Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Benda-Benda Langit Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16112Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Benda-Benda Langit dengan menggunakan media gambar di kelas V Semester II SD No. 3 Mengwi. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD No. 3 Mengwi. Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data kuanitatif terdiri dari rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi benda-benda langit Kelas V Semester II di SD No. 3 Mengwi Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari pre test sampai siklus terakhir (siklus 2). Rata-rata kelas juga meningkat dari 69.81 pada siklus I, meningkat menjadi 77.12 pada siklus II, atau meningkat sebesar 7.31.References
Dewantara, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin). Jurnal Paradigma Volume 11 Nomor 2 Juli 2016, 41 - 44.
Hidayat, W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vb Sdn 1 Cakranegara Tahun Ajaran 2015/2016. 1 - 14.
Indah, N. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Pokok Sumber Energi Gerak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas I.A SD Negeri 9 Kabangka Tahun Ajaran 2014/2015. 50 - 55.
Iskandar, Srini M. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Sekolah Dasar. Surabaya:
Isnaningsih. 2013. “Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Indonesian Jurnal of ScienceEducation, Volume 2, Nomor 2.
Juniati, Ni Wayan. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasi Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 1, Nomor 1.
Kayana, Pahala Alalam. 2012. Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audio Visual (CD Interaktif) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Cabak Kecamatan Jiken Kabupaten Blora Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Kusumaningrum, Putu Citra Arni. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol 2, No 1.
Putra, I Ketut Dedi Agung Susanto. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDI. Universitas Pendidikan Ganesha: Vol 5 No: 2.
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 36 Tahun ke 5 2016, 3456 - 3465.
Samatowa,Usman.2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisis 1 mei 2015, 93 - 102.
Suryanta, I Made. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scrambel Berbantuan Media Gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha: Vol 2 No: 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)