3 (pg 01).
Sudiarsini, Made, 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD”, Vol 4 (pg 01).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD). Bandung : Alfabeta.
Uno,H. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, Santi. 2015. “ Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video”, Vol : 22, No. 20.
Wahyudi, dan Kriswandani. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Salatiga: Widya Sari Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)