Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Multimedia terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18527Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian non-equivalent. Jumlah populasi adalah 393 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampel kelompok, yakni dengan mengacak kelas. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas IVc SD Negeri 2 Dangin Puri sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 33 orang dan kelas IVb SD Negeri 5 Tonja dengan jumlah 41 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian berupa tes objektif yang telah divalidasi sebanyak 36 butir soal. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t bahwa thitung = 6,193 > ttabel = 2,000 dengan kriteria taraf signifikansi 5% dan dk=72. Demikian pula nilai rerata kompetensi pengetahuan IPS kelompok eksperimen x̅ = 0,59 > x̅ = 0,41 rerata kompetensi pengetahuan IPS kelompok kontrol. Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara tahun pelajaran 2017/2018.
References
Aliputri, Dhestha Hazilla. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A Hal. 70-77. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD. Diakses 4 Juni 2019.
Antari,Wina. 2013. “Pengaruh Model kooperatif tipe think pair share(Berbantuan Multimedia
terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Denpasar Selatan”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume 1, Nomor 1 (hlm 1).
Ariantini Afri, Ni Kadek. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Shareterhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya”. E-journal. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha, Volume Nomor 2 (hlm 1).
Asmani, Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Press.
Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran Visual - Audio Visual -Komputer-Power Point-Internet-Interactive Video. Yogyakarta: Kata Pena.
Fatimah, Nuraini. 2015. Implementasi Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share dalam Pembelajaran Bercerita di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16, No. 2 Hal. 90-98. http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/1862. Diakses 4 Juni 2019.
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS “Filosofi, Konsep, dan Aplikasi”. Bandung: Alfabeta.
Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jasdilla. 2017. “Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share”. Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia. Volume 6, Nomor 1 (hlm. 96).
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model
Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Musfiqon, 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Nurdin, Elan Artono, Bejo Apriyanto, Fahrudi Ahwan Ikhsan, dan Fahmi Arif Kurnianto. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Ditinjau dari Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial Volume 11 Nomor 2 Hal. 1-7. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/5729/4264/. Diakses 4 Juni 2019.
Sugiharti, Eka Handayani. 2018. Efektivitas Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Hal. 505-510. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2374. Diakses 4 Juni 2019.
Sulaiman. 2014. Model Pembelajaran Cooperative Learning (Suatu Analisis Psikologis dalam Pembelajaran). Vol. V No. 2 Hal. 25-35. https://repository.ar-raniry.ac.id/2003/1/. Diakses 4 Juni 2019.
Syamsir Kamal. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 10 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 1 Hal. 1-11. https://media.neliti.com/media/publications/176897-ID-implementasi-model-pembelajaran-think-pa.pdf. Diakses 4 Juni 2019.
Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)