Pengaruh Model TGT Berbantu Media Pinball Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17280Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan berencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dengan pembelajaran menggunakan model Kooperatif Tipe TGT berbantu media pinball diharapkan mampu mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar mata pelajaran Matematika kelas V SD N 03 pamutih dalam pembelajaran materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N 03 Pamutih Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2018-2019. Berdasarkan olah data menggunakan uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model TGT berbantu media pinball terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N 03 Pamutih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengaruh peningkatkan hasil belajar siswa setelah diberikan model TGT berbantu media pinball sebesar 23,3%.References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta :Bumi Aksara.
Aryun Nailun Nasikhah, Florentina Widihastrini, Susilo Tri Widodo. 2016. Pengembangan Game Education Pembelajran Pkn Materi Menghargai Keputusan Bersama Kelas V SD. Jurnal Kreatif September 2016.
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Azizah, Purnomo, dan Reffiane. 2018. Pengaruh Model TGT Berbantu Media Utama Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Sekolah (JS). Vol 2 (4) September 2018, hlm. 329-335.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Heruman. 2016. Model Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih dan Berlin. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Jakarta: Kata Pena.
Putra Fredi Ganda. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Softwere Cabri 3d di Tinjau Dari Kemampuan Koneksi Mateamtis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6, No. 2, 2015, Hal 143 – 153.
Qalbi, Mantasiah, Jufri dan Yusri, 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team GamesTournaments Dalam Ketrampilan Menulis Bahsa Jerman Siwswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Volume 20, Nomor 1, Juni 2017, hlm. 67-72.
Sabrina Ridha, Fauzi, M. Yamin. 2017. Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri Garot Geucu Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 4, 108-118.
Sari Erma Andhika. 2011. Penerapan Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Upaya Meeningkatkan Kemampuan Bercira Siswa Kelas X-B SMA Ma’arif Pandaan-Pasuruan Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Artikulasi Vol.12 No.2.
Shoimin,Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendri Heri. 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1(1): 29-39 ISSN: 2088-351X.
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group.
Widyawati Riana Lilis, Suryadi Budi Utomo, dan Sulistyo Saputro. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Dilengkapi Flash Chemquiz Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon Pada Siswa Kelas X-8 Sma Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 5 No. 4 Tahun 2016 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret.
Zuhri Saputra Hadi. 2016. Pengembangna Media Smart Pinball Pada Pembelajaran Tematik Tema Makananku sehat dan Bergizi Kelas IV Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)